Naksir All New Toyota Land Cruiser? Kenali Dulu Hal-Hal Menarik Berikut

ulinulin.com – JAKARTA – Generasi baru Toyota Land Cruiser telah resmi mendarat di pasar Indonesia, yang diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pekan lalu. Generasi baru dengan kode LC300 ini berubah total dari pendahulunya. Ubahan yang terjadi bukan hanya dari tampilan desain keseluruhannya, tapi juga dari berbagai teknologi dan konstruksi dasarnya.

Land Cruiser generasi terbaru ini meluncur menyusul debut globalnya di Jepang pada tahun lalu, tepatnya pada bulan Agustus 2021. SUV berdimensi besar ini adalah salah satu model dengan nama yang paling lama diproduksi oleh Toyota sejak generasi pertama. Sejatinya, Land Cruiser dirancang sebagai sebuah SUV yang sanggup memenuhi kebutuhan pengemudi untuk menjelajah.

Tentunya regenerasi model ini menghadirkan rangkaian pembaruan menarik yang akan menjadi nilai jual unik bagi pabrikan dan konsumen yang mengidamkannya. Berikut hal-hal menarik yang hadir pada All New Toyota Land Cruiser LC300.

Platform TNGA

All New Toyota Land Cruiser saat ini adalah generasi pertama yang dibangun menggunakan basis yang berteknologi TNGA (Toyota New Global Architecture). Nama spesifik dari platform ini adalah TNGA-F, yang merupakan chassis ladder frame khusus yang mendapat penyempurnaan dan penyesuaian kenyamanan. Aplikasi TNGA mengikuti apa yang Toyota terapkan pada model-model andalan dan terbaru lainnya.

Hadirnya TNGA-F sebagai platform Land Cruiser terbaru ini turut menjanjikan bobot kendaraan yang ringan, sekaligus mempertahankan titik pusat gravitasi yang rendah. Seluruh paket dalam platform ini didukung oleh suspensi yang memberikan pengendaraan dinamis dan nyaman, terutama saat diajak bermain offroad.

Mesin V6 Turbo

TAM melansir LC300 dengan varian mesin diesel V6 twin-turbo dengan kapasitas 3.3 liter, yang sanggup meluapkan tenaga 303 hp dan torsi sampai 700 Nm. Mesin dengan kode F33A-FTV itu menyediakan tenaga maksimal di putaran 4.000 rpm dan torsi optimal di rentang 1.600 – 2.600 rpm. Transmisi yang dikawinkan ke mesin V6 ini adalah otomatis 10-percepatan, transmisi dengan jumlah gigi terbanyak di line up Toyota.

Sebenarnya Toyota punya varian mesin lain untuk Land Cruiser terbaru, yaitu varian bensin dengan kapasitas 3.5 liter, sama-sama berkonfigurasi V6. Namun jenis mesin ini punya angka output yang tidak sebuas mesin diesel, yaitu hanya 409 hp dan 650 Nm. Sementara untuk model generasi lama, Land Cruiser pernah menawarkan mesin V8 4.4 liter diesel, namun akan semakin mahal harga jualnya jika dipertahankan.

Versi GR Sport

Hadirnya Gazoo Racing sebagai divisi sport baru menggantikan Toyota Racing Development praktis berpengaruh pula pada nomenklatur varian khusus Toyota sekarang. Sama halnya model lain, Land Cruiser terbaru juga hadir dengan opsi varian GR Sport. Tentunya varian ini punya pembeda dari sisi tampilan dan fitur yang berorientasi karakter sporty.

Untuk GR Sport LC300 terpasang over fender, bumper dengan kombinasi trim hitam dengan under guard silver, serta grille honeycomb dengan logo tulisan Toyota besar. Velg 18 inci dengan warna hitam menegaskan aura sporty eksterior Land Cruiser GR Sport berdesain palang enam. Beberapa logo GR tidak ketinggalan menghiasi sejumlah sudut eksterior.

Ketika masuk ke dalam kabin, perbedaanya sangat terasa. Varian ini memadukan 2 warna berbeda yakni merah dan hitam serta ada beberapa tulisan GR Sport pada bagian head rest, interface head unit, sampai lingkar kemudi. Mempermanis tampilan kabin, ada juga sentuhan beberapa aksen serat kayu pada doortrim.

Punya Toyota Safety Sense (TSS)

Bukan hanya tampilan dan performa, Land Cruiser terbaru juga punya rangkaian teknologi dan fitur keselamatan canggih yang dikemas dalam TSS. Rangkaian fitur dalam TSS tawarkan teknologi keselamatan aktif atau semi autonomous yang bisa sejenak membuat pengemudi lebih santai di tengah perjalanan.

Daftar fitur keselamatan Land Cruiser dalam TSS yaitu; Pre-Collision System, Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Automatic High-Beam System (AHS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Parking Support Brake, Electronic Kinetic Dynamics, serta Multi-Terrain Monitor.

Selain TSS, Toyota masih menyediakan sederetan fitur canggih pendukung keselamatan untuk LC300 sebagai standarnya. Fitur-fitur ini tersedia baik untuk Land Cruiser VX-R maupun varian Land Cruiser GR Sport.

Rp 2 Miliar ++

Untuk bisa memiliki All New Land Cruiser di garasi rumah, mahar Rp 2 miliar belum cukup untuk mewujudkannya. Seluruh varian Land Cruiser LC300 yang dipasarkan di Indonesia ditawarkan dengan harga di rentang Rp 2,3 miliar, baik untuk varian VX-R maupun GR Sport. Dengan mesin, transmisi, sistem 4×4 sama, Land Cruiser VX-R dihargai Rp 2.327.800.000 dan Rp 2.378.800.000 untuk varian GR Sport.

Opsi lain agar Land Cruiser tampil lebih premium dan eksklusif, Toyota tawarkan opsi Premium Color. Untuk opsi khusus ini, bisa didapatkan dengan menambah kocek masing-masing Rp 3 juta saja, jadi Rp 2.330.800.000 untuk VX-R Premium Color dan Rp 2.381.800.000 untuk GR Sport Premium Color. Seluruh harga tersebut dalam kondisi on the road untuk wilayah DKI Jakarta.WAHYU HARIANTONO

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”