Pantai Pelangi, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Bantul

ulinulin.com – Jogja memang terkenal sebagai gudangnya tujuan wisata yang melimpah. Ada banyak tujuan wisata yang memang sudah hits dan selalu dikunjungi. Padahal jika anda ingin mengeksplorasi lebih dalam, anda bisa menemukan tujuan wisata lainnya. Seperti Pantai Pelangi di Bantul misalnya yang termasuk belum banyak dikunjungi walaupun sudah lama.

Pantai yang dibuka sejak tahun 2009 ini sebenarnya memiliki banyak pesona yang akan membuat siapapun terkesan. Apalagi lokasinya juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata populer membuatnya mudah untuk dijangkau. Jika anda sedang ingin mengunjungi wisata bahari Bantul, Pantai Pelangi bisa anda jadikan sebagai alternatif liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pelangi

1. Memiliki Bibir Pantai Landai

Walaupun lokasinya berdekatan dengan Pantai Parangtritis, Namun Pantai Pelangi memiliki bibir pantai yang landai. Ombaknya memang cukup besar, tetapi landai sehingga masih aman untuk bermain di pinggir pantai. Tetapi tetap harus berhati hati karena masih belum ada pengawas yang bertugas.

2. Cocok Untuk Bersantai

Termasuk pantai yang tenang, sehingga anda bisa menghempaskan segala penat saat singgah di sini. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, pantai cantik ini masih termasuk pantai yang sepi. Rasanya anda seperti berada di pantai pribadi dengan suasana tenang dan kondisi pantai yang bersih. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat betah.

3. Menawarkan Pemandangan yang Indah

Anda bisa menikmati pasir kehitaman dengan ombak yang cukup besar. Suasananya yang tenang didukung dengan panorama indah menjadi paket lengkap yang sayang dilewatkan. Pantai Pelangi juga menjadi tempat kondang untuk menikmati sunset yang indah. Matahari terbenam yang ada di pantai Bantul ini berhasil menarik perhatian.

4. Dekat dengan Wisata Kondang

Lokasinya juga sangat mudah untuk dijangkau, karena berdekatan dengan wisata wisata kondang seperti Gumuk Pasir dan Pantai Parangtritis. Perlu anda ketahui jika sebenarnya pantai di Bantul ini merupakan pantai buatan hasil dari pemekaran dari Parangtritis. Tetapi ternyata kondisinya masih jauh lebih sepi dan belum terlalu dikenal.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan ke Pantai Pelangi, maka anda bisa langsung menuju Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta. Jaraknya dari pusat kota Jogja hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Lokasinya berada di sebelah timur dari Pantai Depok dengan akses jalan yang mudah untuk dilalui.

Alangkah baiknya anda membawa kendara pribadi ketika akan berkunjung ke pantai ini. Walaupun tersedia transportasi umum seperti bus yang akan berhenti di terminal Bantul. Tetapi untuk sampai lokasi harus dilanjutkan dengan menggunakan ojek. Maka dari itu dianggap lebih praktis jika menggunakan kendaraan pribadi.

Dari kota Jogja anda bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju arah jalan Parangtritis. Kemudian silahkan ambil jalan lurus ke arah selatan, tidak lama akan ada tanpa pantai berada. Memang menuju Pantai Pelangi ada banyak petunjuk jalan yang bisa diandalkan. Tetapi jika masih ragu, anda bisa memanfaatkan GPS yang terpasang pada perangkat anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Menikmati keindahannya juga tidak harus merogoh dalam kantong anda. harga tiketnya hanya sekitar Rp 5 ribu saja, tentu tidak akan menguras dompet anda. Harga tiket bisa berubah kapanpun serta masih belum termasuk tarif parkir. Untuk tarif parkirnya hanya sekitar Rp 2 ribu untuk motor dan juga Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Membuat liburan bersama rombongan tetap aman untuk kantong anda. Selain harga tiket yang murah, anda juga bisa berkunjung selama 24 jam. Jam operasionalnya memang masih belum resmi atau buka selama 24 jam. Anda juga bisa datang dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Jika ingin suasana lebih ramai, anda bisa datang ketika akhir pekan.

Namun jika ingin suasana yang tenang, anda bisa datang ke Pantai Pelangi ketika hari biasa. Sebaiknya berkunjung ketika pagi atau sore hari, ketika malam hari anginnya terbilang kencang. Anda juga bisa menikmati suasana pantai yang lebih sejuk saat sore atau pagi. Sementara ketika siang hari cenderung lebih panas di pantai cantik ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

1. Bersantai di Pinggir Pantai

Menikmati ombak yang bergulung dari kejauhan berpadu dengan pasir kehitaman, memberikan pemandangan yang menyejukkan mata. Bersantai di Pantai Pelangi juga akan akan membuat segala penat menguap. Sepanjang mata memandang, panoramanya begitu indah apalagi saat sedang cerah. Pasti akan membuat anda ingin berlama lama menghabiskan waktu disini.

2. Bermain di Pinggir Pantai

Ombaknya yang cukup tinggi masih terbilang aman untuk anda yang ingin bermain di pinggir pantai. Sekedar membangun istana pasir ataupun berkejaran dengan ombak masih bisa dilakukan di Pantai Pelangi. Kegiatan pasti akan lebih menyenangkan jika anda datang bersama anak anak ataupun rombongan. Bisa juga membawa beberapa permainan dari rumah.

Pastikan untuk tidak berenang ketika menghabiskan liburan di pantai cantik ini. Karena tidak jarang ombaknya akan semakin tinggi, selain itu juga tidak ada petugas pantai. Keamanan selama bermain wajib diperhatikan, apalagi jika anda datang bersama anak anak. Sebaiknya mengawasinya dan tidak membiarkan untuk bermain sendiri di tepi pantai.

3. Berpiknik

Aktivitas seru yang bisa dilakukan berikutnya yakni berpiknik di tepi pantai. Walaupun ada beberapa gazebo untuk bersantai, anda juga tetap bisa berpiknik. Membentangkan tikar atau karpet sembari membawa makanan dari rumah. Menikmatinya sembari memandang keindahan pantainya. Pasti akan menjadi kegiatan piknik yang tidak terlupakan begitu saja.

4. Melihat Penangkaran Penyu

Selain bisa menikmati keindahan pantainya yang luar biasa, anda juga bisa menikmati penangkaran penyu. Beberapa pantai di Indonesia memang ada yang dijadikan jujugan untuk penyu bertelur. Begitu juga dengan Pantai Pelangi yang menjadi lokasi para penyu bertelur. Anda memiliki kesempatan untuk bertemu dengan hewan menggemaskan ini.

Terutama jika anda datang saat musim kawin, karena pada saat itu penyu akan menyimpan telurnya di daratan. Menjadi kawasan penangkaran penyu, banyak relawan yang menjaga telur telur itu. Telurnya akan langsung dipindahkan sampa kemudian menetas. Setelah menetas barulah penyunya akan dilepas ke laut. Anda bisa berkunjung ataupun melihat proses melepas penyu ini.

5. Berburu Sunset Terbaik

Banyak pantai pantai di Jogja yang menawarkan keindahan sunset. Begitu juga dengan Pantai Pelangi ini, yang menjadi tempat paling pas untuk menikmati sunset. Matahari yang berpulang ini membuat langit jingga yang cantik. Suasananya juga akan lebih romantis ketika sedang sunset. Sangat menenangkan jika berpadu dengan suara deburan ombak di tempat ini.

6. Berburu Foto Kekinian

Liburan anda akan semakin lengkap jika anda juga berburu foto kekinian. Di Pantai indah Bantul ini, anda bisa menemukan beberapa spot alami untuk mengambil foto. Yang paling menjadi favorit foto dengan latar belakang pantainya. Atau beberapa sudut lainnya yang tidak kalah menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika senja turun. Cahaya keemasan akan menghasilkan siluet yang cantik jika dijadikan momen mengambil foto. Pastikan jika anda liburan di Pantai Pelangi anda membawa kamera kesayangan anda. Dan dilengkapi dengan penyimpanan memori yang lega untuk menyimpan semua foto.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Kendati termasuk sebagai pantai yang baru, tetapi fasilitas yang bisa anda temukan terbilang memadai. Fasilitas penunjang yang tersedia sebagai penunjang kenyamanan para pengunjung. Seperti kehadiran area parkir yang luas untuk kendaraan para pengunjung Pantai Pelangi. Selain luas tempat parkirnya juga aman karena ada penjaganya.

Bagi anda yang ingin menjalankan ibadah, anda bisa menggunakan mushola yang tersedia. Mushola sederhana tersebut dalam kondisi yang memadai juga bersih. Soal kebutuhan MCK anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa kamar mandi atau toilet yang bisa digunakan. Walaupun bukan fasilitas gratis, pengunjung membayar jasa toilet mulai Rp 2 ribu.

Untuk menikmati pemandangan sekaligus istirahat, anda juga bisa memanfaatkan gazebo yang tersedia. Gazebo ini juga bisa dijadikan tempat untuk menyimpan barang barang sembari anda bermain di pantai. Apabila anda tidak membawa bekal makanan, anda bisa mencoba warung makan pinggir pantai yang berjejer rapi.

Warung-warung makan sederhana di kawasan pantai ini menawarkan banyak menu yang menarik juga lezat. Menjaga kebersihan pantai juga sangat mudah, karena ada banyak tempat sampah yang tersedia. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan lebih lama, ada beberapa penginapan yang tidak jauh dari lokasi dan harganya juga masih ramah kantong.

Menghabiskan liburan di Jogja tidak akan pernah membosankan. Karena anda bisa mengunjungi banyak tujuan wisata yang belum banyak dikunjungi. Sehingga suasananya lebih tenang dan pemandangan alami bisa anda temukan. Dan Pantai Pelangi di Bantul adalah tujuan wisata bahari alternatif yang tidak akan membuat anda kecewa.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”