Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Dinobatkan sebagai Mobil Terbaik Dunia 2022

ulinulin.com – NEW YORK – Hyundai IONIQ 5 dinobatkan sebagai World Car of The Year (WCOTY) 2022 atau Mobil Terbaik Dunia Tahun 2022 yang pengumumannya disiarkan secara langsung di New York International Auto Show pada hari Rabu kemarin (13/4).

Siapakah pemenang penghargaan Mobil Terbaik Dunia 2022 versi World Car Awards?

Salah satu dewan juri WCOTY 2022 adalah wartawan otomotif Indonesia

Penobatan itu diberikan oleh World Car Awards yaitu sebuah ajang penghargaan untuk Mobil Terbaik Dunia (World Car of the Year) yang dewan jurinya terdiri dari puluhan wartawan otomotif mancanegara. Salah satu anggota dewan juri yang dipilih dari 33 negara di dunia itu berasal dari Indonesia, yakni Munawar Chalil selaku Publisher dan Group Editor-in-Chief OTO Media Group. Grup media ini membawahi website OTO.com.com dan Zigwheels.co.id. Sekaligus menjadi satu-satunya orang Indonesia yang dilibatkan dalam penjurian award ini.

Sebanyak 102 jurnalis otomotif terkemuka dari seluruh dunia itu memilih para finalis dengan memberikan suara secara tertutup. Lantas suara yang masuk ditabulasikan oleh KPMG.

Hyundai IONIQ 5 dinobatkan sebagai Mobil Terbaik Dunia 2022 setelah dinominasikan bersama 27 mobil lainnya dari seluruh dunia oleh dewan juri. Dari 28 nominasi itu akhirnya terpilih tiga finalis yakni Ford Mustang Mach-E, Hyundai IONIQ 5 dan Kia EV6, yang mana yang mendapat suara terbanyak adalah Hyundai IONIQ 5.

Pada ajang World Car Awards 2022 ini, Hyundai IONIQ 5 memborong tiga penghargaan, selain dari penghargaan puncak. Dua penghargaan lainnya adalah 2022 World Electric Vehicle of the Year and the 2022 World Car Design of the Year.

Jaehoon Chang selaku President & CEO of Hyundai Motor Company mengatakan memberikan apresiasi yang tinggi dan merasa sangat bangga karena mendapatkan penghargaan ini. Menurutnya, penghargaan itu merupakan sebuah bentuk pengakuan atas talenta dan kerja orang semua pihak di Hyundai dan juga mitra bisnis Hyundai Motor.

“Visi kami adalah untuk memberdayakan Kemajuan Bagi Kemanusiaan, dan penghargaan ini merupakan sebuah bentuk dukungan bagi pendekatan kami dan akan memperkuat komitmen kami untuk mewujudkan visi kami tersebut,” ujar Jaehoon Chang.

“IONIQ 5 mewakili pencapaian penting bagi kami karena kami memelopori generasi baru solusi mobilitas cerdas dengan teknologi platform E-GMP yang inovatif, kinerja luar biasa, dan pendekatan-pendekatan terobosan yang kami lakukan dalam hal desain dan ruang. EV game-changing kami telah memberikan dampak yang kuat terhadap kesadaran tentang pentingnya lingkungan hidup bagi semua konsumen di seluruh dunia dan kesuksesannya membantu mempercepat elektrifikasi di industri otomotif. Laju perubahan di Hyundai akan terus berlanjut hingga sisa tahun 2022 karena kami akan segera menambah jajaran IONIQ kami,” imbuhnya.

Kendaraan yang berhak masuk penyeleksian untuk kategori World Car of the Year (WCOTY) harus memiliki volume produksi sedikitnya 10.000 unit per tahun. Harganya juga harus dibawah mobil premium di pasar utamanya dan harus dijual di sedikitnya dua pasar besar (Cina, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin dan Amerika Serikat) di sedikitnya dua benua berbeda dalam kurun waktu 1 Januari 2021 sampai 30 Maret 2022.

World Car Awards sudah sejak lama bermitra dengan New York Auto Show untuk menyelenggarakan penganugrahan World Car Of The Year. Tahun 2022 adalah tahun yang ke-17 kalinya dan sudah empat tahun terakhir ini mendapat dukungan penuh dari Brembo.

Mark Schienberg selaku President New York Auto Show mengatakan, “Kami sangat bangga menjadi bagian dari penghargaan otomotif terpenting di dunia. Kami juga merasa senang karena pengumuman penghargaan secara live di pameran ini mendapat dukungan dari semua pihak. Memang dua tahun terakhir menjadi tahun-tahun yang menantang bagi semua pihak. Namun kini masyarakat sudah siap merasakan kembali mobil baru dan teknologi-teknologi baru yang ditawarkan oleh industri. Selamat untuk para pemenang penghargaan.” (EKA ZULKARNAIN)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”