Mengenal Bahan Kaca Film Sebagai Variasi Kaca Mobil

ulinulin.com – Kaca Mobil | Mobil Bekas

Gelap, melindungi penumpang dan pengemudi dari pantauan luar serta meredam cuaca panas. Itu mungkin yang kerap dijadikan alasan menggunakan kaca film sebagai variasi kaca mobil. Padahal kaca film sendiri punya kelas dan spesifikasi berbeda, tergantung dari pemanfaatan dan nilai lebihnya. Sebelum Anda memasang kaca film, ini penjelasan dasarnya. Simak yuk!

Kaca film Helios

Jenis kaca film ini terbuat dari lapisan film sputtering dan nano ceramic dengan bahan unggulan yaitu polyester dan adhesive. Bahan tersebut merupakan jenis bahan terbaik yang memiliki tekstur bahan yang tebal dan tidak mudah rusak. Jenis kaca film ini akan memberikan kesan mewah untuk tampilan mobil dan juga memberikan kenyamanan. Jenis warnanya juga beragam, ada yang berwarna hitam gelap, hitam keabu-abuan, dan masih banyak lagi jenis warna lainnya.

Kaca film 3M

Kaca film ini lebih banyak digunakan dibandingkan dengan kaca film helios. Alasannya karena kaca film 3M sangat familiar dan lebih dahulu terkenal dibandingkan dengan kaca film helios. Keduanya memiliki fungsi yang sama dan kelebihan yang sama pula. Hanya saja, untuk kaca film 3M ini warna yang disediakan tidak selengkap kaca film helios. Kaca film 3M hanya mempunyai beberapa jenis warna saja, seperti hitam gelap, merah tua,dan putih.

Nano Carbon

Material ini merupakan kombinasi dari gabungan kelebihan dari bahan nano ceramic dan nano metal, memiliki visibilitas dan peredaman panas yang baik serta tidak menghambat frekuensi sinyal. Kekurangannya ada pada warna kaca film yang cenderung hitam pekat, meskipun untuk beberapa orang malah menjadi pilihan favorit dengan alasan privasi.

Kaca film selain sebagai variasi, juga terbukti penggunaannya bisa membuat mobil lebih irit bahan bakar 10 persen hingga 20 persen. Alasannya karena kaca film yang berkualitas mampu menjaga suhu di dalam mobil tetap stabil. Dengan demikian, AC tidak perlu bekerja keras menjaga suhu di dalam kabin tetap dingin.

Kinerja AC yang lebih ringan akhirnya membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Namun, ini berlaku hanya untuk kaca film yang dengan kualitas baik. Jadi, jangan asal menggunakan kaca film, ya!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”