Mitsubishi Xpander Jadi Tulang Punggung Penjualan Sepanjang Maret 2022

ulinulin.com – JAKARTA – Xpander, termasuk Xpander Cross, menjadi model terlaris Mitsubishi sepanjang bulan Maret kemarin dan menjadi penyumbang penjualan tertinggi. Model ini terjual sebanyak 4.547 unit kendaraan atau menyumbang 43 persen bagi total penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Apa saja tiga model terlaris Mitsubishi di bulan Maret 2022?

Kapan pertama kali MPV Mitsubishi Xpander diluncurkan?

Kontributor tertinggi kedua adalah Mitsubishi L300 yang memberikan kontribusi 25 persen terhadap total penjualan. Angka yang terjual berjumlah 2.627 unit sekaligus mempertahankan posisinya di segmen small pikap 4×2 dengan pangsa pasar 64,3 persen. Demikian menurut siaran pers MMKSI.

Lebih lanjut, siaran pers itu menyebutkan bahwa posisi terlaris ketiga dipegang oleh Mitsubishi Pajero Sport yang berkontribusi 23 persen terhadap penjualan MMKSI. Pajero Sport meraih pangsa pasar sebesar 50% di segmen medium SUV 2.500 cc (4×2 dan 4×4) dengan total penjualan 2.441 unit. Performa menggembirakan juga datang dari model Mitsubishi Triton yang tetap mempertahankan posisinya di segmen pikap 4×4 dengan pangsa pasar 45.7% atau terjual sebanyak 954 unit.

Tetsuhiro Tsuchida selaku Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI memberikan apresiasi atas performa pabrikan selama Maret. Ia mengatakan bahwa pada kuartal tahun 2022 ini, pihaknya berhasil mempertahankan angka penjualan dengan sangat baik dan dapat terus bersaing di posisi atas.

Tetsuhiro menambahkan bahwa prestasi itu merupakan tantangan tersendiri bagi MMKSI dan menjadi penyemangat untuk terus menggali strategi-strategi terbaik agar tetap bertahan dan terus bersaing di posisi atas.

“Salah satu strategi kami yaitu dengan memberikan pengalaman terbaik untuk konsumen dengan selalu memberikan performa yang optimal untuk setiap layanan yang kami hadirkan. Kami juga ingin memberikan apresiasi tertinggi kami untuk konsumen di Indonesia yang telah memberikan kepercayaannya kepada kami sebagai rekan dalam menghadapi seluruh petualangan hidup mereka. Kami juga berharap seluruh pengalaman yang kami hadirkan dapat terus menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand dan produk kami serta membantu kami untuk tetap berada di posisi yang strategis baik secara brand maupun penjualan,” ujar Tetsuhiro Tsuchida.

Secara total, selama bulan Maret 2022, kendaraan penumpang Mitsubishi mencatat penjualan 6.991 unit. Sedangkan di segmen kendaraan niaga ringan, MMKSI berhasil mencatat penjualan 3.601 unit.

Kilas Balik Mitsubishi Xpander

Kehadiran salah satu mobil keluarga fenomenal di Indonesia ini tidak lepas dari tangan dingin CEO Mitsubishi Motors Corp, Osamu Masuko kala itu. Pada Maret 2015, Masuko sendiri yang secara langsung mengumumkan tentang rencana Mitsubishi – waktu itu masih PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) – untuk membangun small MPV di pabrik baru Mitsubishi di Bekasi bersama dengan Pajero Sport dan L300.

Selang setahun kemudian, Mitsubishi Motors Indonesia membuat penasaran publik dan media dengan mewujudkan small MPV dalam bentuk mobil konsep yang diberi nama XM Concept. Bentuknya mulai diperkenalkan pertama kali kepada publik pada GIIAS 2016.

Pada kisaran pertengahan Juli 2017, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengundang sejumlah media nasional, termasuk , untuk menjajal Xpander secara langsung di Jepang. Namun, media yang diundang diminta mengembargo nama ‘Xpander’ versi produksi itu sampai mobilnya diperkenalkan di Jakarta.

Small MPV itu akhirnya diperkenalkan di Jakarta, tepatnya di Hotel Fairmont, pada tanggal 24 Juli 2017 dalam sebuah acara gala dinner besar. Dihadiri oleh puluhan media massa nasional, jaringan dealer, konsumen maupun jaringan produksi. Launchingnya sendiri baru dilakukan tanggal 10 Agustus di GIIAS, ICE BSD.

Tak lama setelah launching melakukan test drive terhadap Mitsubishi Xpander. Kami membawanya ke medan yang menantang di kawasan Jawa Barat yang penuh dengan medan tanjakan curam dan jalanan berliku.

Pada April 2018, MMC mengumumkan Xpander menyabet bintang 4 dari ASEAN New Car Assestment Program (NCAP) yang semakin menguatkan posisi Xpander sebagai kendaraan keluarga yang aman dan nyaman. Baru pada November 2019, MMKSI merilis low SUV Xpander Cross yang berbagi platform dengan versi MPVnya. (EKA ZULKARNAIN)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”