Menhan Rusia Telepon Menhan AS hingga Inggris Bahas Kondisi Ukraina

ulinulin.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu mengadakan panggilan langka dengan sejumlah menteri pertahanan negara-negara NATO. Dalam pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia , mereka membahas Ukraina .

“Situasi di Ukraina, yang memiliki kecenderungan tetap menuju eskalasi lebih lanjut dan tidak terkendali, telah didiskusikan,” menurut pernyataan kementerian tersebut merujuk Shoigu dan Menhan Prancis Sebastien Lecornu seperti dilansir AFP, Senin (24/10/2022).

Kemudian, kementerian mengatakan Shoigu mengadakan panggilan telepon dengan timpalannya dari Turki Hulusi Akar dan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

Dalam tiga panggilan tersebut, Shoigu menyampaikan kekhawatiran tentang kemungkinan provokasi oleh Ukraina dengan penggunaan ‘bom kotor’.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Wallace menolak klaim bahwa negara-negara Barat berusaha membantu Ukraina meningkatkan konflik dan memperingatkan bahwa tuduhan semacam itu tidak boleh digunakan sebagai dalih untuk eskalasi yang lebih besar.

Ia menambahkan bahwa panggilan itu diminta oleh pihak Rusia. Shoigu juga membahas Ukraina dengan kepala Pentagon Lloyd Austin dalam panggilan telepon kedua mereka, namun pihak Rusia tidak menyebutkan dugaan provokasi ‘bom kotor’ dalam pernyataannya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”