Mengatasi Kaca Jendela Elektrik Tidak Lancar Atau Macet Sama Sekali

ulinulin.com

Jendela elektrik pada mobil memberi kenyamanan kepada pengendara

Untuk mengatasi kaca jendela elektrik tidak lancar atau macet perlu mengetahui apa yang menyebabkan masalah tersebut bisa terjadi. Menurut laman resmi Suzuki Indonesia, setidaknya ada 3 komponen yang perlu dicek terkait masalah power window ini:

1. Sekering

Seperti halnya sekering pada instalasi listrik rumah, sekering mobil juga berfungsi sebagai pengaman manakala terjadi hubungan arus pendek supaya tidak terjadi kebakaran. Cek komponen yang satu ini untuk memastikan kondisinya masih baik atau sudah putus. Kalau tidak ada masalah tapi kaca jendela elektrik tetap seret berarti permasalahan bukan di sini.

Jika putus, ganti dengan sekering baru lalu hidupkan mesin. Kalau mesin hidup tapi kaca jendela tetap seret atau macet berarti juga bukan sekering mati penyebabnya. Tapi kalau mesin dihidupkan sekering kembali putus, tandanya ada yang korslet dan itu menyebabkan seluruh perangkat elektrik pada mobil tidak berfungsi.

2. Kelistrikan dan Saklar Power Window

Jika sekring sudah diganti namun tidak ada tanda-tanda power window bekerja alias jendela masih seret atau macet, coba cek sistem kelistrikan di power window. Cek tegangan di saklar power window, jika tegangannya tidak normal namun tegangan aki bagus, kemungkinan saklar power window yang harus diganti. Kerusakan saklar mungkin terjadi karena adanya korsleting yang berdampak pada terbakarnya saklar power window.

Terkadang jendela elektrik bermasalah dari seret hingga macet total

3. Motor atau Regulator Power Window

Kalau kelistrikan dan saklar normal, masalah selanjutnya yang terjadi mungkin ada pada motor atau regulator power window, mungkin memang sudah lemah, tersumbat kotoran atau sudah mengalami aus di geriginya. Motor power window yang lemah harus diganti.

Regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca yang menghubungkan motor power window dengan kaca. Jika regulator tersebut bermasalah maka kaca tidak akan bisa turun maupun naik. Regulator yang mengalami aus di gerigi atau penghubung dudukan kaca yang terlepas, akibatnya kaca tidak bisa naik turun.

Untuk menangani kasus kaca jendela elektrik tidak lancar atau macet seperti di atas bila Anda lakukan sendiri di rumah dengan catatan Anda memiliki pengetahuan soal kelistrikan mobil dan memiliki peralatan yang memadai. Jika tidak, lebih baik Anda kendaraan ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan, atau bisa memanfaatkan layanan Home Service atau Mobile Service bengkel yang bersangkutan jika kondisi darurat agar bisa dilakukan perbaikan tanpa harus membawa kendaraan ke bengkel.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”