Mengetahui Fungsi Lighter Mobil, Si Bulat Hitam yang Bermanfaat

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/15/ZXn5Pos1/fungsi-lighter-mobil-4-9b0c.jpg”>

Setiap mobil yang diproduksi, baik mobil lama maupun mobil baru, sejatinya sudah dilengkapi dengan lighter. Alat kecil berbentuk bundar yang menggunakan pegangan berwarna hitam itu kebanyakan dipakai sebagai pematik api elektrik.

Fungsi lighter mobil memang diperuntukkan bagi para perokok untuk pengganti pematik api konvensional. Cara menggunakannya yakni ditekan dan tunggu beberapa detik sampai lighter otomatis kembali ke posisi semula.

Kemudian cabut lighter dari soketnya dan lihat bagian dalamnya, apabila berwarna merah atau oranye, maka lighter berfungsi normal dan bisa dipakai sebagai pematik api rokok.

Namun sebenarnya fungsi lighter mobil bukan cuma itu ada beberapa fungsi lainnya yang wajib Anda ketahui.

1. Isi Daya Baterai Ponsel

Bisa menjadi power outlet untuk ponsel

Mungkin inilah fungsi paling umum saat ini dari sebuah lighter mobil. Banyak dari pengemudi yang mengubah fungsi pematik api di mobil ini menjadi soket untuk sumber listrik dalam mengisi ulang daya ponsel.

Agar berfungsi sebagai charger ponsel, lighter harus disambungkan dulu dengan lighter socket hub yang memiliki slot USB. Tapi perlu diketahui jika menggunakan lighter sebagai sumber listrik untuk mengisi daya ponsel, karena arus listrik di mobil yang tidak stabil akan merusak baterai ponsel jika digunakan terlalu lama.

2. Pasang GPS

GPS membutuhkan sumber listrik dari lighter

Jika Anda menggunakan GPS di mobil, umumnya GPS tersebut menggunakan lighter socket untuk dihubungkan ke soket lighter mobil sebagai sumber listriknya. Tinggal masukkan soket ke lighter secara plug an play, maka GPS sudah bisa langsung digunakan.

3. Pemutar Musik Headunit Jadul

Headunit jadul juga bisa terkoneksi dengan ponsel dengan alat ini

Jika mobil Anda belum dibekali headunit dengan fitur lengkap yang modern, jangan bergegas ganti alat tersebut. Anda bisa gunakan beberapa aksesori audio agar headunit mobil bisa berfungsi layaknya headunit terkini.

Misalnya saja Anda gunakan Bluetooth FM Transmitter untuk dapat mengakses menu pada ponsel agar terhubung dengan hadunit menggunakan jalur Bluetooth. Nah alat ini menggunakan lighter mobil sebagai sumber listriknya. Tinggal colokkan Bluetooth FM Transmiter ke lighter mobil, maka headunit jadul Anda akan terhubung dengan ponsel.

Demikian beberapa fungsi lighter mobil selain sebagai pematik api elektrik. Jadi jangan sepelekan peranan komponen yang satu ini ya…

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”