Menjelang Bulan Puasa, Inilah Cara Membeli Mobil Bekas Bagi Pemula

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/10/FdbNczfb/tips-membeli-mobil-bekas-1b05.jpeg”>

Membeli mobil bekas sejatinya ‘gampang-gampang susah’. Bukannya mengapa, ada satu hal yang sangat ditakuti oleh para pembeli mobil bekas yakni takut ditipu. Kata tipu di sini lebih merujuk pada kesalahan membeli mobil yang terlihat baik dari luar namun nyatanya bermasalah. Bukannya malah menguntungkan tapi malah merogoh kantong Anda untuk segala biaya perbaikan dan lain-lain.

Mobil bekas memiliki sisi menarik tersendiri khususnya dari segi harga yang terjangkau

Supaya Anda terhindar dari hal tersebut, Cintamobil.com hendak memberikan tips membeli mobil bekas bagi pemula khususnya di bulan puasa 2019. Adapun bagi Anda yang sudah banyak bergelut dalam dunia jual beli mobil bekas, bisa juga mengamati artikel ini sebagai referensi tambahan Anda.

1. Membeli Mobil Sesuai Budget

Cara membeli mobil bekas pertama adalah melakukan perencanaan Budget atau dana yang Anda sudah siapkan untuk membeli mobil bekas. Selama prosesnya, terdapat dua metode pembelian mobil bekas yakni tunai serta kredit. Umumnya yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah metode kredit dikarenakan cicilan terjangkau setiap bulannya.

Menanggapi hal ini, ada baiknya uang yang digunakan untuk kredit tidak lebih dari 20 persen gaji Anda. Umumnya para Leasing, menyarankan cara seperti itu supaya Anda bisa mengatur pembiayaan lebih efisien. Nah, sisa 80 persen dari gaji Anda bisa disisihkan untuk perawatan tambahan atau mengganti komponen baru pada mobil bekas pilihan Anda.

2. Tentukan Pilihan Mobil Bekas Anda

Kini saatnya untuk membuat daftar mobil bekas yang relevan dengan perencanaan finansial Anda. Apakah itu mobil keluarga berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) layaknya Toyota Avanza dengan gelar ‘mobil sejuta umat’ ataukah Mitsubishi Pajero bekas berharga terjangkau? Pilihan ada pada Anda, menentukan sesuai fungsi, desain serta fitur yang dimiliki masing-masing mobil.

Pilihlah mobil sesuai kebutuhan berkendara Anda adalah salah satu cara membeli mobil bekas yang benar

3. Survei Harga Pasaran Mobil Bekas

Cara membeli mobil bekas yang ketiga ini cukup jarang dilakukan oleh para pembeli mobil bekas. Umumnya, mereka hanya bermodalkan, “Asal Budget ada, mobil ini itu bisa dibeli.” Menanggapi hal ini, ada baiknya Anda tetap melakukan survei harga pasaran mobil bekas.

Semisal, sebuah mobil dijual dengan harga Rp. 100 juta dan pembeli merasa tertarik dikarenakan harganya terlihat murah sehingga langsung membelinya. Padahal jika melihat harga pasaran, mobil tersebut hanya dihargai Rp. 80 jutaan saja. Bisa dibayangkan, Anda bisa mengalami kerugian hingga Rp. 20 jutaan.

Pastikan untuk mengecek harga pasaran dari mobil bekas pilihan Anda

Hal inilah yang seringkali dilewati oleh para pembeli mobil bekas, terkendala malas dan tidak ada waktu untuk mencari referensi serta harga pasaran. Sejatinya, langkah ini bisa disiasati dengan melihat kolom “Mobil Dijual” pada situs Cintamobil.com. Anda hanya perlu menentukan merek dan model mobil pilihan, lalu lihat harga rata-rata yang dijual oleh para penjual mobil bekas. Simple tapi sering dilewatkan oleh para pembeli mobil bekas.

4. Pencarian Mobil Bekas

Jika Anda sudah merasa cocok dengan model yang dipilih serta harganya, kini Anda bisa mencari para penjual mobil bekas. Apabila di sekitar Anda, sudah tersedia Showroom mobil bekas, ada baiknya Anda mengunjunginya serta tanyakan tentang mobil bekas pilihan Anda.

Namun, jika kiranya Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mencari Showroom dan proses tawar-menawar harga, Anda bisa manfaatkan teknologi Online saat ini. Seperti pada situs Cintamobil.com misalnya, tersedia kolom “Mobil Dijual” yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda hanya tinggal memilih model dan pilih area sesuai lokasi Anda.

5. Temui Penjual Mobil Bekas Dan Lakukan Pengecekan

Jangan pernah melakukan metode transfer uang, pastikan untuk selalu bertemu dengan penjual terlebih dulu. Cek kondisi mobil bekas baik dari catatan servis berkala, dokumen asuransi hingga pengecekan kasus kriminal dari Nomor Identitas Kendaraan (NIK). Tanyakan segala hal yang kiranya membuat Anda meragukan kualitas mobil kepada penjual. Tak perlu ragu, apabila dirasa perlu, Anda juga bisa mengajukan Test Drive atau mencoba mobil untuk berputar di area pertemuan. Tak lupa, usahakan untuk selalu bertemu di tempat ramai layaknya taman kota, kampus dan lainnya.

6. Negosiasi Harga

Selalu ingat hal ini, “Tawar-menawar adalah hal yang wajar dalam suatu transaksi.” Kedua belah pihak harus sama-sama diuntungkan untuk mencapai sebuah kesepakatan. Sama halnya ketika membeli mobil bekas, lakukan tawar menawar yang rasional. Ingat juga akan topik harga pasaran di no. 3, usahakan jangan pernah mengiyakan apabila harga jauh di atas harga pasaran.

Lakukan tawar-menawar harga sebagai salah satu proses negosiasi

Pengeculian tersendiri apabila mobil tersebut sudah diberikan beberapa fitur menarik seperti panel Head Unit Touchscreen yang sejatinya tidak dimiliki oleh mobil pilihan Anda serta beberapa fitur lainnya. Pastikan harga juga tidak jauh dari harga pasaran, jangan pernah sungkan untuk melakukan proses tawar-menawar.

Itulah 6 cara membeli mobil bekas yang Cintamobil.com hendak sampaikan kepada sobat-sobat. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda saat berencana membeli mobil, khususnya mobil bekas.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”