Peeling dan Facial Scrub, Apakah Sama? Ini Perbedaannya!

ulinulin.com – Pernah beberapa kali melakukan peeling dan facial scrubbing tapi masih belum bisa membedakan keduanya? Wajar saja sih. Keduanya memang sama-sama memiliki fungsi sederhana untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Namun, ternyata peeling dan facial scrub adalah dua metode perawatan kulit wajah yang berbeda.

Biar kamu tak salah kaprah dalam membedakan peeling dan facial scrub, simak penjelasan singkat mengenai perbedaan keduanya berikut ini. Kamini telah merangkum sejumlah perbedaan antara perawatan peeling dan facial scrub. Yuk, simak informasi selengkapnya di sini.

1. Defisini Peeling dan Facial Scrub

* sumber: shorthillsderm.com

Serupa tapi tak sama, itulah kalimat yang bisa mendeskripsikan peeling dan facial scrub. Keduanya merupakan perawatan eksfoliasi yang mengelupas sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Perawatan ini bisa membuat kulit wajahmu jadi lebih cerah alami, lho.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa meskipun terlihat sama, tapi peeling dan facial scrub ini punya perbedaan yang cukup signifikan. Definisi dari facial scrub adalah prosedur pembersihan kulit wajah dengan menggunakan produk yang mengandung butiran halus (scrub). Butiran harus ini bekerja untuk mengangkat sel kulit mati.

Peeling juga punya kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati. Hanya saja, peeling tidak mengandalkan butiran halus untuk mengangkat sel kulit mati, melainkan bahan kimia. Kemampuan bahan kimia yang terdapat dalam produk peeling tak hanya mampu mengangkat sel kulit mati saja, tapi juga meregenerasi sel-sel kulit.

2. Fungsi dan Cara Kerja

* sumber: highlifeshenanigans.com

Masih bingung memilih facial scrub atau peeling? Nah, keduanya memang berfungsi mengangkat sel kulit mati. Akan tetapi jika kita telusuri lebih dalam lagi, ternyata kedua jenis perawatan ini menawarkan fungsi yang berbeda, lho.

Sebagai contoh, facial scrub dengan butiran halusnya dapat melancarkan peredaran darah di sekitar wajah. Ketika kamu memijat lembut area wajahmu, butiran scrub akan terasa merangsang peredaran darah. Di samping itu, pijatan yang berasal dari butiran scrub ini juga meningkatkan penetrasi nutrisi ke kulitmu.

Butiran halus dari produk facial scrub akan bekerja seperti “amplas” untuk mengangkat kotoran, sisa make up, dan daki yang tidak terangkat ketika kamu mencuci muka hanya dengan menggunakan sabun.

Sementara untuk peeling, produk ini tidak mengandung butiran halus sehingga kamu tidak akan merasakan sensasi pijatan di area wajah ketika mengusapkannya. Peeling memiliki kemampuan lebih cepat merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga wajahmu akan terlihat cerah alami.

Kandungan bahan aktif di dalam produk peeling umumnya mampu bekerja pada lapisan kulit dalam. Bahkan, peeling secara teratur disinyalir mampu mengatasi noda hitam yang sudah ada di wajah. Penggunaan peeling juga tidak mengharuskan kamu untuk terus memijat wajah saat mengaplikasikannya. Cukup diamkan produk peeling selama beberapa saat, lalu bilas wajah sampai bersih.

3. Jenis Kulit

* sumber: epiderma.ca

Tidak semua jenis perawatan kulit wajah bakal cocok dengan kondisi kulitmu. Kamu harus cermat memilih jenis perawatan kulit wajah yang aman. Facial scrubbing lebih dianjurkan untuk dilakukan oleh pemilik kulit berminyak. Pasalnya, butiran halus pada produk scrubbing mampu mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

Facial scrub akan membuat pemilik kulit wajah berminyak jadi memiliki kulit wajah yang lebih normal dan bebas minyak. Keberhasilan facial scrubbing dalam mengurangi produksi minyak berlebih memang sangat baik.

Peeling lebih dianjurkan untuk dilakukan oleh pemilik kulit wajah kering, dan berjerawat. Bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan bagian luar kulit, peeling juga ampuh menutrisi lapisan dermis.

Mengingat peeling tidak mengandung butiran halus (scrub), maka produk peeling memang dijamin tidak akan membuat kondisi kulitmu jadi bertambah kering. Pemilik kulit berminyak pun bisa melakukan peeling. Metode perawatan yang satu ini dapat menghilangkan noda hitam secara bertahap jika kamu melakukannya secara teratur.

4. Waktu yang Tepat untuk Melakukan Perawatan

* sumber: www.tokopedia.com

Produk peeling maupun facial scrub yang tepat seharusnya tidak memiliki kandungan sabun di dalamnya. Kamu harus bisa membedakan antara facial scrub wash dengan facial scrub yang hanya dipakai untuk perawatan. Sabun cuci muka yang mengandung scrub memang aman dipakai setiap hari. Akan tetapi, facial scrub yang tidak mengandung sabun tidak dianjurkan untuk dipakai setiap hari.

Waktu yang tepat melakukan perawatan peeling untuk kulit wajah normal adalah 2-3 bulan sekali. Kamu memang tidak dianjurkan untuk terlalu sering melakukan peeling karena produknya mengandung bahan kimia yang kurang friendly jika dipakai terlalu sering.

Untuk facial scrubbing bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali. Produk facial scrub cenderung mengandung bahan kimia yang porsinya tidak sebanyak produk peeling. Selain itu, kalau kulit wajahmu sedang berjerawat sangat parah maka kamu tidak dianjurkan untuk melakukan facial scrubbing terlebih dahulu.

5. Peeling dan Facial Scrubbing, Mana yang Terbaik?

* sumber: www.consumer.org.hk

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”