Microsoft Teams Premium Resmi, Bisa Rekap Rapat Lebih Mudah

ulinulin.com – Microsoft resmi memperkenalkan layanan berbayar untuk platform konferensi video miliknya, yaitu Teams Premium. Sesuai namanya, Teams Premium hadir dengan sejumlah fitur eksklusif alias tidak bisa dinikmati oleh pengguna Teams reguler (gratisan).

Sebagian besar fitur eksklusif di Teams Premium tersebut berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk semakin mempermudah pelanggan ketika rapat dengan Teams.

Salah satunya inovasi terbesar yang dihadirkan Microsoft di Teams Premium adalah fitur asisten virtual AI untuk mencatat rekapitulasi rapat.

Untuk lebih jelasnya, berikut deretan fitur baru yang bakal hadir secara eksklusif untuk pelanggan Teams Premium:

1. Asisten virtual AI catat rekap rapat

Tak hanya hasil rekap, asisten virtual AI juga bakal memberikan ringkasan atau highlight dari informasi penting yang disampaikan dalam rapat.

Idenya adalah dari rapat yang berdurasi 40 menit, pengguna bisa mendapatkan ringkasan informasi penting dalam 10 menit saja.

Selain itu, dengan adanya asisten virtual AI di Teams Premium ini, pengguna tetap bisa mengikuti rapat tanpa ketinggalan informasi, meski harus meninggalkan rapat lebih awal atau bahkan tidak hadir sama sekali.

2. Fitur terjemahan langsung untuk 40 bahasa

Microsoft Teams Premium juga menyertakan fitur yang sudah lama dinanti-nanti pengguna, yaitu terjemahan langsung atau live translation.

Fitur yang berbasis AI ini mampu menerjemahkan 40 bahasa secara langsung ketika rapat berlangsung.

“Kami sekarang meluncurkan terjemahan teks langsung, hingga 40 bahasa yang kami terjemahkan secara otomatis dari suara ke teks dan bahasa lainnya,” kata Nicole Herskowitz, manajer umum untuk Microsoft Teams.

Dengan adanya fitur live translation, Microsoft berharap rapat dapat berlangsung lebih inklusif karena siapapun bisa berpartisipasi dalam rapat tanpa terkendala bahasa.

3. Keamanan rapat lebih mumpuni

Di samping itu, Teams juga akan menyertakan perlindungan baru untuk menjaga kerahasiaan informasi sensitif pada rapat. Fitur ini serupa dengan perlindungan DRM (Digital Rights Management) pada dokumen Microsoft Office untuk konten-konten yang memiliki hak cipta.

4. Fitur lain

Microsoft Teams Premium juga akan menyertakan panduan rapat baru yang lebih mirip dengan kebijakan default admin IT yang mengatur bagaimana opsi serta batasan rapat yang benar

Dengan fitur ini, pelanggan bisa mengatur janji temu virtual dengan stakeholder atau kliennya, atau bisa juga menyelenggarakan webinar dengan kualitas lebih baik.

Meski sudah diumumkan, Microsoft belum membeberkan harga untuk berlangganan Teams Premium. Pun, layanan Teams Premium dijadwalkan baru akan dirilis versi publik preview (pratinjau publik) pada Desember mendatang. Jadi, fitur-fitur di atas baru bisa dilihat lebih jelas oleh pengguna pada Desember mendatang.

Layanan berlangganan Teams Premium sendiri diharapkan akan dirilis resmi pada bulan Februari 2023.

Fitur baru untuk pengguna reguler

Bersamaan dengan pengumuman Teams Premium, Microsoft juga mengungkapkan beberapa fitur baru yang akan segera hadir di Microsoft Teams dan bisa dinikmati pengguna reguler, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (13/10/2022).

Pertama, ada Excel Live. Fitur yang telah diuji selama berbulan-bulan ini bakal diluncurkan pada bulan November. Fitur Excel Live memungkinkan peserta rapat mengedit file Excel secara langsung di Teams.

Kedua, host rapat bisa menentukan posisi “duduk” peserta rapat dalam Together Mode.

Ketiga, rekomendasi balasan pesan berbasis AI juga akan segera hadir. Fitur ini bakal memudahkan pengguna untuk membalas pesan dengan cepat di Teams atau menyebut (mention/@) peserta rapat.

Keempat, fitur penjadwalan kirim pesan juga bakal hadir di Microsoft Teams.

Semua peningkatan di Teams ini datang bersamaan dengan Microsoft yang bermitra dengan Cisco. Di bawah kerja sama ini, Microsoft Teams bakal dapat dipilih sebagai platform konferensi video default pada perangkat keras konferensi milik Cisco.

Gelombang pertama perangkat Cisco yang bersertifikasi Teams akan tersedia pada paruh pertama tahun 2023. Kerjasama Microsoft-Cisco ini termasuk berita besar. Sebab, selama ini, Cisco menjalankan software konferensi video bikinannya sendiri, yaitu Webex.

Berbicara soal kerja sama, Microsoft juga baru saja mengumumkan kemitraan dengan Meta, perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Meta dan Microsoft menjalin kerja sama dengan mengintegrasikan platform rapat virtual masing-masing, yaitu Microsoft Teams dan Horizon Workrooms.

Peserta rapat dari kedua platform itu bisa berinteraksi langsung melalui jagat meta. Sebagai bagian dari kerja sama ini, aplikasi Microsoft Teams akan bisa diakses menggunakan headset virtual reality (VR) Meta, seperti Quest 2 dan Quest Pro. Pengguna Teams juga bisa menggunakan avatar Meta dalam rapat virtual.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”