Mobil Listrik Kebal Aturan Ganjil Genap, Bakal Diberi Tanda Khusus?

ulinulin.com

Mobil listrik masuk dalam kategori pengecualian aturan ganjil genap, yang artinya tiap hari mobil listrik bebas berkeliaran di semua jalanan Jakarta. Hal ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mendukung elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia. Mobil listrik dianggap ‘istimewa’ karena tidak memberi sumbangan polusi udara di ibu kota yang akhir-akhir ini menjadi sorotan banyak kalangan.

Tesla Model 3 resmi masuk ke Indonesia

Lantas timbul pertanyaan apakah mobil listrik bakal diberi tanda khusus mengingat penampilan luar mobil ini nyaris tidak berbeda, sementara di lintasan ganjil genap penuh dengan pengawasan?

Mobil listrik memang tak banyak berbeda dengan mobil BBM, kecuali di bagian mesinnya saja. Mobil BBM menggunakan mesin dengan segala pernak perniknya, sementara mobil listrik menggunakan baterai. Namun untuk urusan menandai, pihak Polda Metro Jaya menyatakan Kepolisian RI tidak akan memberi tanda khusus. Kalaupun nanti terpantau melintas di jalanan ganjil genap dan tak sesuai dengan plat nomornya, pihak kepolisian bakal tahu dari STNK-nya.

“Tidak ada bedanya, sama saja dengan mobil lainnya. Nanti kan bisa dilihat dari STNK-nya, jenis mesinnya apa,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, seperti dikutip dari Kompas, (30/9/2019). “Jika tertangkap kamera E-TLE, dari data kami kan juga terlihat jenis mesin mobil tersebut apa. Apakah mesinnya menggunakan bensin, solar, atau listrik,” tambahnya.

Mobil listrik tak terpengaruh aturan ganjil genap

So, bagi Anda yang punya mobil listrik tak perlu cemas tertangkap kamera pengawas karena melewati jalur ganjil genap yang tidak sesuai plat nomor. Terkecuali jika pelanggaran yang Anda tidak terkait ganjil genap seperti main HP saat mengemudi atau tidak mengenakan sabuk pengaman, siap-siap saja mendapat surat tilang!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”