Pantai Ngeden, Pantai Indah dengan Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

ulinulin.com – Yogyakarta tak hanya dikenal dengan wisata sejarahnya yang menarik, namun juga banyak wisata alam yang tak kalah seru untuk dikunjungi. Daerah wilayah selatan Yogyakarta yang masuk ke dalam wilayah Gunung Kidul mempunyai banyak deretan pantai yang memukau, salah satunya adalah Pantai Ngeden.

Wisata alam satu ini mempunyai daya tarik dan pesonanya tersendiri. Alam yang masih asri dan alami ini membuat para pengunjung jatuh cinta dan ingin mengunjunginya. Tak hanya wisatawan lokal, namun banyak juga wisatawan luar kota yang berkunjung ke lokasi Pantai Selatan ini. Berikut ulasannya untuk anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngeden

1. Pemandangan Dua Bukit yang Memukau

Pemandangan pantai wilayah Gunung Kidul memang selalu memukau. Tak heran banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi berbagai lokasi wisata alam di daerah ini. Salah satu daya tarik yang paling menonjol dari wilayah ini adalah adanya dua bukit atau tebing yang berukuran besar dan cukup tinggi.

Bukit tersebut bila dilihat dari bawah akan tampak sangat indah dengan warna bukit kehijauan. Sehingga hal ini tentu akan menambah pesona pantai Ngeden yang sudah cantik. Tak hanya itu, dari atas bukit tersebut terdapat gardu pandang atau spot untuk pengunjung menikmati pemandangan alam dari atas bukit.

Bila anda ingin meilhat pemandangan dari atas bukit, anda tak perlu kuatir terkait keselamatan. Karena sudah terdapat jalan setapak dengan desain permanen yang akan membantu anda mencapai atas bukit dengan aman. Namun walaupun begitu, pengunjung tetap harus berhati hari karena jalanan bisa saja licin dan terjal.

2. Pasir Pantai yang Luas dan Indah

Tak dipungkiri bahwa daya tarik terbesar wisata pantai adalah hamparan pasirnya. Pasir putih yang indah ditambah dengan deru ombak akan membawa efek menenangkan bagi yang melihat. Begitu juga dengan Pantai Ngeden, pantai ini juga mempunyai hamparan pasir yang cantik dan juga masih terjaga kebersihannya.

Ngeden merupakan pantai yang masih terjaga kealamiannya, sehingga wilayah pantai ini masih menyuguhkan pemandangan alam yang asri. Hamparan pasir yang cantik ditambah dengan air laut yang biru mempesona akan membuat aktifitas liburan anda menjadi lebih berkesan. Anda bisa berfoto dengan latar alam yang cantik ini.

3. Pemandangan Sunrise dan Sunset yang Eksotis

Mengunjungi pantai memang tak akan lengkap tanpa melihat pemandangan sunrise dan sunset. Pemandangan matahari ini menjadi salah satu daya tarik mengapa banyak pengunjung yang ingin ke pantai. Dari Pantai Ngeden, anda bisa juga melihat pemandangan cantik ini bila datang di waktu yang tepat.

Matahari terbenam atau terbit bisa anda saksikan baik dari bawah di hamparan pasir pantai, ataupun dari atas bukit yang tak kalah indah. Lokasi pantai inipun akhirnya tak jarang menajdi salah sati spot fotografi untuk para fotografer profesional. Banyak pasangan yang juga melakukan sesi foto pre wedding di lokasi ini.

4. Tempat yang Cocok Berlibur Bersama Keluarga

Pantai Ngeden adalah lokasi pantai yang akan cocok untuk acara berlibur bersama keluarga. Hal ini karena di lokasi ini anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan lainnya selain berpiknik. Salah satunya adalah memancing. Banyak warga sekitar yang menjadikan lokasi pantai ini sebagai spot memancing yang seru di wilayah tepi laut atau di atas batu karang.

Namun bila anda tertarik untuk memancing, anda harus membawa peralaan pancing sendiri. Ikan kerapu dan lobster banyak tumbuh di area sekitar lautan ini. Yang akan menjadi objek seru pemancingan. Selain kegiatan memancing, anda juga bisa camping bersama keluarga atau kawan kawan di pantai ini.

Peralatan camping bisa anda bawa sendiri karena tidak ada yang menyediakan alat camping di sekitar lokasi pantai. Spot camping bisa anda pilih di bagian pasir pantai dekat pesisir yang aman, ataupun di atas bukit dibawah hamparan bintang saat malam hari. Pemandangan alam saat malam hari akan membuat liburan anda berkesan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pantai eksotis satu ini tepatnya berada di Dusun Bedalo wilayah Desa Krambil Sawit Kecamatam Saptosari dan masuk Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Bila anda ingin mengunjungi pantai indah ini maka disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Hal ini karena belum adanya akses transportasi yang menuju ke arah pantai selatan.

Bila anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, maka anda bisa memilih dua jalur. Yang pertama, anda bisa memilih jalur Ring Road atau wilayah piyungan. Anda juga bisa melalui jalan pathuk ataupun bukit bintang. Setelah itu, anda bisa menuju ke arah hutan bunder dan lanjut ke arah pertigaan lapangan udara Gading di Paliyan untuk sampai ke Pantai Ngeden.

Bila sudah sampai di Paliyan kemudian anda bisa lurus ke arah pasar Paliyan. Jalur tersebut anda bisa teruskan hingga ke arah Saptosari menuju Jalan Ciblok. Di jalur ini anda juga akan menemukan papan petujuk yang akan menuntun anda hingga ke lokasi pantai. Jalur kedua bisa anda mulai dari arah Bantul.

Dari arah bantul anda bisa masuk ke jalur Imogiri kemudian masuk ke arah jalan Siluk Panggang. Setelah melewati jalan besar Panggang – Wonosari, anda bisa belok ke arah kiri menunju pertigaan Jeti kanjut saptosari. Sampai di titik ini anda tinggal mengikuti arah penunjuk jalan untuk bisa sampai hingga lokasi pantai.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Salah satu yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi lokasi pantai di wilayah selatan ini adalah belum adanya tarif tiket masuk. Sehingga berlibur ke pantai ini akan mempunyai budget yang terjangkau bahkan bila anda membawa serta rombongan keluarga. Namun tarif hanya akan dikenakan untuk biaya parkir saja.

Untuk biaya parkirnya juga masih tarif standart, yaitu Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Saat memasuki kawasan Pantai Ngeden ini, anda memang akan membutuhkan tenaga ekstra untuk sampai ke lokasi pantai. Pasalnya jalanan yang menuju lokasi pantai cenderung terjal dengan jalur yang sedikit menanjak.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngeden

1. Menikmati Pemandangan Laut

Mengunjungi pantai memang tak lepas dari pemandangan laut yang eksotis. Pemandangan laut di Pantai Ngeden terkenal eksotis karena belum banyak terjamah orang. pemandangan pantai yang masih asri dikelilingi dengan bukit dan tebing akan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan baik dalam kota hingga luar kota.

Anda bisa piknik bersama keluarga atau kawan di daerah pasir putih pantai eksotis ini. Anda bisa juga menikmati pemandangan laut beserta batu karang yang indah selagi piknik. Banyak juga spot foto yang menarik yang bisa anda manfaatkan untuk latar. Pemandangan alam yang alami seperti ini tentu sayang bila dilewatkan begitu saja.

2. Camping Dibawah Hamparan Bintang

Salah satu aktifitas menarik yang bisa anda lakukan adalah camping. Wilayah pantai di Gunung Kidul ini sangat ramah untuk anda yang senang camping. Beberapa spot tempat camping bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. Anda bisa camping di hamparan pasir putih di wilayah pesisir yang aman.

Atau anda juga bisa memilih spot camping di wilayah atas perbukitan Pantai Ngeden. Dari spot ini anda akan bisa melihat hamparan bintang saat malam haru, atau juga bisa mendengar deburan ombak dari bawah yang memberi efek menenangkan. Namun bila anda ingin camping, jangan lupa untuk membawa peratalan dan akomodasi sendiri dari rumah ya.

3. Memancing Seru Bersama

Tak hanya camping, lokasi wisata alam ini juga sering dimanfaatkan warga sekitar untuk memancing. Jadi, bila anda termasuk orang yang hobby memancing, maka tak akan salah bila membawa alat pancing terbaik anda ke spot pantai ini. Beberapa spot untuk memancing adalah di pinggir laut atau ditas batu karang.

4. Menikmati Sunset dan Sunrise

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke pantai tanpa menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam dan terbit. Begitu juga bisa berkunjung ke Ngeden. Dari pantai ini anda bisa melihat pemandangan tersebut dengan indah bila berkunjung di waktu yang tepat. Pada pagi hari atau saat senja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Sejak pantai di wilayah laut selatan ini dikelola oleh pemerintah, fasilitas yang diberikan juga semakin bagus. Salah satunya adalah adanya Gazebo khusus pengunjung. Gazebo yang diletakkan pada wilayah pesisir pantai ini akan menjadi spot terbaik menikmati suasana pantai dan tempat beristirahat sejanak.

Selain itu, fasilitas penunjang wisatawan lain yang pasti tersedia adalah seperti lahan parkir yang luas dan nyaman, ada juga Mushola untuk beribadah yang bersih, toilet yang memadai hingga area camping yang nyaman untuk keluarga. Mengunjungi Pantai Ngeden akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Wisata bernuansa alam seperti Pantai Ngeden adalah salah satu yang paling digemari. Selain bisa digunakan sebagai cara refreshing sejenak dari kepenatan bekerja, mengunjungi wisata alam juga mempunyai harga yang terjangkau. Anda bisa membawa serta sanak keluarga untuk berlibur bersama sambil membawa bekal piknik. Selamat berlibur.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”