Motor Listrik VS Mesin Pembakaran Konvensional, Mana Yang Terbaik?

ulinulin.com

Karakter high torque pada motor listrik membuat akselerasi mobil bertenaga listrik lebih instan

Secara umum electric drive motor atau motor listrik itu mampu mencapai torque maksimumnya sesaat mulai berputar alias nol rpm. Motor listrik tidak memerlukan fase start-up untuk mencapai putaran idle. Ketika motor mencapai angka rpm tertentu, maka torque akan turun seiring dengan penambahan kecepatan putaran. Kecepatan putaran motor ini kira-kira mencapai 14.000 rpm. Karakteristik electric drive itu membuat mobil listrik tidak membutuhkan mekanisme transmisi yang rumit.

Mesin SKYACTIV-G bikinan Mazda yang canggih ini pun, tetap butuh putaran tertentu agar mendapat torsi

Sedangkan internal combustion engine atau mesin bakar konvensional membutuhkan putaran mesin tertentu guna menghasilkan torque. Torque yang tersedia akan meningkat seiring dengan bertambahnya putaran mesin. Oleh karena karakteristik internal combustion engine seperti ini membutuhkan mekanisme transmisi dengan beberapa gear ratio guna menyalurkan tenaganya. Torque tersebut kemudian diteruskan ke transmisi melalui kopling atau clutch converter.

Masih butuh teknologi tingkat lanjut yang benar-benar ramah lingkungan guna mengisi ulang daya baterai

Dari dua penjelasan diatas sudah jelas bila karakter motor elektrik lebih unggul dari mesin bakar konvensional. Namun jangan senang dulu, kami pernah membahas mengenai 10 keuntungan menggunakan mobil listrik di masa kini dan masa depan, pada salah satu poin disebutkan jika untuk mengisi mobil listrik dibutuhkan resource yang belum tentu ramah lingkungan. Saat ini, para insinyur sedang memikirkan bagaimana membuat sumber energi listrik dengan energi yang ramah lingkungan lagi terbarukan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”