Nissan Bluebird Dikonversi Jadi EV Untuk Rayakan 35 Tahun Pabrik di Inggris

ulinulin.com – YOKOHAMA – Nissan melahirkan kembali salah satu model legendarisnya yakni Bluebird sebagai salah satu wujud perayaan 35 tahun beroperasinya pabrik Nissan di Sunderland, Inggris. Berbeda dengan versi aslinya, Nissan Bluebird yang kini diberi nama Newbird ini tidak lagi menggunakan mesin konvensional melainkan bertenaga listrik dengan modifikasi di beberapa bagiannya.

Sunderland adalah salah satu pabrik yang paling berpengaruh bagi Nissan dan sudah beroperasi sejak 1986, yang menghasilkan beberapa model ikonik seperti Nissan Bluebird, Primera, Qashqai, Micra, Almera, Note dan Juke. Hingga saat ini pabrik tersebut terus beroperasi dan kini memproduksi model listrik seperti Qashqai, Juke dan Leaf. Bahkan Infiniti yang merupakan sub-brand premium Nissan pernah menitipkan produksi Q30 dan QX30 di pabrik Sunderland ini.

Dan saat ini, Nissan merayakan kesuksesan pabrik tersebut dengan menghadirkan produksi one-off Nissan Bluebird/Newbird bertenaga listrik. Terdapat beberapa ubahan pada Newbird yang tampil dengan desain konvensional agar dapat menyokong peralatan EV dari Nissan Leaf. Salah satunya ialah motor listrik yang menghasilkan tenaga 150 hp dan baterai berkapasitas 40 kWh disematkan pada Newbird ini.

Baterai tersebut dapat diisi dengan kecepatan hingga 6,6 kW lewat port yang dibuat di bagian bawah tutup bensin aslinya. Kabarnya baterai milik Nissan Leaf tersebut memiliki daya jelajah dengan modal daya penuh hingga 209 km dan kemampuan berakselerasi 0–100 km/jam kurang dari 15 detik.

Nissan Newbird versi listrik ini juga mendapat penyesuaian pada sistem power steering, rem dan sistem pemanas agar dapat beroperasi tanpa mesin pembakaran internal. Selain itu, terdapat penyetelan ulang pada ruang mesin dan sistem suspensi agar memberikan distribusi bobot yang optimal. Meski demikian tampilan dasar dari Nissan Bluebird masih dipertahankan namun dengan sentuhan modern salah satunya lencana depan yang bisa menyala.

Proses konversi atau modifikasinya sendiri dilakukan oleh Kinghorn Electric Vehicle yang memiliki pengalaman mengubah mobil klasik konvensional menjadi sebuah EV. George Kinghorn yang merupakan bos rumah modifikasi tersebut menyatakan bahwa Nissan Bluebird merupakan kendaraan ikonik yang menjadi titik awal dari pabrik Sunderland.

“Ketika Nissan membuka pabrik Sunderland, hal itu memberikan dorongan ekonomi yang besar di Timur Laut. Bluebird adalah yang pertama dikeluarkan, jadi ini merupakan awal dari optimisme, kemajuan dan jejak industri global yang berlanjut hingga hari ini,” kata George Kinghorn.

Pabrik Nissan Sunderland sendiri diketahui telah memproduksi lebih dari 10,5 juta unit mobil mempekerjakan sekitar 6.000 pegawai sejak 1985 hingga saat ini. Sementara Nissan Bluebird telah diproduksi di pabrik tersebut mencapai 187.178 unit, yang masing-masing membutuhkan waktu lebih dari 22 jam untuk menyelesaikannya. Salah satu model tersebut kini dipajang di salah satu ruangan pabrik Sunderland, Inggris.

Nissan memproyeksikan pabrik Sunderland akan beroperasi untuk mendukung penjualan Nissan secara global dan akan menjadi pusat produksi EV di tahun-tahun mendatang sebagai bagian dari strategi EV36Zero. Meskipun, Nissan akan segera menyuntik mati Leaf akan pada 2024 atau 2025 mendatang, untuk digantikan oleh crossover listrik yang ditunjukan oleh mobil konsep Nissan Chill-Out yang belum lama ini dikenalkan pada publik.ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”