Modifkasi Gila Mazda3 Ini akan Lahap Trek Pikes Peak

ulinulin.com – JAKARTA – Mad Mike berulah lagi dengan memperkenalkan calon mobil baru yang akan dipakainya beraksi di trek. Tahun ini, Mad Mike siap ramaikan kompetisi Pikes Peak International Hill Climb 2022 dengan menggunakan sebuah Mazda3 Hatchback. Modifikasi gila akan diterapkan ke mobil itu untuk menjadi andalannya melahap Pikes Peak.

Drifter kawakan dernama lengkap Mike Whiddett itu merilis teaser mobil barunya ini melalui Instagram miliknya (@madmike.123). Bahkan beberapa isyarat inti dari mobil ini diungkapkan lewat caption singkat, salah satunya adalah mesin yang akan menghasilkan tenaga sampai 1.200 hp.

“4 rotor, 4 pintu, 4 kursi, 1200 hp,” tulis singkat Mad Mike pada caption mengenai Mazda3 calon besutannya itu. Artinya, modifikasi akan dilakukan dengan menggusur mesin SkyActiv bawaan dengan mesin rotary. Jumlah rotary alias wankel yang akan dipakai juga disebutnya sampai empat buah yang disatukan pada mobil empat pintu dengan empat empat penumpang itu juga. Jangan lupakan juga bahwa tenaganya tembus empat digit angka.

Selain itu disebutkan juga bahwa modifikasi Mazda3 ini melibatkan ubahan sistem penggerak ke roda belakang. Standarnya, hatchback dengan desain cantik ini diproduksi dengan penggerak roda depan dan opsi AWD. Praktis, Mazda3 Mad Mike akan tampil beraksi drifting di Pikes Peak, bukannya mencetak waktu untuk menjadi yang tercepat.

Modifikasi visual juga terlihat dari unggahannya itu. Permainan livery sudah pasti untuk menunjukkan eksistensi para sponsor, khususnya Red Bull yang mendominasi desainnya. Ubahan body terjadi, yang meski hanya menunjukkan bagian samping tampak adanya widebody. Splitter besar terpasang di spoiler depan, lalu diffuser besar di belakang, juga saya besar menggantung di pintu bagasi. Pada kap mesin juga tampak knalpot menyembul sebanyak empat buah.

Mazda3 ini akan tampil pada kesempatan spesial juga, yaitu bersamaan dengan 100 tahun penyelenggaraan Pikes Peak. Kebetulan, dua tahun lalu Mazda juga baru merayakan usianya yang ke-100 tahun. Gelaran tahun ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal; 26 Juni 2022. Itu juga kalau tidak ada perubahan terkait kondisi pandemi yang belum usai.

Bicara soal Mazda, Mad Mike memang sosok yang sudah identik dengan pabrikan Jepang ini. Sudah cukup lama mobil-mobil lansiran Mazda dijadikan andalannya beraksi di arena drifting. Sebut saja RX-7, RX-8, MX-5, sampai RX-3 klasik sudah menjadi korban kegilaannya. Lalu masih ada juga Lamborghini Huracan yang disulap drifter kelahiran Selandia Baru ini menjadi mesin drifting.

Beberapa tahun lalu Mazda juga sempat membuat konsep mobil balap dari mobil ini sebagai Mazda3 TCR. Awalnya konsep ini akan dijadikan basis mobil balap Mazda untuk ikut IMSA Michelin Pilot Challenge 2020, namun kemudian batal turun ke dunia balap sama sekali. Bisa dibilang Garapan Mad Mike adalah modifikasi serius pertama Mazda3 untuk digunakan di motorsport.WAHYU HARIANTONO

Sumber: Autoblog

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”