Mulai Banyak Digunakan, Bagaimana Cara Merawat Sensor dan Kamera Parkir?

ulinulin.com

Pada umumnya, sensor dan kamera parkir diduetkan di belakang untuk membantu pengendara saat pakir mundur. Karena letaknya ada di bagian bawah belakang mobil, kedua perangkat ini rentan terkena kotoran. Oleh karena itu, diperlukan perawatan rutin agar tetap bekerja optimal.

Merawat sensor dan kamera parkir tidaklah membutuhkan kebutuhan khusus, Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Anda cukup memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar keduanya dapat bekerja dengan prima.

1. Jaga kebersihannya

Pastikan tak ada kotoran atau lumpur yang menempel yang akan menghambat kinerja sensor

Kebersihan sensor dan kamera parkir merupakan hal yang sangat krusial bagi kinerja keduanya. Khususnya sensor parkir yang bertugas membaca objek terdekat dari mobil, semisal tembok, pohon, atau mobil lainnya.

Pastikan tak ada kotoran atau lumpur yang menempel pada sensor dan kamera parkir, hal tersebut akan menghambat kinerja sensor. Dan pada akhirnya menurunkan akurasi sensor dalam membaca objek terdekat dari mobil.

2. Cara membersihkan sensor

Usahakan jangan menggunakan semprotan bertekanan tinggi saat membersihkan sensor

Cara membersihkan sensor dan kamera parkir cukup mudah, bisa dengan air dan lap untuk mengeringkannya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Yang pertama, sebisa mungkin tidak menggunakan semprotan bertekanan tinggi. Hal ini bisa merusak sensor parkir, bahkan dapat menimbulkan arus pendek saat terkena tekanan air. Jika memang harus menyemprotkan area sensor, sebaiknya jangan menyemprotkan air terlalu lama.

Untuk Kamera parkir, Anda dapat membersihkannya menggunakan kain microfiber

Untuk kamera parkir, Anda dapat mengelapnya dengan kain lembut dan bersih agar tidak menimbulkan baret pada lensanya. Kami sarankan untuk menggunakan material mikrofiber untuk lap pengeringnya.

3. Jangan dicat

Hal ini sering terlupakan oleh pemilik mobil saat ingin mengecat ulang atau mengkoreksi cat mobil yang rusak. Mereka terkadang tak sadar bahwa sensor parkir juga ikut dicat, dan itu dapat merusak kinerja sensor.

Sebagai catatan, sensor parkir bekerja dengan memancarkan gelombang ultrasonik. Jika sensor terkena cat, besar kemungkinan akan merusak mekanisme gelombang, alhasil sensor tak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Simpel kan? Langkah-langkah perawatan sensor dan kamera parkir ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk menjaga kinerja sensor. Untuk tips & trik otomotif lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”