Naik Pesawat saat Pandemi Corona? Ketahui Persyaratannya agar Aman!

ulinulin.com – Di masa adaptasi kebiasaan baru, bisa saja tiba-tiba kamu disuruh oleh bos untuk melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Pertanyaannya, bagaimana cara dan persyaratan apa yang harus diikuti untuk naik pesawat saat corona masih ada di sekeliling kita?

Tidak perlu bingung, karena Glints sudah menyiapkan penjelasan mengenai persyaratan dan juga cara yang wajib kamu ikuti jika ingin bepergian jauh.

Ingin tahu apa saja persyaratannya?

Yuk, simak lebih lanjut!

Persyaratan Naik Pesawat saat Corona

© Freepik.com

1. Melampirkan hasil tes kesehatan

Syarat pertama yang harus diikuti jika ingin naik pesawat di saat corona ini adalah dengan melampirkan serangkaian hasil tes kesehatan.

Tes kesehatan yang dimaksud mencakup antara rapid test, RT-PCR test, atau surat keterangan bebas gejala influenza dari rumah sakit setempat jika dua tes sebelumnya tidak tersedia.

Lalu, mana tes yang harus dipilih antara rapid dan PCR?

Berdasarkan surat edaran dari Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2021, terdapat ketentuan dari kedua tes tersebut.

Keterangan sehat dari hasil rapid test masa berlakunya adalah tiga hari, sedangkan PCR berlaku selama tujuh hari.

Kalau ditugaskan oleh perusahaan untuk melakukan perjalanan dinas, kamu bisa minta reimbursement untuk biaya tes yang harus dibayarkan.

2. Membawa surat keterangan

Beberapa maskapai penerbangan seperti Lion Air juga mewajibkan calon penumpang untuk membawa surat keterangan dari RT setempat jika ingin naik pesawat ke wilayah tertentu.

Selama masa corona, saat sudah sampai di kota asal, kamu diwajibkan untuk melaporkan karantina mandiri setelah naik pesawat keluar-masuk wilayah Sumatera Barat, misalnya.

Hal ini dilakukan tentu saja untuk menekan persebaran virus corona yang penyebarannya cukup cepat.

3. Menjaga jarak

Persyaratan ini tentu berlaku di mana pun kamu berada.

Baik itu ketika sedang menunggu naik pesawat, di dalam pesawat, dan juga saat turun di pesawat.

Di tengah pandemi ini, mayoritas maskapai memang mengurangi kapasitas penerbangan agar bisa memberi jarak di dalam pesawat.

4. Selalu menggunakan masker

Meskipun beberapa pihak maskapai mewajibkan kamu untuk hadir beberapa jam sebelum naik pesawat, selalu gunakan masker, ya. Saat-saat menunggu kadang membosankan, tetapi jangan sampai lengah.

Memang akan terasa kurang nyaman, tetapi lebih baik seperti itu daripada harus mengorbankan kesehatanmu dan juga orang lain.

Pihak bandara dan juga maskapai mewajibkan semua penumpang untuk menggunakan masker sebelum, saat, dan sesudah penerbangan berlangsung.

Kamu bisa menggunakan face shield untuk perlindungan ekstra, apalagi jika harus berada di dalam ruangan selama berjam-jam.

5. Bawa peralatanmu sendiri

Ketika ingin naik pesawat di saat virus corona masih tersebar di mana-mana, barang yang wajib dibawa adalah semua peralatan pribadi.

Peralatan yang dimaksud mencakup sedotan, sendok garpu, tempat minum, dan juga alat kebersihan seperti hand sanitizer, disinfektan, tisu, dan masih banyak lagi.

Dengan membawa peralatanmu sendiri, kamu secara otomatis mengurangi risiko untuk tertular.

Nah, itu dia berbagai macam persyaratan dan cara yang harus kamu ikuti jika harus pergi naik pesawat saat pandemi corona masih berlangsung.

Memang cukup repot, tetapi lebih baik melakukan tindakan preventif dan menjaga kesehatan semua orang di sekitar kita, kan?

Kalau ingin berdiskusi soal perjalanan naik pesawat di masa pandemi ini, coba kunjungi Glints Komunitas.

Glint Komunitas adalah forum tanya jawab dengan sesama pengguna, memungkinkan kamu untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan seputar pandemi corona ini.

Tunggu apa lagi? Mulai diskusi di Glints Komunitas, sekarang juga!

Sumber

    SE Satgas No. 7 Tahun 2021 tentang Perjalanan Dalam Negeri

    Informasi Penerbangan: Persyaratan Wajib Penumpang pada Perjalanan Udara Lion Air Group

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”