Mengenal Pentingnya 4 Fungsi Dashcam di Mobil

ulinulin.com

Dashcam atau dashboard camera menjadi sebuah aksesoris yang saat ini mulai ramai digunakan oleh pemilik mobil. Terlepas dari tren karena mengikuti perkembangan zaman, dashcam tetap memiliki fungsi vital. Utamanya untuk merekam segala aktivitas atau kejadian yang berlangsung di dalam maupun luar (depan) kendaraan.

Dashboard camera memiliki fungsi-fungsi yang sangat bermanfaat untuk Anda

Dashboard camera sendiri terdapat beberapa tipe yang bisa digunakan sebagai alat untuk membantu pengawasan atas mobil Anda dan sebagai bukti rekaman seperti yang menghadap ke depan, interior, tipe outdoor dan juga dua channel yakni depan dan belakang.

Untuk diketahui cara kerja dashboard camera mirip seperti kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) yang didesain khusus untuk mobil, yaitu untuk merekam kondisi jalan selama mengemudi. Cara kerjanya didesain dengan otomatis ketika mobil mulai dinyalakan. Fungsinya pun berbeda-beda, berikut fungsi lain dari dashcam atau dashboard camera yang harus Anda ketahui.

Fungsi dashcam yang pertama bisa menjadi bukti untuk menentukan siapa yang benar dan salah dalam sebuah insiden saat digunakan sebagai alat bukti oleh pihak kepolisian.

Fungsi kedua bisa membantu pihak asuransi menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan dan memudahkan pihak asuransi dan memutuskan apakah Anda berhak mendapatkan pertanggungan cover asuransi atau tidak.

Salah satu fungsi Dashcam bisa mempermudah perusahaan Asuransi menyelediki penyebab kecelakaan

Fungsi ketiga bisa menjadi menjadi kamera pemantau kondisi di dalam mobil. Manfaat ini biasanya digunakan oleh pemilik rental kendaraan atau taksi online. Termasuk untuk melihat perilaku sopir pribadi dalam berkendara. Alhasil, jika terjadi sesuatu seperti tindak kriminal, rekaman dashcam bisa dijadikan sebagai alat bukti.

Fungsi keempat dapat memantau kondisi belakang mobil. Dashcam yang menghadap ke dalam juga bisa dipakai untuk memantau kondisi di belakang mobil. Saat mobil ditabrak dari belakang, dapat terlihat apakah penabrak sedang fokus menyetir atau terdistraksi lalai seperti main ponsel.

Menilik dari fungsi kamera dasbor atau dashcam, bisa dikatakan bahwa perangkat ini memiliki banyak manfaat untuk Anda. Selain sebagai bukti saat terjadi kecelakaan, Anda juga bisa memantau kondisi di dalam kabin mobil. Setelah membaca tips ini apakah Anda jadi tertarik menggunakan dashboard camera di mobil Anda?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”