Pastikan Kehadiran di KTT G20, Jokowi akan Telepon Tiga Pemimpin Dunia

ulinulin.com – Presiden Jokowi menyebut akan menghubungi langsung tiga pemimpin dunia guna memastikan kehadiran mereka di KTT G20 , yang bakal digelar pada 15 – 16 November 2022, mendatang.

Demikian informasi yang disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri Indo Defence 2022 Forum and Expo di JIExpo, di Jakarta Pusat, Rabu, 3 November 2022.

“G20 tinggal tiga lagi pemimpin yang sejauh ini belum memberikan konfirmasi kehadiran, segera akan saya telepon untuk mengonfirmasi kedatangan mereka,” kata Presiden Jokowi .

Adapun Presiden Jokowi tidak menyebutkan nama dari tiga pemimpin negara tersebut.

Jokowi mengungkapkan, tingkat kehadiran para pemimpin dunia di KTT G20 Bali , cukup tinggi.

Menurut data terbaru, pemerintah telah mencatat 17 sampai 18 nama pemimpin negara yang tergabung di G20 telah memberikan konfirmasi kehadirannya ke Indonesia.

“Suatu kehormatan bagi kita semua, sekitar 17 hingga 18 pemimpin negara akan hadir pada pertemuan KTT G20 ,” ujar Jokowi .

Kendati demikian, kata Jokowi , 17-18 nama pemimpin yang bakal hadir itu sebuah angka yang cukup banyak.

“Dalam keadaan normal itu banyak sekali, artinya pada situasi sangat sulit sekali, mereka (para pemimpin) datang sebuah kehormatan bagi Indonesia,” ujarnya.

Terpisah, Menlu Retno Marsudi menyatakan bahwa konfirmasi kehadiran para pemimpin negara anggota G20 sangat tinggi sekali.

“Tingkat kehadiran sangat tinggi,” kata Retno Marsudi .

Retno juga menuturkan, terkait beberapa pemimpin negara yang belum memastikan datang karena situasi politik di negaranya.

Presiden Brasil, kata Retno, sejauh ini belum memberikan konfirmasi kedatangan di G20, mengingat situasi pemilu di Brasil yang sudah memasuki tahap kedua.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris yang baru Rishi Sunak serta PM Italia Giorgio Meloni sudah menyatakan kesiapannya hadir dalam KTT G20 .

Terbaru, Presiden Rusia Vladimir Putin mengomentari langsung kepastiannya datang pada pertemuan KTT G20 yang akan digelar di Bali .***