Musim Hujan Mulai Datang, Kelembaban Bisa Akibatkan Bau Pada Mobil

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/25/Ay6TmsFs/a1-carfro-japan-ed5b.jpg”>

Dengan musim hujan semakin menghantui, mobil akan lebih mudah terkena bau tidak sedap karena kelembaban yang mengering dan tidak dibersihkan. Bau pada mobil akan mengurangi kenyamanan berkendara dan membuat penumpang menjadi tidak betah berada di dalamnya.

Bau bisa mengakibatkan pengemudian tidak menyenangkan (Foto: Car from Japan)

Penyebab bau pada kendaraan beragam. Mulai dari bau apek yang sering dirasakan akibat jamur yang tumbuh di sistem ventilasi, karpet, hingga headliner. Bahkan filter udara kabin yang tersumbat dengan daun busuk bisa menjadi asal bau tak sedap pada mobil. Belum lagi bau akibat komponen kendaraan yang rusak atau bocor. Solusi umum adalah membersihkan penyebab bau sampai ke akarnya.

John Ibbotson, Kepala Mekanik dari Customers Reports menjelaskan, “Selain tidak menyenangkan, bau busuk dapat menandakan masalah nyata, seperti saluran AC yang tersumbat atau pemanas teras yang bocor, yang perlu diperbaiki.”

Bau akibat kelembaban

Bau yang meresap seringkali akibat karpet lembab karena sepatu yang terpapar air hujan atau becek. Lantai yang bau disebabkan oleh pengumpulan kelembaban di kaki penumpang. Cara mengatasinya yaitu dengan mencuci karpet hingga bersih sehingga bau tidak lagi terasa.

Karpet yang basah seringkali menyebabkan bau pada mobil (Foto: Speedfinal)

Keringkan interior dengan menggunakan resirkulasi AC saat mengemudi dengan atau dengan parkir di bawah sinar matahari dengan pintu terbuka pada hari yang panas dan kelembaban rendah. Tapi ingat agar tidak terlalu lama menjemur mobil, karena akan berpengaruh terhadap cat mobil yang rentan terkena sinar matahari dalam waktu yang lama.

Perhatikan bagasi mobil

Bau di bagasi bisa disebabkan oleh kebocoran kargo atau air hujan yang merembes masuk ke dalam bagasi. Sekali lagi, cuci dan keringkan karpet hingga bau hilang. Perhatikan tempat air bisa masuk dan perbaiki untuk menghindari bau yang sama terjadi lagi.

Sampah pada bagasi mobil bisa mengantarkan bau pada kabin (Foto: Thrifty Fun)

Yang paling penting, periksa lantai kabin dan pastikan bersih dari semua sampah yang seringkali tercecer. Terkadang remah remah hingga noda minuman yang tumpah bisa menjadi penyebab utama bau pada mobil. Pastikan untuk membersihkan karpet minimal satu kali dalam sebulan untuk meminimalisir kerusakan pada karpet dan bau yang mengintai.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”