Pasang Power Back Door Mitsubishi Xpander, Gak Repot Lagi Buka Tutup Bagasi

ulinulin.com

Bagasi merupakan bagian yang cukup vital dari sebuah mobil. Karena ditempat inilah Anda akan meletakkan berbagai barang bawaan dengan ukuran cukup besar. Namun ada kalanya Anda kerepotan saat harus membuka atau menutup bagasi mobil. Karena banyak dari kendaraan di Indonesia untuk buka tutup bagasi mobil harus dilakukan secara manual. Yaitu dengan memutar anak kunci bagasi, atau menarik tuas pintu bagasi yang ada di ruang pengemudi.

Kerepotan ini tentunya tidak akan dialami pemilik mobil yang sudah dilengkapi fitur power back door. Untuk membuka atau menutup pintu bagasi cuma melalui satu tombol. Bisa juga dengan menekan tombol pada remote atau menghentakkan kaki ke bagian bawah bemper belakang. Lalu bagaimana solusinya jika belum ada fitur power back door?

1. Pasang Power Back Door Mitsubishi Xpander

Cukup tekan tombol ini maka bagasi bisa menutup dan membuka otomatis

Ternyata untuk masalah ini sudah tersedia aksesoris aftermarket power back door yang bisa dipsang ke semua mobil. “Pakai tombol gitu, mirip mobil mewah. Ada juga yang bisa pakai remote,” ucap tenaga penjual aksesoris mobil di kawasan Jakarta Pusat.

Ia menyebutkan, untuk Mitsubishi Xpander misalnya, aksesoris ini berupa sistem hidraulik untuk pintu bagasi, serta tombol pembuka dan penutup bagasi. Sistem hidraulik nantinya dipasang untuk mengantikan sistem hidnraulik bagasi Xpander yang masih manual. Sementara tombol power back door akan dipasang dibagian pintu bagasi dan di dasbor dekat dengan setir pengemudi.

2. Bisa untuk Mobil Lain

Bisa buka bagasi otomatis dari dalam mobil

Lebih lanjut sang penjual menjabarkan kalau pemasangan power back door Mitsubishi Xpander ini tidak membutuhkan waktu lama. “Paling lama dua jam. Karena sebenarnya tidak ada bagian mobil yang dibongkar. Paling cuma untuk tempat pasang tombolnya saja,” ucap dia. Sama seperti sistem power back door di mobil-mobil premium, perangkat ini juga mampu mendeteksi jika ada objek yang terjepit di pintu bagasi. “Jadi kalau ada tangan misalnya mau terjepit, pintunya bisa berhenti terus bunyi-bunyi peringatan,” lanjut dia.

Untuk biaya, ia menyebut perangkat ini dihargai mulai dari Rp6,5 jutaan tergantung tipenya namun sudah termasuk biaya pemasangan. “Ada yang cuma tombol doang, ada yang bisa pakai remote. Selain bisa buat Xpander, bisa juga buat Livina baru, Fortuner, Pajero Sport, HR-V, Innova, harganya beda-beda,” tutup dia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”