Pakai Masker Rentan Bikin Kulit Wajah Bermasalah, Begini Baiknya

ulinulin.com – Di era ” new normal “, semua orang yang beraktivitas di luar ruangan diwajibkan untuk memakai masker . Hal ini ternyata bisa berdampak negatif pada kondisi kulit kita.

Dokter estetika dari IDS CLinic, YX Lum, mengatakan pemakaian masker akan memberi dampak negatif untuk kulit wajah.

“Orang dengan wajah berminyak akan rentan berjerawat saat memakai masker. Begitu pula dengan pemilik kulit sensitif atau eksim akan menimbulkan ruam dan kering saat memakai masker,” ucapnya.

Sementara itu, penderita rosacea juga berisiko mengalami pembengkakan yang lebih parah saat memakai masker.

Kabar baiknya, ada cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini.

“Apa pun jenis kulit Anda, ada cara terbaik untuk menghindari efek samping pemakaian masker,” ucapnya.

Berikut tips menjaga kesehatan kulit agar tehindar dari efek samping pemakaian masker:

– Lakukan persiapan

Kulit yang tipis bisa mudah teriritasi saat terkena kotoran atau minyak di wajah. Risiko iritasi ini akan semakin tinggi saat kulit terkena kotoran yang terperangkap di masker.

Udara yang kita hirup akan terperangkan di bawah maske dan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Hal ini rentan memicu iritasi dan jerawat.

Untuk mengatasi hal ini Dr Lum menyarankan kita untuk menggunakan antioksidan topikal dan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Selain itu, kita juga harus menggunakan produk-produk yang dapat melindungi kulit dari polutan dan partikel berbahaya lainnya.

“Lakukan juga persiapan sebelum memakai masker dengan membersihkan kulit menggunakan pembersih yang lembut,” tambah Dr Lum.

Usai membersihkan kulit Dr Lum menyarankan kita untuk memakai toner dan produk antioksidan. Setelah itu, akhiri dengan pemakaian tabir surya.

– Gunakan tabir surya

Meski memakai masker, efek radiasi sinar ultraviolet tetap bisa mengenai kulit wajah kita.

Cara paling efektif untuk melindungi kulit dari hal ini adalah memakai tabir surya sebelum mengenakan masker.

“Tabir surya membentuk lapisan pelindung di atas kulit,” kata Dr Lum.

Untuk lebih memperkuat kesehatan kulit, pilih tabir surya yang dilengkapi dengan manfaat perawatan kulit seperti kemampuan melembabkan dan regenerasi.

– Pemakaian makeup

Jika ingin memakai makeup, pilih riasan yang tidak menutup pori-pori kulit.

“Beberapa alas bedak biasanya mengandung bahan yang menyumbat pori-pori. Hal ini tentu berbahaya karena kondisi kelembaban kulit juga meningkat saat memakai masker,” ucap Dr Lum,

Masker biasanya menutupi lebih dari setengah bagian wajah kita. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, sebaiknya kita menghindari penggunaan concealer.

“Akan lebih baik jika kita hanya menggunakan riasan mata untuk meminimalisir penyumbatan pori-pori,” tambahnya.

– Perawatan usai memakai masker

Setelah melepas masker, Dr Lum menyarankan kita untuk membersihkan wajah secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan bakteri di wajah.

Setelah itu, tambahkan peembab untuk menghindari kulit kering.

“Untuk membuat kulit lebih rileks, tambahkan pelembab dengan ekstrak lidah buaya,” ucapnya.

Bagi pemiliki kulit berjerawat, Dr Lum menyarankan untuk merawar wajah dengan antioksidan seperti vitamin C atau bahan penenang seperti probiptik topikal.

Produk tersebut membantu mengurangi peradangan dan penumpukan bakteri berbahaya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”