Menkes Uganda: 3 orang di RS Kampala positif Ebola

ulinulin.com – Tiga orang di unit isolasi rumah sakit utama Uganda telah dites positif terkena Ebola, kata menteri kesehatan negara itu Jane Ruth Acengpada Sabtu.

“Kemarin … tiga orang dari 60 orang di fasilitas isolasi Mulago dinyatakan positif Ebola,” kata Aceng di Twitter.

“Mereka akan dipindahkan ke Unit Isolasi Entebbe untuk perawatan karena Unit Mulago masih mengarantina 58 orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Ebola,” katanya, merujuk pada fasilitas kedua yang berjarak 41 kilometer.

Mulago berada di ibu kota Uganda, Kampala. Kasus-kasus yang dikonfirmasi pada Jumat (21/10) akan menjadi penularan virus pertama yang diketahui di kota itu, ditemukan pada hari yang sama ketika kementerian informasi mengatakan wabah Ebola di negara itu telah terkendali dan diperkirakan akan berakhir pada akhir tahun ini.

Sebuah pernyataan pemerintah pada Jumat malam mengatakan wabah itu telah menginfeksi 65 orang dan menewaskan 27 orang. Namun, tidak jelas apakah jumlah itu termasuk tiga kasus baru diKampala.

Aceng mengatakan, ketiga orang yang terinfeksi itu telah melakukan kontak dengan seorang pasien dari Kassanda yang telah meninggal di Mulago.

Pemerintah mengatakan pekan lalu dua kasus Ebola lainnya yang dikonfirmasi di Kampala berasal dari Mubende dan dianggap berasal dari sana, bukan ibu kota.

Pemerintah telah memberlakukan penguncian tiga minggu di sekitar distrik Mubende dan Kassanda di Uganda tengah, pusat penyebaran virus Ebola varian Sudan.

Langkah-langkah tersebut termasuk jam malam, pembatasan pergerakan dan penutupan tempat ibadah dan hiburan.

Sumber: Reuters

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”