MINI Connected Apps: Cara Baru Komunikasi Anda Dengan Mobil MINI

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/10/27/X04JVabA/dsc02870-9e65.jpg”>

Di abad ke-21 ini, teknologi semakin canggih dan membuat kita semakin mudah melakukan aktifitas sehari-hari. Tak terkecuali soal berkomunikasi dengan mobil, dalam hal ini mengatur fitur-fitur mobil baik sebelum perjalanan maupun saat perjalanan.

MINI Connected apps bisa terhubung dengan sistem infotainment MINI Connected melalui bluetooth atau koneksi kabel USB

Memasuki era teknologi smartphone berkembang, para pabrikan otomotif mulai membangun aplikasi-aplikasi a.k.a apps yang dirancang memberikan kendali terhadap fitur di dalam mobil langsung melalui smartphone. Salah satu contohnya ialah MINI Connected, sebuah apps digital yang tersedia baik di Apps Store (iOS) dan Play Store (Android) untuk memudahkan Anda mengatur fitur mobil baik sebelum maupun saat perjalanan.

Secara interface, MINI Connected apps ini memiliki interface yang mirip dengan sistem infotainment MINI Connected yang ada di mobil MINI. Menariknya justru lewat apps ini, Anda bisa merencanakan perjalanan, menentukan sountrack selama perjalanan, sampai ke mengecek kondisi mobil pra-perjalanan.

Namun sebelum membahas fitur yang ada di MINI Connected apps, perlu dicatat bahwa apps ini baru bisa bekerja optimal saat sudah terkoneksi dengan sistem infotainment di mobil. Caranya bisa dengan koneksi bluetooth dan melalui kabel charger yang dikoneksikan ke USB Slot. Setelah terkoneksi, secara real-time Anda akan mendapatkan informasi seputar kondisi mobil yang terbagi dalam lima menu utama, yakni Vehicle, Destinations, Activity, Hub, dan More.

Interface awal MINI Connected apps

Dari menu Vehicle, Anda bisa melihat kondisi real time mobil seperti sisa bensin di mobil, odometer, rata-rata konsumsi BBM dan kecepatan mobil, sampai prediksi jarak tempuh yang masih bisa digunakan. Sejatinya jika mengacu versi internasional, lewat menu Vehicle bisa tersedia pengaturan selayaknya ‘remote’ virtual mobil dengan kemampuan seperti Lock/Unlock pintu, set climate control mobil sebelum perjalanan, sampai kemampuan menemukan mobil MINI Anda apabila Anda lupa parkir mobil kesayangan Anda dimana.

Atur destinasi perjalanan di menu Destinations pada MINI Connected Apps

Bergeser ke menu Destinations, disinilah Anda bisa melakukan pengaturan rute berkendara pra-perjalanan, dimana Anda cukup menginput lokasi tujuan dan waktu berkendara yang diinginkan. Saat mobil MINI dinyalakan, secara otomatis destinasi perjalanan akan ditampilkan di sistem infotainment MINI Connected. Menariknya informasi rute perjalanan yang ditampilkan nantinya bersifat real-time, termasuk jika ada kemacetan di perjalanan atau jalan yang diperbaiki, sehingga saat berkendara akan diarahkan ke jalan yang lebih lenggang.

Informasi perjalanan Anda akan tercatat rapih di menu Activity pada MINI Connected apps

Semua aktivitas berkendara yang Anda lakukan bersama mobil MINI kesayangan akan tersimpan di menu Activity. Contohnya saat tim Cintamobil.com melakukan test drive MINI Cooper S Countryman Sports 2018, tersimpan data perjalanan dari kota Bandung hingga ke kantor Cintamobil.com di Jakarta Selatan menghabiskan waktu perjalanan 3 jam 55 menit dengan total jarak tempuh 157 km, kecepatan rata-rata 40 km/jam, serta menghabiskan total 8 liter bahan bakar selama perjalanan.

Beberapa apps yang bisa dihubungkan ke sistem infotainment MINI Connected melalui menu Hub pada apps canggih ini

Untuk menu Hub yang tersedia di Apps MINI Connected memiliki fungsi yang tak kalah keren. Pasalnya di dalam menu Hub ini tersedia beberapa apps smartphone yang bisa terintegrasi dengan sistem infotainment MINI Connected jika dibutuhkan. Sebut saja apps seperti TuneIn Radio, Amazon Music, Deezer, Stitcher, Napster, termasuk Spotify. Aplikasi terakhir inilah yang tim Cintamobil.com rasakan sangat berguna selama perjalanan, karena secara realtime data playlist akan ditampilkan di sistem MINI Connected dan lagu kesayangan Anda akan segera siap dimainkan.

Ada fitur Find Mate pada MINI Connected apps berguna untuk mendeteksi barang bawaan tertinggal di mobil MINI

Untuk menu terakhir alias menu More pada dasarnya merupakan kumpulan menu seperti settingan apps. Hanya saja ada satu fitur yang menarik tersedia di menu More, ialah fitur Find Mate. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menemukan barang kesayangan Anda yang telah dipasang tag atau kunci khusus berteknologi bluetooth, sehingga saat Anda meninggalkan barang di bagasi mobil MINI atau lupa menempatkan barang kesayangan di ruangan kabin MINI, bisa ditemukan hanya melalui apps digital ini.

Semua interaksi digital yang diberikan MINI melalui MINI Connected apps pastinya membuat pengalaman Anda memiliki dan berinteraksi dengan mobil MINI kesayangan Anda semakin menyenangkan. Jadi jangan lupa gunakan apps canggih ini setiap kali menggunakan mobil MINI kesayangan Anda.

Silahkan simak video tentang MINI Cooper S Countryman Sports 2018 dari Cintamobil TV di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”