Cukup"/> Mesin Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api, Kok Bisa?

Mesin Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api, Kok Bisa?

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/16/z4XgHune/0-45c0.jpg”>

Cukup sering terjadi mobil dihantam kereta api akibat mesin mati mendadak

Kereta api dikenal susah berhenti mendadak meski kecepatannya kurang lebih sama dengan mobil atau bus. Ada beberapa faktor, seperti panjang gerbong serta muatan bawaan. Logikanya, semakin panjang dan berat, kereta api baru bisa berhenti sempurna dari jarak yang lebih jauh. Tak heran bila pengguna jalan raya sebisa mungkin diamankan dari laju kereta api, salah satunya dengan palang perlintasan.

Sayangnya tak semua persimpangan mendapat fasilitas tersebut, terutama di kawasan pedesaan atau jalan-jalan tikus. Pun dengan adanya palang kereta api, beberapa pengguna jalan, baik mobil, motor, hingga truk-bus masih nekat melajukan kendaraannya sebelum menutup dengan sempurna, persis seperti saat lampu kuning. Karenanya, sering muncul kejadian mesin mati mendadak.

Dilansir dari Okezone, penyebab mesin mati saat melintasi rel kereta api adalah adanya gelombang elektromagnetik pada moda transportasi masal tersebut yang merambat melalui rel, medium listrik cukup baik. Jarak hantarannya mencapai 2-3 km, berpotensi mengganggu sistem kelistrikan mobil saat Anda belum melihat kereta dari kejauhan. Itulah salah satu kegunaan palang kereta api selain untuk menertibkan lalu lintas.

Supaya tidak timbul korban jiwa

Sudah banyak contoh dari kejadian tersebut. Satu unit Suzuki Katana ringsek setelah dihantam Kereta Api Pandanwangi di Banyuwangi, Jawa Timur, 29 Maret 2019. Beruntung sopir mampu meloloskan diri dari mobil yang mesinnya mogok di tengah lintasan rel tak berpalang itu. Kejadian lebih nahas menimpa KRL dan truk bermuatan tangki BBM di kawasan Jakarta Utara, enam tahun silam. Pemicunya sama, yakni mesin truk Pertamina mogok setelah menerobos palang perlintasan. Akibat dari peristiwa tersebut, sedikitnya enam jiwa melayang serta puluhan lain menderita luka.

Cara paling mudah dilakukan untuk mencegah mesin mati saat melintasi rel kereta api adalah dengan mematuhi palang kereta. Tidak usah nekat menerobos meski posisinya belum tertutup seutuhnya. Untuk persimpangan tanpa palang, perhatikan aba-aba dari petugas dadakan. Beri uang tip bila perlu. Bila kondisi sepi, tengok kanan dan kiri terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kereta api.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”