Nissan Bakal Hadirkan Mobil Retro Di Tokyo Auto Salon

ulinulin.com – TOKYO – Setelah dihantam oleh pandemi Covid-19, dunia otomotif Jepang kembali bergairah. Pada tahun depan, Jepang akan kembali lagi menyelenggarakan perhelatan otomotif internasional yaitu Tokyo Auto Salon 2022 yang diselenggarakan pada 14 – 16 Januari 2022.

Hadirnya kembali event off-line tentu saja mendapat sambutan meriah dari publik, meskipun muncul kekhawatiran masyarakat akan ancaman Covid-19. Meski demikian, pabrikan mobil – terutama dari Jepang – tetap antusias menyambutnya.

Dua Nissan Automobile Colleges (Akademi Otomotif Nissan) sudah mengumumkan kolaborasi untuk menciptakan mobil konsep retro yang basisnya dari Nissan 370Z tahun 2008 – 2020. Mobil one-off tersebut (hanya satu unit produksi) itu bakal menjalani tampilan perdana di Tokyo Auto Salon bulan Januari depan.

Modelnya mengedepankan desain old school dari mobil Z orisinal yang di pasar Jepang dijual dengan nama Nissan Fairlady Z. Sedangkan untuk pasar luar dijual dengan nama Datsun 240Z, disusul kemudian dengan 260Z dan 280Z. Tim yang terdiri dari kalangan mahasiswa itu sudah menamai mobil konsep tersebut dengan 340Z yang merupakan kombinasi dari nama dan kode dari model orisinalnya yakni S30 dan 370Z (Z34).

Kendaraan coupe itu akan mendapatkan sentuhan perubahan pada bagian depan. Ubahan dilakukan pada bagian depan dengan tampilan retro lengkap dengan bumper krom. Tim juga memasang fender depan yang telah dimodifikasi agar terlihat lebih agresif dan lampu depan model bulat seperti pada versi orisinalnya.

Pada bagian samping ditambahi dengan strip berwarna hitam lengkap dengan tulisan 340Z. Mobil menjadi terkesan sangat elegan dengan velg 12 inci yang dibungkus dengan ban Michelin Pilot Sport 4. Tak lupa, tim juga menambahi spoiler belakang, lampu belakang model jadul serta fascia belakang mengadopsi warna hitam. Agar terlihat lebih old school lagi, dibubuhi dengan bumper belakang berwarna krom mengkilat plus empat knalpot yang juga dipulas dengan warna sama.

Tim Nissan sampai saat ini belum merilis foto bagian interior. Kabarnya, kabin juga mendapat perubahan besar di mana bagian kabin meniru interior Z34. Desain tersebut merupakan layout desain mobil Z teranyar sehingga kokpit nantinya akan berdesain modern serta elegan. Bagian interior juga akan mendapat penambahan instrument cluster digital dan layar sentuh 8 atau 9 inci.

Untuk jantung pacunya, mempercayakan pada mesin V6 3.7 liter yang mampu menghasilkan tenaga 331 hp dan torsi puncak 365 Nm. Dikombinasikan dengan transmisi otomatis, bukan manual. Tim akademi Nissan beralasan kenapa memakai jenis transmisi otomatis karena anak muda sekarang ini lebih menyukai transmisi otomatis dibandingkan manual.

Tokyo Auto Salon merupakan salah satu pameran otomotif terbesar di dunia yang diselenggarakan di Makuhari Messe. Lokasi ini dulunya menjadi tuan rumah Tokyo Motor Show (TMS) yang diadakan dua tahun sekali pada tahun ganjil. Berbeda dengan TMS, Tokyo Auto Salon lebih mengedepankan pameran mobil modifikasi dan tuningan.

Tokyo Auto Salon digelar kembali setelah dihentikan pada 2021 karena pandemi Covid-19. Dan tahun 2022 rencananya bakal digelar offline kembali. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: carscoop.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”