Menjaga Tetap Sejuk, Berapa Kilometer Ideal Servis AC Mobil?

ulinulin.com

Salah satu hal yang membuat kendaraan nyaman adalah hembusan angin AC yang sejuk. Terlebih Indonesia negara tropis menjadi hal wajib untuk menjaga AC tetap berfungsi normal. Cara paling tepat tentu melakukan servis AC mobil yang umumnya dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Umumnya servis AC dilakukan setiap 10.000 km lebih

Waktu untuk servis AC mobil yang tepat disesuaikan dengan kondisi lingkungan atau tempat tinggal. Bila Anda pemilik mobil yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta tentu berbeda waktu servisnya dengan yang tinggal di pedesaan.

Umumnya servis AC mobil dilakukan setiap kelipatan 10.000 Km atau setahun sekali. Itu acuan standar untuk kota-kota besar yang padat seperti Jakarta. Sedangkan untuk Anda yang tinggal di pedesaan atau lalu lintas tidak padat bisa ditoleransi hingga 20.000 Km. Tentunya dengan catatan udara bersih di lingkungan Anda dibandingkan dengan udara perkotaan besar.

Freon AC juga harus rutin diperiksa agar tetap sejuk

Ada dua jenis servis AC yang bisa dilakukan secara berkala untuk para pemilik mobil. Untuk servis AC mobil tahunan umumnya bersifat ringan. Seperti hanya pembersihan evaporator dan filternya, agar kotoran-kotoran yang masuk dapat disaring dengan maksimal.

Sedangkan untuk servis AC mobil yang kelas berat atau besar dibersihkan secara menyeluruh. Misalnya, mencuci komponen Evaporator serta mengisi ulang Freon. Untuk servis besar ini disarankan setidaknya setiap 2 tahun sekali. Nah, kapan Anda melakukan servis AC mobil? Semoga berguna tips dari kami.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”