Pantai Cijeruk, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Garut

ulinulin.com – Pantai Cijeruk Garut yang cukup hits di telinga masyarakat membuat tempat wisata selalu ramai saat hari libur. Kecantikan alami yang terpancar di sepanjang Pantai membuat destinasi menjadi tempat yang sering disinggahi. Ombak diketahui sangat tenang dan berwarna putih yang senada dengan laut. Kejernihan air Pantai juga tidak perlu diragukan lagi.

Bukit yang berada di sekitar membuat suasana terasa semakin sejuk. Bahkan pohon kelapa terlihat menjulang tinggi dan mampu menawarkan angin sepoi-sepoi. Selama disana Anda dapat memilih spot untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Setiap spot itu tentu menghadap langsung ke Pantai dan menyuguhkan keindahan yang bisa difoto oleh tamu.

Selama menginjakkan kaki di Pantai Cijeruk ini pelancong dapat berkeliling sambil melakukan kegiatan seru. Biasanya area pasir menjadi tempat yang paling ramai untuk sekedar bermain. Selain itu disana juga banyak biota yang dapat dilihat secara langsung. Sehingga menikmati liburan di Pantai ini menjadi kegiatan akhir pekan yang terasa menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cijeruk

1. Ombak yang Tenang

Pantai Cijeruk yang dikenal mempunyai tingkat ombak tenang selalu menjadi perhatian pengunjung. Air pantai memiliki gradasi warna yang membuat para tamu semakin senang. Jika diamati secara dekat ada warna biru tua dan muda yang membuat air di Pantai indah. Bahkan air masih sangat bersih karena Pantai hits ini masih tergolong baru.

Para pelancong sering bermain air di Pantai dengan mengajak kerabat dekat. Apalagi biota laut biasanya tampak bermunculan mulai dari ikan, lobster, hingga kerang. Semua tamu bisa merasakan kejernihan air sambil melihat biota tersebut. Jadi Anda bisa membawa pelampung serta kamera anti air untuk merekam keindahan.

2. Pasir Halus

Pasir yang membentang luas di Pantai Cijeruk membuat destinasi semakin lengkap. Pasir yang terasa halus saat disentuh membuat traveller tidak ingin melewatkan tempat ini. Beragam permainan dapat dicoba ketika Anda berada di pasir tersebut.

Biasanya traveller juga sering berjemur dan menikmati sunset dari arah pasir. Kebersihan tempat terjaga dengan baik yang membuat pasir berwarna putih. Bahkan pengunjung bisa duduk di pasir sambil menunggu air laut yang datang dan merasakan kesegaran Pantai.

3. Tempat yang Nyaman

Pohon rindang yang tumbuh di sepanjang Pantai Cijeruk membuat destinasi semakin nyaman dikunjungi. Suasana yang jauh dari polusi dan keramaian cocok untuk sekedar refreshing. Pelancong bisa berteduh di bawah pohon sambil mendengar suara deburan ombak yang datang.

Sebagian tempat duduk yang tersedia rapi juga menjadi spot bersantai yang paling nyaman. Semua tamu dapat merasakan hembusan angin yang datang. Apalagi suasana seperti ini hanya bisa ditemui di wisata alam yang masih natural. Jadi jangan lupa untuk sekedar berkunjung ke Pantai saat hari libur.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pantai Cijeruk tepat berada di Sagara, Garut, Jawa Barat. Destinasi alam tidak jauh dari area pusat kota hanya berjarak 100 meter saja. Aspal sudah bagus yang membuat wisatawan mudah berlibur meskipun menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan jalan depan Pantai terlihat dikelilingi angkutan umum dan travel yang berlalu lalang melintasi kawasan.

Rute terbaik menuju lokasi dapat dimulai dari arah Panyindangan. Para tamu bisa melanjutkan perjalanan ke area Waregu. Kemudian lihat papan petunjuk agar dapat sampai ke Jalan Raya Cisompet dengan waktu kurang lebih 1 jam. Lalu Anda belok ke Jalan Miramareu untuk sampai ke Pantai karena sudah cukup dekat dengan melewati keramaian.

Penduduk yang tinggal di dekat destinasi akan memberikan informasi titik lokasi saat tamu bertanya. Bahkan google maps menjadi pilihan yang membuat traveller lebih mudah menemukan Pantai. Pemandangan jalan dan hiruk pikuk kota menjadi panorama yang akan menemani perjalanan. Selain itu kendaraan tamu juga banyak yang melewati lintasan jalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Pantai Cijeruk menjual tiket masuk Rp 6.000 untuk setiap orang yang ingin menikmati wisata. Jam operasional mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore sehingga pengunjung akan merasa puas. Setiap orang yang berlibur tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena tarif cukup aman di kantong. Bahkan harga tersebut berlaku setiap hari selama wisata hits itu buka.

Biaya parkir juga dijamin sangat murah bagi yang membawa kendaraan pribadi. Karcis Rp 3.000 per motor dan Rp 5.000 untuk jenis kendaraan roda empat. Biaya retribusi parkir tidak menguras kantong karena sudah mendapat penjagaan. Hal itu akan membuat liburan semakin menyenangkan, apalagi jika Anda mengajak keluarga dekat untuk datang ke Pantai.

Jika pelancong ingin mengetahui harga lebih lanjut maka bisa bertanya kepada petugas sebelum berkunjung. Tetapi biasanya biaya yang tertera itu sudah ditetapkan pengelola. Disana juga ada cafe dengan harga beragam mulai dari Rp 10.000 saja. Sehingga menikmati liburan di Pantai ini dijamin hemat dan cocok dijadikan tempat berkumpul bersama kerabat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Cijeruk

1. Bermain Air

Pantai Cijeruk yang menawarkan ombak tenang dan kejernihan air laut cocok dinikmati dengan bermain air. Berenang di tepian Pantai menjadi kesenangan tersendiri selama berlibur. Bahkan saat siang air terlihat sedang surut yang membuat wisatawan sering bermain di sekitar. Biasanya terlihat pula biota laut mulai dari kerang hingga ikan kecil.

2. Melihat Sunset

Pemandangan matahari yang akan tenggelam ketika sore hari membuat suasana Pantai terlihat cantik. Warna senja yang mulai muncul sering dijepret melalui kamera. Apalagi area pasir Pantai menjadi tempat yang dipadati traveller saat sore. Anda dapat melihat sunset sekaligus berfoto agar memperoleh hasil jepretan yang menyerupai siluet dan estetik.

3. Naik Perahu

Perahu nelayan yang berlalu lalang di sekitar Pantai Cijeruk membuat keindahan semakin lengkap. Biasanya saat siang hari perahu tersebut berjejer rapi di tepian. Beberapa perahu ada yang disewakan dan wisatawan dapat mencoba menyusuri air laut. Pelampung juga akan dipasangkan ke pengunjung yang menyewa perahu supaya lebih terjaga ketika berkeliling.

4. Hunting Foto

Spot foto instagramable yang tersedia di tiap kawasan Pantai Cijeruk sering digunakan sebagai latar mengabadikan momen. Air laut terlihat biru dengan dilengkapi pasir yang bisa dipakai sebagai tempat berfoto. Perahu nelayan yang tersedia di pesisir juga menjadi spot yang unik. Maka dari itu, siapkan kamera jika Anda ingin memiliki koleksi foto di area Pantai.

5. Membeli Kuliner

Makanan asli Garut dan olahan ikan segar banyak dijual pedagang di warung. Rasa yang enak membuat olahan tersebut tidak boleh terlewatkan saat berlibur. Tempat duduk sudah berjejer rapi dan sangat bersih yang membuat tamu betah saat berkuliner. Selain itu ada pula tempat pelelangan ikan bagi yang ingin membeli mentah untuk dibawa pulang.

6. Memancing

Pantai Cijeruk memiliki spot khusus pemancingan yang dapat dikunjungi traveller. Banyak ikan di perairan ini yang membuat sebagian orang senang saat melakukan aktivitas tersebut. Apalagi hasil tangkapan boleh dibawa pulang atau dinikmati langsung dengan dimasak di sekitar Pantai. Hal yang terpenting jangan mengambil biota laut dalam jumlah banyak.

7. Camping

Camping area yang disediakan oleh pengelola banyak disinggahi rombongan keluarga. Semua tamu bisa konfirmasi kepada petugas jika ingin berkemah disana. Tenda dan peralatan lain yang akan dipakai perlu disiapkan dari rumah. Anda juga tidak perlu khawatir karena di sekitar Pantai ada beberapa kayu yang dapat dijadikan api unggun saat malam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Pantai Cijeruk menyediakan sejumlah fasilitas pendukung untuk semua tamu yang berkunjung. Area kendaraan parkir tersebar luas yang diberi penyekatan sepeda dan mobil. Petugas selalu siaga menjaga kendaraan di lahan tersebut agar aman. Cafe makan yang ada tiap sudut menawarkan kuliner khas Garut dan es kelapa muda yang memanjakan perut.

Selama datang ke Pantai Anda bisa berkeliling untuk mencari spot foto yang instagenic. Apalagi kecantikan Pantai yang dikelilingi pohon kelapa sangat estetik dipotret. Pada bagian lain terdapat mushola yang dipakai tempat ibadah oleh beberapa orang. Bahkan peminjaman alat ibadah dan tempat wudhu dengan air mengalir sudah tersedia lengkap.

Bagi kalangan muda yang ingin berkemah bisa datang ke camping area. Kawasan camping cukup luas yang dekat dengan pasir Pantai. Tak hanya itu, area destinasi juga menyediakan toilet yang memiliki air bersih serta bisa dipakai semua traveller. Semua fasilitas bisa membuat kunjungan Anda semakin terbantu apalagi dalam melakukan aktivitas disana.

Nah, itulah penjelasan destinasi Pantai Cijeruk yang mempunyai pesona alam sangat indah di Garut. Semua pengunjung tentu bisa melakukan kegiatan seru untuk menikmati kesegaran air laut. Anda perlu mengajak keluarga sambil menyiapkan budget yang cukup. Selain itu potret foto di setiap sudut Pantai karena spot yang berbeda membuat jepretan semakin menarik.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”