Mengenal Fungsi dan Jenis Filter Kabin Mobil

ulinulin.com

Sesuai namanya, filter kabin lokasinya ada di kabin mobil. Banyak juga yang menyebut filter ini dengan nama filter AC mobil. Namun sayangnya, pada beberapa mobil keluran lawas, keberadaan komponen ini tidak ditemukan.

Lalu apa sebenarnya fungsi dan jenis filter kabin mobil? Nah kali ini Cintamobil.com akan membahas mengenai fungsi dan jenis filter kabin mobil. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda ya…

1. Fungsi Filter Kabin

Umumnya diletakkan di balik laci dasbor

Sejatinya fungsi filter kabin mobil sama dengan filter udara pada mesin mobil. Yaitu untuk menyaring debu atau kotoran agar tidak masuk ke komponen lainnya. Nah untuk filter kabin mobil yaitu mencegah debu serta kotoran tadi agar tidak masuk ke evaporator AC.

Seiring digunakannya mobil tersebut, tentu ada banyak debu atau kotoran yang ikut masuk ke ruang kabin. Jika tidak ada filter, maka kotoran ini ikut masuk dan tersedot oleh evaporator AC. Sehingga evaporator jadi lebih mudah kotor dan menghambat sistem kerja AC mobil tersebut.

2. Jenis Filter Kabin

Ada yang putih dan kehitaman

Secara umum, ada dua jenis filter kabin mobil. Yaitu filter non woven dan karbon aktif. Jenis filter kabin yang pertama biasanya memiliki warna putih dengan material menggunakan serat fiber. Filter ini paling umum dipakai di mobil-mobil.

Sementara untuk jenis filter kabin mobil karbon aktif biasanya memiliki warna abu-abu kehitaman. Warna gelap ini akibat adanya kandungan zeolite atau karbon aktif yang ditempatkan di kertas filter. Selain menyaring debu dan kotoran, zat tersebut akan membantu menghilangkan bau.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”