Pantai Ngudel, Pantai Eksotis dengan Panorama Memukau di Malang

ulinulin.com – Ada banyak tujuan di Indonesia yang tidak kalah menarik untuk menghabiskan waktu liburan. Jika anda berada di Jawa Timur, Malang mungkin akan menjadi tujuan yang seru. Selain memang terkenal dengan banyaknya wisatanya, Malang juga memiliki pantai pantai cantik. Seperti misalnya Pantai Ngudel yang menawarkan panorama tidak kalah indah.

Nama pantai indah di Malang ini mungkin masih belum banyak didengar. Tetapi anda tidak akan menyesal mengunjungi pantai cantik ini. Sama halnya dengan pantai di Malang lainnya, anda juga akan menemukan hamparan pasir putih dan air yang jernih. Untuk mengintip lebih dalam pesona yang dimilikinya, anda bisa menyimak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngudel

1. Termasuk Pantai Sepi

Di Malang tentu saja anda sudah banyak mengetahui pantai pantai kondang seperti Pantai Balekambang, Ngliyep sampai Pantai Tiga Warna. Namun tidak banyak yang mengetahui tentang Ngudel. Sehingga wajar jika pantai berpasir putih ini masih belum banyak yang mengunjunginya. Dan hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dengan begitu anda bisa menikmati pantai yang masih alami dan juga masih terjaga. Sangat cocok untuk anda yang sedang mencari tempat tenang untuk menjernihkan pikiran. Anda bisa bebas menikmati keindahannya tanpa harus terganggu dengan banyaknya pengunjung. Anda akan disuguhkan panorama pantai Ngudel yang memiliki pasir kecoklatan dan juga air yang jernih.

2. Cocok untuk Berpetualang

Bagi anda yang gemar melakukan aktivitas yang menantang, wisata bahari andalan di Malang ini memang patut untuk anda kunjungi. Medan untuk menuju lokasi memang tidak mudah, tetapi semua akan terbayar dengan keindahannya. Tidak sedikit juga yang mendirikan tenda di pinggir pantai. Karena memang ada lahan luas yang cocok untuk berkemah.

3. Memiliki Pemandangan yang Indah

Daya tarik yang masih akan membuat anda jatuh hati yakni keindahan pemandangannya. Anda tidak hanya bisa menemukan panorama bahari yang indah, tetapi juga hutan cemara yang lebat. Perpaduan dari hamparan laut yang jernih, pasir lembut dan hutan pinusnya akan membuat siapapun ingin berlama lama.

Langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, tentu anda akan menemukan air laut jernih. Begitu melewati area pepohonan cemara, anda bisa langsung melihat Pantai Ngudel dari kejauhan. Ombaknya cukup besar karena memang tidak banyak memiliki bebatuan karang. Batuan karang sudah berubah menjadi bukit yang menambah keindahannya.

4. Menawarkan banyak Aktivitas Seru

Mengunjungi pantai indah di Malang ini, anda tidak perlu khawatir akan bosan. Karena ada banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan ketika liburan di sini. Mulai dari berkemah, berpetualang sampai menjajal motor trail. Memang Ngudel menjadi jujugan bagi mereka yang senang trail tour. Menjadikan Ngudel cocok dikunjungi dengan keluarga, teman atau pasangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan di Pantai Ngudel, anda bisa langsung menuju kawasan Malang Selatan. Tepatnya di Desa Sindurejo, Kec. Gedangan, Malang, Jawa Timur. Jika anda memulai perjalanan dari pusat kota Malang, anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 km. Memang jauh dari pusat kota, membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 4 jam.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah. Karena masih jarang kendaraan umum yang bisa anda andalkan untuk menuju lokasi. Lokasi Ngudel sendiri bersebelahan dengan Pantai Ngantep. Nantinya anda jangan kaget jika akan menemukan jalan yang berupa tanah ketika memasuki area pantai, tetapi masih mudah untuk dilewati.

Untuk memulai perjalanan, anda bisa mengarahkan kendaraan dari Malang untuk menuju ke rute Gadang Turen, ke arah Jalan Lintas Selatan atau ke Sumbermanjing Wetan. Lebih mudah memang menggunakan Jalan Lintas Selatan. Nantinya anda akan menemukan papan kecil yang menjadi petunjuk menuju Pantai Ngudel.

Sebenarnya tidak sulit menemukannya, karena memang ada banyak papan petunjuk yang bisa anda ikuti. Kondisi jalan dari Jalan Lintas Selatan menuju lokasi sekitar 2 km dan menantang. Ada beberapa tanjakan juga bebatuan gamping dengan jalan yang tidak terlalu lebar. Apabila bingung, anda juga bisa memanfaatkan GPS yang ada di ponsel pintar anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Untuk anda yang ingin menghabiskan liburan ke wisata bahari Ngudel, maka anda harus mengetahui harga tiketnya. Harga Tiket Pantai Ngudel masih terbilang aman untuk kantong anda. Tarif tiket masuk tidak dibedakan antara pengunjung dewasa atau anak anak. Anda perlu menyiapkan biaya masuk sekitar Rp 15 ribu, baik di hari biasa ataupun di akhir pekan.

Biasanya jika anda rombongan, anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau. Dan harga tiket di daerah Malang Selatan tersebut masih belum termasuk dengan biaya parkir. Parkir kendaraan roda dua tentu akan lebih terjangkau dibandingkan mobil atau bus. Tetapi semua biaya yang anda keluarkan akan setara dengan keindahannya.

Sementara untuk jam operasionalnya bisa anda nikmati sepanjang hari alias 24 jam. Dengan begitu anda bisa datang kapan saja ke sini. Tidak sedikit juga yang nantinya memilih untuk bermalam. Anda juga bisa datang setiap hari, akan ada pemberitahuan jika ada ketentuan khusus, Seperti saat PPKM misalnya. Paling pas berkunjung saat pagi sampai sore hari jika tidak ingin menginap.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngudel

1. Menikmati Keindahan

Aktivitas yang pastinya akan anda lakukan ketika singgah di Pantai Ngudel tentu saja menikmati keindahannya. Sepanjang mata memandang, anda akan dihadirkan dengan hamparan laut biru luas. Di belakangnya terbentang perbukitan hijau yang menambah keindahannya. Angin yang berhembus juga akan membuat segala penat terhempas.

Anda bisa duduk di gazebo yang berada di pinggir pantai untuk menikmati keindahannya. Bisa juga sembari menikmati es kelapa muda yang ditawarkan di warung warung yang ada. Suasana pantai yang tenang dan terbilang sepi menjadikan kegiatan satu ini semakin menyenangkan. Dijamin anda ingin berlama lama dan tidak ingin segera pulang.

2. Bersepeda di Antara Pepohonan Cemara

Pantai biasanya akan identik dengan pandan laut ataupun pohon kelapa. Tetapi apa yang anda temukan di Pantai Ngudel ini berbeda, yakni pepohonan cemara udang. Pengelola memang sengaja menanamnya dan diletakkan dengan begitu rapi. Dan lokasinya hutan cemara ini tidak jauh dari kawasan pantai, hanya beberapa meter saja.

Sehingga pasirnya memiliki tekstur yang lebih padat dan sudah bercampur tanah. Menjadikan area ini sebagai lokasi favorit untuk bersepeda. Memang tidak sedikit wisatawan yang datang bersama tim gowesnya. Kemudian berkeliling di area ini dengan teman teman, aktivitas ini pasti menjadi aktivitas yang tidak bisa anda lupakan.

3. Memancing

Aktivitas seru yang bisa anda lakukan ketika berada di Pantai Ngudel yakni memancing. Ombaknya yang tinggi memang tidak memungkinkan untuk berenang. Sehingga wisatawan hanya bisa bermain di tepian saja. dan memancing menjadi alternatif bagi wisatawan yang memang gemar memancing. Spot paling favorit berada di area batu karang.

Tentu saja anda harus berhati hati ketika menaiki batuan karang ini. Banyak ikan yang biasanya memang berkerumun di area batu karang, menjadi spot yang pas untuk memancing. Dari atas, anda bisa langsung menjulurkan kain atau alat pancing anda. Tidak tersedia persewaan alat memancing, membuat anda harus membawanya sendiri dari rumah.

4. Bermain Pasir

Anda sebenarnya tetap bisa bermain di pinggir pantai, seperti berkejaran dengan ombak ataupun membangun istana pasir. Kegiatan ini akan semakin seru jika anda datang bersama dengan anak anak ataupun keluarga. Asalkan tidak berenang, apalagi jika ombaknya sedang besar. Jika membawa anak anak juga tetap harus mengawasinya dengan baik.

5. Berkemah

Anda yang ingin berlama lama di pantai indah ini bisa mendirikan tenda di tepi pantai. Aktivitas ini kerap dilakukan bagi mereka yang ingin sekalian berburu sunset atau sunrise. Saat malam datang, anda bisa menikmati suasana pantai yang sepi ditemani dengan api unggun. Langit berbintang yang indah akan menambah suasananya semakin berkesan.

Pesona matahari terbenam dan terbit yang ada di pantai Ngudel sayang untuk dilewatkan. Cahaya oranye yang perlahan lahan redup dengan suara deburan ombak memberikan nuansa romantis yang kuat. Begitu juga ketika pagi hari, cahaya keemasan yang mulai nampak perlahan lahan akan membuat jatuh hati.

6. Berburu Spot Instagramable

Tidak lengkap rasanya jika ke Pantai Ngudel tidak sekalian mengabadikan setiap momen. Ada banyak spot foto cantik yang bisa anda buru saat berada di pantai cantik ini. Berfoto dengan latar belakang pepohonan cemara atau di pinggir pantai misalnya. Lautnya yang biru dan pasir putih lembut, tetap menawan jika diabadikan dalam bentuk gambar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Untuk fasilitas penunjang yang bisa anda temukan memang tidak terlalu lengkap. Tapi untuk fasilitas utama seperti toilet atau warung makan anda sudah bisa menemukannya. Anda juga bisa menemukan area untuk memarkirkan kendaraan anda dengan lebih leluasa. Untuk ukuran pantai yang masih baru, fasilitas di Pantai Ngudel terbilang sudah bagus.

Toilet toilet yang bisa anda temukan sudah bersih dan juga memadai. Anda yang muslim juga sudah bisa menemukan mushola yang sederhana, tetapi tetap nyaman dijadikan tempat ibadah. Selain itu, bagi anda yang tidak sempat membawa bekal juga tidak perlu khawatir. Warung makan berderet deret, anda hanya perlu menyiapkan uang saja nanti.

Makanan juga minuman yang ditawarkan juga beragam, terutama untuk menu seafoodnya jangan sampai anda tidak mencobanya. Hampir setiap warung makan menawarkan fasilitas toilet, sehingga anda tidak perlu khawatir mengantri. Hanya saja, sampai saat ini masih belum ada fasilitas penginapan yang tersedia di sekitar pantai Ngudel.

Kebanyakan pengunjung yang ingin bermalam memilih untuk mendirikan tenda. Anda bisa mendirikannya di daerah yang dekat dengan pepohonan cemara. Areanya luas dan juga jauh dari bibir pantai sehingga cukup aman. Ada banyak gazebo yang juga berjajar di pinggir pantai, memungkinkan anda untuk menjadikannya sebagai tempat beristirahat.

Liburan di Malang pasti akan semakin lengkap jika anda singgah di pantai Ngudel ini. Termasuk pantai yang terbilang baru, anda akan dibuat terkesan dengan keindahan yang ditawarkan. Suasananya yang tenang juga cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri dari aktivitas harian. Lebih menyenangkan lagi jika anda datang bersama keluarga atau teman teman.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”