Niat Sholat Maghrib Sendiri, Jadi Makmum, Imam, dan Jamak Takhir Lengkap!

ulinulin.com – Gaya Hidup – Niat sholat maghrib menjadi salah satu bacaan wajib yang harus diketahui oleh setiap umat muslim. Jumlah rakaat yang sedikit berbeda dibandingkan sholat waktu lainnya membuat niat sholat wajib rentan dengan kesalahan. Pasalnya dengan waktu maghrib yang singkat, jumlah rakaat sholat maghrib yaitu hanya 3 rakaat.

Seperti yang kita tahu dan pelajari, dalam agama Islam, sholat merupakan perintah wajib dari Allah SWT. Bahkan, menjadi poin pertama dalam Rukun Islam. Yang mana, setiap umat muslim wajib menunaikan salat fardu dari waktu pagi hingga malam hari sebanyak lima kali, yaitu subuh, zuhur, asar, magrib, dan isya.

“Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Inti atau pokok dari segala perkara adalah Islam dan tiangnya itu adalah salat.” (HR. Tirmidzi).

Untuk pelaksanaan sholat maghrib bisa dikerjakan secara sendiri maupun berjamaah. Lantas seperti apa bacaan niat sholat maghrib beserta tata caranya? Yuk simak dalam artikel berikut ini!

Pentingnya Niat Sholat

Niat adalah sebuah pilar untuk melakukan kegiatan apa pun, termasuk dalam beribadah kepada Allah SWT lewat sholat. Dengan niat, Allah tau apa tujuan kita beribadah dan bertemu dengan-Nya. Itulah mengapa para ulama sepakat jika niat itu hukumnya wajib dalam sholat. Dalam sebuah hadist juga, baginda Nabi Muhammad SAW pernah bersabda soal niat.

“Umar bin Khaththab radhiyallahu ’anhu berkata, ‘Saya mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan yang ia niatkan. Barangsiapa yang berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, maka ia telah berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya itu karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”. (HR. Bukhari & Muslim).

Untuk itu, di setiap sholat yang kita kerjakan, hendaknya diwajibkan untuk melafalkan niat dalam hati. Sebab, dari niat itulah Allah bisa menilai amalan kita.

Bacaan Niat Sholat Maghrib

Bacaan niat sholat maghrib sebenarnya sama dengan niat sholat wajib lainnya, juga terbagi atas kondisi orang yang melaksanakannya. Berikut bacaan niat sholat maghrib secara lengkap.

1. Niat Sholat Maghrib Sendiri

Bacaan niat solat maghrib sebenarnya tidak jauh berbeda dengan niat sholat di waktu lainnya, hanya ada perubahan di bagian tertentu, yaitu pengucapan jumlah rakaatnya. Berikut lafalnya:

Ushallii fardhal maghribi tsalaatsa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an lilaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) melaksanakan sholat fardhu maghrib tiga rakaat menghadap ke arah kiblat karena Allah Ta’ala.”

2. Niat Sholat Maghrib Berjamaah sebagai Imam

Ushalli fardhal maghribi tsalaatsa roka’aatin mustaqbilal qiblati imaaman lilaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) melaksanakan sholat fardhu maghrib tiga rakaat menghadap ke arah kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala.”

3. Niat Sholat Maghrib Berjamaah Sebagai Makmum

Jika sebagai makmum, niatnya pun beda lagi. Berbeda dengan menjadi imam, dan berbeda dengan melakukan sholat maghrib sendiri. Berikut bacaan niatnya:

Ushalli fardhal maghribi tsalaatsa roka’aatin mustaqbilal qiblati makmuuman lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) melaksanakan sholat fardhu maghrib tiga rakaat menghadap ke arah kiblat sebagai makmum, karena Allah Ta’ala.”

4. Niat Sholat Maghrib di Waktu Isya atau Jamak Takhir Isya

Terkadang, ada satu momen yang membuat kita akhirnya secara terpaksa menunda waktu sholat karena sedang berada dalam perjalanan sangat jauh sekali dan mungkin tidak menemukan tempat suci untuk sholat. Maka, dilaksanakanlah sholat jamak takhir, atau sholat maghrib di waktu isya. Adapun bacaan niatnya adalah sebagai berikut:

Ushollii fardlozh maghribi thalaatha raka’aatin majmuu’an ma’al ‘isyaa’i Jam’a ta-khiirinin adaa-an lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku sengaja salat fardu maghrib 3 rakaat yang dijamak dengan isya, dengan jamak takhir, fardhu karena Allah Ta’aala.”

Kemudian, setelah sholat maghrib susdah selesai, dilanjutkan segera dengan salat isya yang bacaan niatnya sebagai berikut:

Ushollii fardlozh ‘isyaa’i arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al magribi Jam’a ta-khiirinin adaa-an lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku berniat salat isya empat rakaat yang dijama’ dengan maghrib, dengan jamak takhir, fardhu karena Allah Ta’aala.”

Tata Cara Sholat Maghrib

Sholat Maghrib dilaksanakan dengan jumlah ganjil yaitu 3 rakaat. Sedikit berbeda dengan sholat lainnya, berikut tata cara melaksanakannya:

    Membaca niat sholat magrib yang sudah disebutkan di atas, disesuaikan dengan kondisi pelaksanaan sholat.

    Melakukan takbiratul ikhram dengan membaca takbir “Allahu Akbar”.

    Membaca doa iftitah.

    Membaca surat wajib yaitu al fatihah, disambung dengan surat pendek.

    Rukuk dengan khusyuk atau tuma’ninah.

    I’tidal dengan tuma’ninah.

    Sujud pertama dengan membaca bacaan tasbih.

    Duduk di antara dua sujud.

    Sujud kedua dengan tuma’ninah.

    Berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua, yang dilakukan mengulang apa yang dilakukan rakaat pertama.

    Duduk tasyahud awal.

    Kembali berdiri untuk melaksanakan rakaat ketiga. Melakukan pengulangan, hanya saja, tidak menggunakan surat pendek.

    Duduk tasyahud akhir.

    Salam.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Maghrib Tepat Waktu

Sholat maghrib memiliki keistimewaan selain dari waktunya yang singkat tetapi juga beberapa keistimewaan lainnya. Apalagi jika ditambah dengan mengamalkan doa sholat magrib. Niscaya keberkahan akan melimpahi kita yang melaksanakannya tepat waktu tanpa menunda-nunda dengan aktivitas duniawi.

Apa saja keutamaan sholat magrib tepat waktu? Berikut jawabannya!

1. Sebagai penolong manusia

Sholat maghrib dilaksanakan di penghujung hari, di mana biasanya beberapa orang masih melakukan aktivitasnya. Maka, ketika kita menunda aktivitas duniawi dan menghadap Allah ketika maghrib secara tepat waktu, niscaya itu akan menjadi penolong bagi kita. Sebab, tidak ada yang menjadi penolong terbaik selain sang Maha Kuasa, Allah SWT.

Hal ini Allah jelaskan dalam firmannya dalam ayat berikut yang artinya:

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” (QS. Al-Baqarah: 45).

2. Tidak akan mendapat siksaan panasnya api neraka. Sebaliknya, kalau lalai dan tidak melaksanakannya, siksaan api neraka menunggu.

3. Menjadi sholat yang paling utama di sisi Allah SWT, sesuai dengan isi hadist berikut: “Aisyah berkata bahwa Rasulullah bersabda, Salat yang paling utama di sisi Allah adalah salat Magrib.'” (HR. At Tharbani).

4. Membuat kita terhindar dari melakukan perbuatan keji dan mungkar. Sebab, sholat itu akan mengingatkan kita kepada Allah SWT sehingga kita akan membatasi diri untuk melakukan hal-hal yang tercela.

5. Semua dosa niscaya akan terhapus. Ketika kita tak pernah meninggalkan sholat maghrib dan melaksanakannya tepat waktu, keutamaan lain yang akan datang adalah bisa menyucikan diri kita dari dosa. Sholat di waktu apa pun adalah cara terbaik bertaubat dan mohon ampunan kepada Allah.

Itulah dia informasi lengkap mengenai niat sholat maghrib, cara menunaikannya serta keutamaannya jika dilaksanakan tepat waktu. (rth)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website intipseleb.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”