Mengenal Fungsi Selang AC Mobil, Bukan Sekedar Karet Biasa

ulinulin.com

Jika Anda melihat sistem keseluruhan dari AC mobil, tentu akan mudah menemukan selang AC mobil. Bentuk fisiknya berupa karet hitam silinder yang biasanya melintang di dekat mesin.

Selang memang komponen pendukung dari AC mobil. Suku cadang ini berfungsi untuk menghantarkan tekanan freon ke seluruh komponen AC. Yuk pahami mengenai selang AC mobil!

1. Beda Selang dan Pipa

Selang dan pipa AC berbeda jenis dan fungsi

Ternyata ada perbedaan antara selang AC mobil dengan pipa AC mobil. Jika selang menggunakan bahan karet dan berwarna hitam, maka pipa menggunakan bahan aluminium atau tembaga berwarna silver.

Kemudian fungsi pipa juga berbeda. Yakni menjadi mediator untuk freon bersirkulasi dari evaporator menuju kompresor. Pipa umumnya tidak bergerak, dan akan terasa dingin ketika ac mobil bekerja.

2. Bahan Selang AC Mobil

Terbuat dari karet yang tahan panas

Selang AC mobil harus bersifat fleksibel. Bahan yang digunakan juga bukan karet biasa seperti halnya selang untuk Anda menyiram tanaman. Namun terbuat dari karet berkualitas tinggi yang tahan terhadap suhu sangat panas di ruang mesin.

Bahan karet yang dipakai pada selang AC mobil juga harus tahan terhadap kandungan kimia dari refrigerant. Sementara ukuran selang yang biasa digunakan antara lain 1/2 inci atau 5/8 inci.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”