Nasdem Sebut Anies Baswedan Punya Jam Terbang Tinggi sebagai Capres

ulinulin.com – Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan, Anies Baswedan memiliki jam terbang tinggi sebagai bakal calon presiden (capres).

Oleh karena itu, menurutnya, pas jika Nasdem memilih Anies Baswedan sebagai capres yang diusung untuk maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Ya (Pak Anies) memiliki jam terbang yang tinggi lah di mata Nasdem. Kan ada subjektifitas, ada objektivitas. Dua perpaduan ini kan terjadi hukum relativitas,” ujar Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Sabtu (22/10/2022).

Surya Paloh lantas mengomentari pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal memilih capres dalam sambutannya di acara HUT ke-58 Partai Golkar.

Dalam pernyataannya, Jokowi menyarankan agar partai politik memilih capres dengan jam terbang tinggi.

“Makanya Nasdem pilihnya Anies Baswedan,” kata Surya Paloh menegaskan.

Surya Paloh juga menanggapi soal pesan Presiden Jokowi soal hati-hati dalam memilih capres.

Menurut Paloh, pesan itu adalah nasehat untuk Partai Golkar secara khusus.

Namun, ia menepis anggapan bahwa nasihat itu adalah sindiran untuk Nasdem karena sudah lebih dulu mencapreskan Anies Baswedan.

“Eggak (bukan sindiran). Kita enggak sembrono (memilih Anies). Bagaimana itu (disebut) sindiran,” katanya.

“Mungkin pikiran daripada Pak Jokowi kan sarannya kepada Golkar, kawan-kawan di golkar. Ya kalau memilih calon presiden ya pilihlah yang pas, tepat, untuk Golkar,” ujar Surya Paloh lagi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berpesan kepada partai politik agar tidak salah menentukan capres dan cawapres yang akan diusung pada pilpres 2024.

Jokowi mengibaratkan presiden dan wakil presiden sebagai pilot dan kopilot yang membawa seluruh rakyat Indonesia sebagai penumpangnya. Sehingga, Pilpres adalah kontes pemilihan pilot.

“Jangan sembarangan menentukan calon pilot dan kopilot yang akan dipilih rakyat. Juga jangan sembarangan memilih calon presiden dan wakil presiden,” kata Jokowi dalam acara peringatan HUT ke-58 Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022) malam.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”