Peduli Pemberdayaan Perempuan, BRI Life Berbagai Hadir untuk Asosiasi Wanita Pengusaha Makanan Ringan (Aswapemari)

ulinulin.com – Banjarnegara, 20/10/2022 – Perempuan memiliki peran yang tidak dapat dipandang sebelah mata dalam partisipasinya untuk menggerakkan roda perekonomian. Berdasarkan siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada tanggal 2 September tahun 2021, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan dari total jumlah UMKM di Indonesia, sebanyak 37 juta UMKM atau 60% dari total seluruh UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran perempuan dalam mendukung perekonomian negara melalui sektor UMKM.

Asosiasi wanita pengusaha makanan ringan (Aswapemari) adalah asosiasi yang dibentuk dari beragam kelompok wanita pengusaha makanan ringan yang berdomisili di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya. Asosiasi yang sudah berumur sebelas tahun ini memiliki tiga puluh lima anggota aktif, dimana masing masing anggota mewakili kelompoknya yang tersebar di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya. Aswapemari beranggotakan wanita-wanita yang memiliki usaha makanan ringan dengan maksud untuk membantu perekonomian keluarga.

“Kami terbentuk dari kelompok kelompok wanita pengusaha makanan ringan yang tersebar di banjarnegara yang memiliki tujuan yang sama dan keinginan untuk berhimpun, berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk kemajuan usaha” Ujar Sukini, Ketua Aswapemari. Benar saja, terbentuknya asosiasi ini membuka peluang bagi anggota-anggotanya untuk menerima manfaat bantuan pemberdayaan.

Untuk mendukung kegiatan yang dilakukan Aswapemari, BRI Life bekerjasama dengan BRI Research Institute menggandeng Pusat Inkubasi Bisnis, Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, Universitas Negeri Jenderal Soedirman, mewujudkan kepeduliannya dalam gerakan pemberdayaan UMKM perempuan melalui program BRI Life Berbagi, dengan memberdayakan perempuan yang tergabung dalam Aswapemari melalui program pengadaan peralatan rumah kemasan. Kegiatan ini berupa peningkatan kapasitas usaha dengan pemberian peralatan untuk menunjang proses pengemasan produk dan pelatihan.

Kegiatan pemberdayaan bagi anggota para Aswapemari ini dilangsungkan pada Bulan Oktober 2022, bertepatan dengan bulan inklusi keuangan Indonesia dan sekaligus dilangsungkan peresmian Rumah Kemasan Aswapemari pada tanggal 20 Oktober 2022. BRI Life berharap manfaat dari kegiatan pemberdayaan ini dapat berkelanjutan sehingga dapat membantu peningkatan taraf hidup anggota.

GN/RI

KOMPASIANA ARENA

    Survei Pembaca Kompasiana 2022 Berhadiah 1 Juta Rupiah!

    Survei Berhadiah Tentang Employer Branding

    TTS – Teka – Teki Santuy Eps 102 Tanaman Obat Paling Populer di Indonesia

Survei Pembaca Kompasiana 2022 Berhadiah 1 Juta Rupiah!

Survei Berhadiah Tentang Employer Branding

TTS – Teka – Teki Santuy Eps 102 Tanaman Obat Paling Populer di Indonesia

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website peluangusaha.kontan.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”