Pantai Sepanjang Jogja

ulinulin.com

Lokasi: Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881Koordinat: Klik DisiniTarif: Rp 10.000 / orangJam Operasional: 06.00 – 22.00 WIBNomer Telepon: –

Pantai Sepanjang

Bicara soal berlibur dan berwisata di Jogjakarta memang tidak ada habisnya. Kota dengan sebutan akrab Jogja itu memiliki sekali destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Selain Jogja dikenal dengan sejarah dan situsnya, disini juga tersedia tempat wisata pantai. Banyak sekali pantai yang ada di Jogjakarta.

Pantai yang terkenal salah satunya adalah Pantai Parangtritis. Tetapi dalam waktu belakangan ini banyak sekali pantai-pantai yang tersembunyi dan memiliki pemandangan tak kalah indah dengan Pantai Parangtritis.

Berbagai ragam keunikan tersendiri dari masing-masing pantai di Jogja bisa kamu temui. Mulai dari pasir yang lembut sampai dengan berbagai macam karang yang cadas semu ada di Jogja. Banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di pantai, mulai dari menikmati udara pantai hingga berenang di lautan lepas.

Salah satu pantai tersembunyi yang sangat indah itu adalah Pantai Sepanjang. Alamat pantai Sepanjang ini berada di Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Sudah seperti namanya, pantai ini memiliki keunikan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung, yaitu memiliki bibir pantai yang sangat panjang.

Nama Sepanjang sendiri tidak hanya di Jogjakarta, tetpai di daerah lain juga ada seperti di Jepara, Jawa Tengah dan Pacitan, Jawa Timur. Kali ini kita bukan membahas pantai Sepanjang yang ada di Jepara dan Pacitan tetapi yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.

Pantai Sepanjang sendiri baru saja dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Hal ini terlihat dari jalan menuju bibir pantai yang masih terlihat baru dan bersih. Banyak sekali pohon-pohon yang berjajar rapi sepanjang pantai. Pohon-pohon yang ada ini menambah kesan sejuk ketika berlibur ke Pantai Sepanjang. Kamu akan melewati jalan ini ketika menuju pantai.

Keindahan dan Potensi

Pantai Sepanjang memiliki julukan Pantai Kuta-nya di Jogja. Jadi kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Pulau Bali jika ingin berkemur di pantai. Pantai Sepanjang menawarkan berbagai keindahan pemandangan serta suasana yang nyaman dan asri bagaikan Kuta di Bali. Dijamin kamu akan merasa betah lama-lama bersantai saat liburan di Pantai Sepanjang.

Pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang sangat panjang disertai dengan pasir halus yang berwarna putih. Ombak di pantai ini juga terbilang sangat sedang dan cocok untuk bermain selancar.

Banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan di pantai ini, tinggal memilih antara berkemur dibawah terik matahari, mandi di laut dengan bermain selancar atau hanya melihat pemandangan yang ditawarakan oleh Pantai Sepanjang. Tentu saja jangan lupa untuk mengambil gambar untuk dijadikan kenang-kenangan saat pulang nanti.

Pantai Sepanjang salah satu tempat wisata bahari yang terbilang cukup baru. Baru saja pantai ini dibuka dan resmikan oleh pemerintah daerah setempat. Nama Sepanjang sendiri berasal dari bibir pantai yang cukup panjang di pantai, bahkan paling panjang dari seluruh pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

Suasana pantai disini sangat alami dan sejuk, angina semilir ditemani suara ombak membuta nyaman dan betah lama-lama berada di pantai ini. Di bibir pantai juga dihiasi dengan tumbuhan palem yang banyak digunakan para wisatawan tempat berteduh dan bersantai.

Batu karang di Pantai Sepanjang ini nampak terawat dan masih bagus, terlihat ketika pasang surut tiba. Air laut juga tidak tercemar dengan kotoran sampah-sampah terlihat dari hempasan ombak yang memantulkan warna biru di bibir pantai. Maka dari itu tak salah jika banyak pengunjung memberi sebutan bagi pantai ini adalah pantai Kuta kedua.

Keunikan

Beberapa keunikan yang dimiliki Pantai Sepanang lainnya yaitu suasana yang alami ini terasa lebih nyaman dibanding Pantai Kuta di Bali.

Pantai Sepanjang tidak menawarkan hal-hal klise yang sering ada di pantai seperti beach café atau conttage yang mewah, tetapi kedekatan dengan alam adalah keunggulan yang dimiliki Pantai Sepanjang. Banyak sekali macam kerang-kerangan yang ada di pantai ini, sebut saja kerang Mollusca dan bintang laut atau Echinodermata.

Ada sebuah teluk yang bisa digunaan untuk bermain di laut. Ketika air laut mengalami pasang surut, maka akan sangat terlihat karang-karang yang bermunculan di teluk dan bibir pantai. Karang-karang ini adalah habitat dari banyaknya kehidupan biota laut di Pantai Sepanjang.

Kamu dapat menemukan ikan kecil yang berada di cekungan karang. Selain itu, kamu juga aan menemukan bulu babi, bintang laut serta rumput laut ketika pasang surut. Hal ini akan sangat menyenangkan karena banyak sekali para wisatawan memanfaatkan moment ini untuk bermain-main dan berfoto dengan habita laut tersebut.

Tak jarang, selain wisatawan yaitu warga setempat memanfaatkan moment ini untuk mengambil rumput laut, kerang dan ikan untuk dikonsumsi sendiri. Mereka mencari makhluk laut ini kemudian dibawa ke pinggir laut.

Selain dikonsumsi sendiri, mereka juga kadang menjual makhluk laut ini kepada pengunjung. Di pinggir pantai banyak sekali café atau tempat makan yang dikelola sendiri oleh warga setempat yang menyediakan aneka jenis makanan laut.

Di Pantai Sepanjang sampai saat ini juga terkenal dengan kebudayaannya yang sangat kental. Tidak terlihat bangunan besar dan permanen yang dibangun di sekitar pantai, hanya saja terlihat beberapa gubug yang memang dihuni oleh masyarakat setempat.

Masyarakat sekitar kebanyakan tidak berprofesi sebagai nelayan meski tinggal di daerah pantai. Ada beberapa yang memiliki profesi sebagai petani.

Di Pantai Sepanjang juga terdapat sebuah situs yang memiliki nilai sejarah seperti Banyusepuh, yang artinya untuk digunakan membasuh. Letak situs ini tidak jauh dari pantai. Tempat ini tadinya adalah sebuah mata air yang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mandi.

Menurut cerita warga sekitar, konon katanya para wali menggunakan situs ini tempat memandikan pusaka yang ada. Tetapi untuk saat ini situs ini kurang terawatt karena sudah kering dan keluar air sehingga ditumbuhi tanaman liar.

Jika kamu sedang berlibur ke suatu tempat, kurang rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Disekita pantai kamu akan banyak sekali menemukan penjual oleh-oleh yaitu berupa cinderamata yang dibuat sendiri oleh warga setempat. Cinderamata tersebut dibuat berasal dari kerang laut yang diambil sendiri ketika pasang surut tiba.

Tetapi jika tidak ingin membeli cinderamata khas Pantai Sepanjang itu, kamu bisa membuatnya sendiri dengan beberapa kerang yang sudah diambil saat air laut surut. Kamu bisa belajar dari warga setempat ketika berada di Pantai Sepanjang.

Karena pantai ini juga dikenal dengan pemandangan yang indah, kamu juga bisa menghabiskan sore hari disini. Pantai Sepanjang ini dibuka pada pagi hari hingga malam hari sekitar pukul 10 malam.

Jadi kamu bisa mneghabiskan sore hari dan menikmati matahari tenggelam. Saat sore tiba, banya sekali yang datang ke pantai ini. Bukan hanya dari pengunjung luar kota, warga sekitar lokasi pantai juga sering kali datang dan ingin menghabiskan sore hari sambil menikmati pemandangan sunset.

Jalan Menuju Lokasi

Pantai Sepanang tepatnya berlokasi di Desa Kemadang, Tanjungsari KAbupaten GUnung Kidul. Jaraknya kurang lebih 1 km di sebelah barat Pantai Drini sedangkan di sebelah Timur ada Pantai Kukup. Banyak sekali alternatif rute jalan menuju Pantai Sepanjang, kali ini tim jejakpiknik.com akan membahas rute dari setiap arah.

Yang pertama jika kamu berangkat dari Jogjakarta, dari bagian utara Jogja ini kamu bisa mengambil arah menuju Candi Prambanan lalu setelah sampai di pertigaan lampu merah jembatan kamu harus menambil arah kanan kemudian lurus.

Jika kamu dari arah Joga selatan, kamu bisa melewati jalan Wonosari kemudian lurus dan mengambil arah timur dan kamu akan bertemu dengan pertigaan piyungan. Di jalan ini diharapkan kamu berhati0hati karena jalan berkelok.

Jika kamu berangkat dari Kota Solo, ambil jalan menuju Sukoharjo menuju Wonogiri kemudian ambil arah Wuryantorosetelah itu kamu harus mengambil arah menuju Purwodadi dan kemudian memasuki kecamatan Tepus. Setelah masuk kecamatan Tepus, uniknya kamu akan menemui beberapa pantai ketika menuju Pantai Sepanjang.

Sebenarnya jalan menuju arah Pantai Sepanjang ini tidak berbeda dengan jalan menuju pantai lain di Kabupaten Ginung Kidul, tetapi jika kamu masih kesulitan dengan rute yang kami jelaskan maka ada titik koordinat yang kami berikan dengan koneksi ke google map sehingga memberikan peta langsung diakses dari hp kamu.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk Pantai Sepanjang ini yaitu 10 ribu per orangnya. Biaya tersebut belum dengan biaya parkir kendaaran yang kamu bawa. Untuk kendaraan roda dua, Pantai Sepanjang menerapkan 3 ribu rupiah sedangkan kendaraan roda empat kamu harus membayar sebesar 5 ribu rupiah.

Tentu saja dengan adanya kontribusi di Pantai Sepanjang ini untuk membangun beberapa fasilitas penunjang bagi wisatawan.

Fasilitas yang bisa digunakan wisatawan adalah toilet bersih dan kamar mandi untuk bilas setelah kamu berenang dan bermain pasir di pantai.