Modifikasi Honda Civic 1978, Si Kecil Klasik Bermesin B18

ulinulin.com

Juan Selguero mendapatkan Honda Civic 1978 ini dari neneknya. Saat itu ia masih berusia 16 tahun. Tidak ada keinginan apapun untuk merombak si mungil nan klasik ini. Sampai akhirnya hampir satu dekade kemudian, mobil tersebut menjelma jadi kendaraan yang luar biasa.

Juan mulai melakukan modifikasi Honda Civic 1978 ini ketika usianya telah menginjak 25 tahun. Saat penghasilan bulanannya telah stabil, ia mengerjakan project ambisiusnya tersebut. Dan menariknya, ia mengerjakan mobilnya dengan amat detil.

1. Restorasi Ulang

Semua bagian eksterior di restorasi ulang dan ditambah widebody

Usia mobil yang bukan lagi muda membuat Juan harus melakukan reombakan total terhadap kendaraannya itu. Cat lama dari mobil ini ia kerok total. Gantinya cat Lexus Gray yang dipilih. Memancarkan warna hitam, tapi sedikit lebih muda. Terlihat segar dibanding cat sebelumnya yang sudah jauh dari kata sempurna.

Kemudian ruang fender juga diperlebar 1,5 inci di bagian depan dan 3 inci di belakang. Ini berguna agar pelek Mugen MR5 masuk menggantikan pelek standar yang cuma ring 13 inci. Pelek dengan spesifikasi yang cukup langka itu kemudian dibalut ban semi slick Nankang AR-1.

2. Pakai Mesin Honda Integra

Mesin ini membuat tenaga mobil melonjak lebih dari 200 hp

Yang paling menarik namun sedikit tersembunyi sebenarnya ada pada bonet modifikasi Honda Civic 1978 ini. Juan telah berhasil melesakkan mesin B18C1 milik Honda Integra pada ruang mesin mobilnya. Menurut dia, ada banyak proses modifikasi dan penyesuaian untuk melakukan swap engine ke mesin B-series tersebut.

Dengan pekerjaan yang cukup detil, kini mobil berbobor 635 kg itu mampu menghasilkan tenaga 216 hp. Juan sadar, setelah mesin diganti, pengendalian juga harus tetap prima. Karenanya satu set coilover BC Racing dipasang pada sistem kaki-kaki. Sementara perangkat penghenti laju diganti kepunyaan Honda NSX.

3. Ingin Tetap Tampil Original

Eksterior dan interior dibiarkan standar

Walau sudah mengalami perombakan mesin besar-besaran, tetapi Juan ingin mobilnya tetap terlaihat original. Karenanya ia melakukan hunting untuk membeli part dan aksesori original. Baik untuk eksterior seperti gril dan emblem, serta juga untuk part di interior.

Kini dengan modifikasi Honda Civic 1978 miliknya, ia sangat santai untuk bisa mengimbangi laju pemilik Porsche, Ferrari, atau Lamborhini di jalanan Los Angeles, Amerika Serikat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”