Niat Sholat Taubat, Doa yang Benar dan Amalan untuk Gugurkan Dosa

ulinulin.com – Gaya Hidup – Niat sholat taubat dianjurkan untuk kamu yang ingin melaksanakan sholat taubat memohon pengampunan. Bahwasanya manusia memang makhluk yang tak luput akan dosa dan kesalahan besar maupun kecil yang disengaja ataupun tidak.

Karena kesalahan-kesalahan tersebut mampu melahirkan dosa yang diperbuat. Namun, Allah SWT maha pemberi ampunan untuk para hambanya yang melakukan kesalahan.

Cara untuk menembus kesalahan salah satunya dengan memohon pengampunan dosa lewat doa dan juga sholat taubat. Diketahui, bahwa sholat taubat merupakan sholat sunnah ketika seseorang ingin memohon ampunan dari Allah SWT atas segala salah yang telah diperbuatnya.

Sehingga, kamu perlu untuk mengetahui cara sholat taubat lengkap dengan niat, doa dan waktu mengerjakan sesuai sunnah yang sudah diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Sholat sunnah yang dikenal dengan sholat istighfar yang membawa manfaat bagi seorang muslim yang jika rutin melaksanakannya.

Salah satu keistimewaan dari rutin melakukan sholat taubat antara lain yaitu diampuninya dosa-dosa, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan akan juga dipermudah segala urusannya.

Lantas seperti apa niat, doa dari sholat taubat dan juga amalannya? Yuk simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Niat Sholat Taubat

Sholat taubat adalah sholat yang disunnahkan bagi umat muslim berdasarkan kesepakatan empat madzhab. Keempat hadis tersebut terdiri dari Abu Bakr Ash Shiddiq, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Tidaklah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua raka’at kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah).

Namun, sebelum kamu mengucapkann bacaan niat sholat taubat, maka pastikan lebih dulu bahwa niat tersebut dari hati. Bahwasanya jika seseorang ingin bertaubat dengan melaksanakan sholat taubat maka harus adanya keinginan untuk bertaubat dari dalam hati mereka.

Bacaan sebetulnya cukup diucapkan dalam hati ketika inginmelaksanakan sholat taubat. Berikut di bawah ini niat sholat taubat beserta artinya;

“Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala”

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Sholat Taubat

Manusia memang memiliki tempat yang salah dan khilaf. Namun, Allah SWT maha pengasih dan pengampun.

Sehingga bagi seorang muslim yang memang pernah memiliki kesalahan, Allah SWT masih sangat menyayangi hambanya dengan cara mengampunkan dosa-dosanya

Namun, kita sebagai manusia tentunya harus dengan niat tulus memohon ampunan dan taat dalam menjalankan perintah-Nya. Hal ini tentunya agar manusia memiliki kehidupan yang teratur, baik dan tidak terjerumus akan hal yang tidak baik atau perbuatan dosa.

Tentunya sebagai manusia pernah melakukan dosa selama hidupnya. Entah itu dosa yang kecil maupun besar. Sebagaimana dalam QS. Az Zumar: 53 yang mana Allah SWT maha pengampun bagi siapa saja yang ingin bertaubat.

“Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar: 53).

Jadi, sebagaimana jika kita terlanjur melakukan dosa, maka segeralah untuk bertaubat dan kembali kepada Allah SWT. Kamu bisa melakukan taubat dengan cara melaksanakan sholat taubat.

Selain itu, Rasulullah SAW juga menyarankan untuk melaksanakan sholat taubat ketika bagi seorang muslim benar-benar ingin bertaubat. Sebetulnya tidak ada waktu khusus untuk melaksanakan sholat taubat.

Walaupun begitu, sholat taubat ini yang dikerjakan minimal 2 rakaat ini. Namun, beberapa ulama menganjurkan untuk mengerjakan sholat taubat saat memasuki bulan Ramadhan dan di malam hari setelah tidur dan sepertiga malam atau sebelum memasuki waktu sholat subuh.

Sholat taubat juga yang diutamakan dilakukan secara sendiri atau tidak berjamaah. Hal tersebut karena sholat taubat adalah sholat nafilah yaitu tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara bersama-sama atau berjamaah.

Cara Sholat Taubat

Cara sholat sunah taubat sebetulnya sama seperti kamu melakukan sholat sunah lainnya. Berikut ini tata cara sholat sunnah taubat dengan dua rakaat dan sekali salam, yuk simak di bawah ini!

• Membaca niat (Niat boleh diucapkan di dalam hati atau melalui lisan)

• Takbiratul ihram

• membaca doa Iftitah

• membaca surat Al Fatihah

Membaca salah satu surat pendek Alquran

• Rukuk

• I’tidal

• Sujud

• Duduk di antara dua sujud

• Sujud kedua

• Berdiri untuk melanjutkan rakaat keduaTasyahud akhir dan diakhiri dengan salam

Doa Sholat Taubat

Setelah kamu selesai mengerjakan sholat taubat, maka dianjurkan untuk kamu memperbanyak membaca istighfar. Hal itu untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Sesungguhnya bacaan istighfar dapat dilakukan sebanyak 100 kali sambil meresapi cukup diucapkan di dalam hati. Berikut ini bacaan istighfar yang dianjurkan:

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi”

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Setelah membaca istighfar, maka kamu dianjurkan untuk membaca tasbih sebanyak-banyaknya. Hal ini dikarenakan bisa menjadi amalan penyempurna sholat taubat kamu.

“Subhanallahi Wa Bihamdihi.”

Artinya “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

Maka usai kalau melakukan isighfar dan bertasbih, maka kamu bisa melanjutkan dengan membaca doa taubat. Berikut ini bacaan doa taubat yang bisa kamu amalkan, yuk simak di bawah ini!

Berikut ini bacaan doa tersebut:

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Amalan untuk Taubat

Selain kamu melakukan niat sholat taubat seperti tata cara di atas, maka kamu bisa menambah dengan melakukan amalan-amalan lain. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam Al Qur’an surat Al-Baqarah ayat 222, berikut di bawah ini!

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri”.

Lantas, amalan-amalan berikut ini yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menyesali akan perbuatan dosa. Karena, sesungguhnya tidak akan terhapus dosa seseorang jika ia tidak mengawalinya dengan penyesalan.

2. Kemudian, lakukan taubat nasuha. Karena taubat yang sungguh-sungguh berasal dari hati dan dilakukan karena seseorang menyesali perbuatannya.

3. Laksanakan sholat taubat. Karena bagi seorang muslim yang ingin bertaubat atas dosa-dosanya dapat meminta ampunan lewat sholat taubat.

4. Laksanakan puasa. Karena, puasa adalah salah satu cara melatih hawa nafsu dan kesabaran kita. Sesungguhnya, puasa dilakukan dengan niat yang tulus, maka akan dihapuskan dosa-dosanya.

5. Perbanyaklah untuk membaca Al Qur’an. Karena Al-Quran dapat menjernihkan hati bahkan, membaca Al Qur’an juga bisa mendatangkan ketenangan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website intipseleb.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”