Nissan Navara dan Terra Facelift Berdesain Grille Unik, Kapan Masuk Indonesia?

ulinulin.com – JAKARTA – Meski belakangan ini Nissan dikenal tengah fokus dengan pengembangan mobil listriknya namun beberapa kendaraan dengan mesin konvensionalnya masih tersedia. Diantaranya, Nissan Navara dan Nissan Terra yang baru saja mendapatkan ubahan facelift pada Agustus 2021 silam. Jika dilihat-lihat keduanya memiliki tampilan fascia depan yang cukup menarik Terbilang unik karena desain grillenya yang terlihat lebih besar dibandingkan model Nissan sebelumnya.

Nissan menggunakan bahasa desain V-Motion untuk style pada grillenya ditambah dengan aksen krom yang menyapu ke seluruh bagiannya. Hal tersebut memberikan kesan yang mewah dan elegan di bagian depannya. Selain itu, terdapat kisi-kisi dengan bentangan horizontal yang juga mendapatkan aksen krom di seluruh bagiannya. Grille tersebut diapit dengan dua headlamp yang sudah berteknologi LED lengkap dengan lampu Daytime Running Ligth yang juga menggunakan LED.

Nissan Terra merupakan SUV (Sport Utility Vehicle) berkonfigurasi 7-penumpang dengan sokongan mesin diesel 4-silinder 2.300cc yang menghasilkan tenaga 188 hp dan torsi puncak yang mencapai 450 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan dua pilihan transmisi yakni manual 6-percepatan dan otomatis 7-percepatan. Di Indonesia sendiri, Nissan Terra sudah tidak dijual lagi namun di beberapa negara yang masih menjualnya ia harus bersaing ketat dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang berada di segmen yang sama.

Sementara itu, Nissan Navara merupakan kendaraan double cabin yang ditujukan untuk kebutuhan yang lebih berat dibandingkan Terra. Ubahan terakhir dilakukan pada 2020 silam yang juga memberi sentuhan pada desain grille dengan bahasa V-Motion. Perbedaannya, Nissan Navara menyematkan motif honeycomb di bagian kisi-kisinya dan tidak menggunakan aksen krom terlalu masif bahkan terlihat minim. Meski demikian, keduanya memiliki desain grille V-Motion yang berukuran besar dan membuatnya terlihat unik di bagian depan.

Berbekal dengan mesin yang sama dengan Terra, namun ini merupakan generasi mesin baru yang digunakan oleh Navara sekaligus menggantikan mesin lamanya dengan kapasitas 2.500cc. Meski demikian, terdapat tuningan yang berbeda pada mesin Nissan Navara yang membuat angka performanya juga lebih bertenaga. Mesin dengan transmisi otomatisnya mampu menghasilkan tenaga maksimal 190 hp dengan tendangan torsi puncak mencapai 450 Nm. Sementara varian dengan transmisi manual mampu menghasilkan tenaga 163 hp dengan torsi yang mencapai 403 Nm.

Di beberapa negara seperti Thailand dan Amerika Selatan model ini masih tersedia dengan 14 varian yang beragam. Bahkan diantaranya menyediakan paket khusus yang membuatnya terlihat lebih sangar di bagian eksteriornya, salah satunya ialah Nissan Navara facelift with Posh PRO-4X Version yang dipasarkan di Amerika Selatan. Pada versi ini, tampilan grillenya tidak lagi menggunakan aksen krom melainkan kelir hitam pekat dengan logo Nissan berwarna merah di tengahnya. Kira-kira kapan ya dua model ini kembali masuk ke tanah air lagi? Kita tunggu saja. ALVANDO NOYA / RS

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”