NHTSA Uji Coba Kamera Samping, Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal Pada Kaca Spion?

ulinulin.com

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau Badan Keselamatan Transportasi Amerika sedang lakukan uji coba fitur sideview mirror atau kamera samping sebagai pengganti kaca spion mobil. uji coba ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas kamera samping, mulai dari kemampuannya dalam meminimalisir blind spot, kemampuannya dalam memberikan gambar lebih baik saat cuaca buruk hingga kemungkinan potensi membahayakan saat terjadi kecelakaan. Jika dinyatakan lulus, kamera samping akan resmi diperbolehkan digunakan di jalanan umum di Amerika.

Kamera samping atau sideview mirror akan segera menggantikan tugas kaca spion untuk memantau kondisi sekitar saat mengemudi

Perihal regulasi kamera samping, Amerika sedikit tertinggal dengan beberapa negara di Eropa seperti Inggris dan Jerman serta Jepang, yang terlebih dahulu memperbolehkan sekaligus mengatur tentang desain, konstruksi dan penggunaan kamera samping. Amerika, hingga kini masih belum memperbolehkan penggunaan fitur kamera samping pada kendaraan yang digunakan di jalanan raya.

Kamera samping akan memberikan informasi berupa gambar pada layar di bagian kiri dan kanan. pada Lexus ES terbaru, layar pemantau menggunakan ukutan 15 inci

Belum adanya regulasi mengenai kamera samping di Amerika dinilai sangat kontradiktif, mengingat beberapa pabrikan mobil mulai membekali line-up mereka dengan teknologi kamera samping. Salah satunya adalah Lexus ES generasi terbaru, Audi e-tron hingga Honda e yang dikabarkan tak lama lagi akan mengaspal di jalanan Eropa dan Jepang. Sehingga kabarnya beberapa produsen otomotif Amerika mendorong pemerintah, dalam hal ini adalah NHTSA untuk segera melakukan uji coba dan membuat regulasi tentang kamera samping.

Kamera samping akan mudah terintegrasi pada beberapa fitur keamanan lainnya serta sistem kemudi otonom, karena juga berfungsi sebagai sensor pemantau

Nantinya kamera samping akan menjadi pengganti kerja kaca spion. Beberapa keunggulan yang dimiliki pada kamera samping seperti area pantau lebih luas, sehingga meminimalisir blind spot, terintegrasi dengan teknologi lainnya seperti blind spot monitoring system atau lane departure warning system sehingga bisa lebih informatif, hingga kemampuannya dalam memberikan gambar lebih baik bahkan pada kondisi cuaca ekstrim sekalipun. Setiap kamera samping terpasang dengan dudukan atau rangka khusus, yang terpasang di pintu depan atau pilar A, demi mendapatkan area pantau yang lebih optimal. NHTSA tak hanya melakukan uji coba kamera samping untuk mobil pribadi, namun juga pada kendaraan komersial seperti truk dan bus.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”