Mobil Terkena Hujan Malam Hari, Sebaiknya Langsung Dicuci atau Tidak?

ulinulin.com

Mungkin Anda pernah mendengar salah satu pesan dalam merawat cat kendaraan Anda. Yaitu segeralah cuci bagian eksterior kendaraan Anda setelah terkena guyuran air hujan. Ini untuk menghindari potensi munculnya masalah pada bodi kendaraan tersebut.

Lalu bagaimana jika kendaraan Anda terkena terkena hujan di malam hari? Misalnya ketika perjalanan pulang dari kantor. Apakah perlu untuk mencuci kendaraan tersebut sebelum dimasukkan ke garasi?

1. Tidak Selalu Harus Dicuci

Sebaiknya cukup basuh seluruh permukaan bodi dengan air bersih, jika mobil terkena hujan saat malam hari

Ardiansyah, pengelola 3M Car Wash and Detailing menyebutkan, sebenarnya saat mobil terkena hujan malam hari, tidak perlu langsung dicuci. Namun perlu mengetahui tekniknya agar cat mobil tetap terawat sebelum mobil disimpan kembali di garasi untuk digunakan esok harinya.

“Cukup guyur dengan air bersih sampai kotoran dari hujan hilang. Jangan lupa semprot juga bagian-bagian yang kotorannya lebih banyak seperti di roda,” kata dia. Setelah itu, tunggu sampai permukaan cat setengah mengering, baru lap dengan kain mikrofiber atau lap dengan permukaan lembut.

2. Lakukan Perawatan dengan Rutin Mencuci Pakai Sabun

Jangan lupa untuk cuci pakai sabun secara teratur minimal sepekan sekali

Meski tidak perlu langsung dicuci sesaat setelah terguyur hujan, tapi Ardiansyah berpesan bagi pemilik mobil untuk tetap melakukan perawatan terhadap kendaraannya saat musim hujan. “Cuci mobil dengan shampo atau sabun khusus mobil minimal seminggu sekali. Supaya semua kotoran yang menempel di permukaan cat dan kaca bisa benar-benar hilang,” ucap dia.

Ia pun menuturkan, kotoran atau debu yang bercampur dengan air hujan jika dibiarkan akan menimbulkan efek buruk terhadap cat kendaraan. Antara lain akan timbul kerak dan mampu memudarkan warna cat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”