Pelti kembali gelar turnamen internasional demi dorong peringkat atlet

ulinulin.com – Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti) bersama PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) kembali menggelar turnamen internasional bertajuk MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 demi mendorong peringkat para atlet Tanah Air.

Kejuaraan yang masuk dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis (ITF) Men’s World Tennis Tour, itu akan bergulir dua seri dalam dua pekan di lapangan The Sultan Hotel & Residence Jakarta, mulai 24 Oktober hingga 6 November 2022.

Sekjen Pelti Lani Sardadi mengatakan bahwa ajang khusus putra tersebut digelar untuk menggenjot peringkat para petenis berkaca pada pengalaman dalam SEA Games Vietnam pada Mei lalu.

Membawa turnamen internasional ke Indonesia, menurut Lani, juga menjadi cara yang efektif dari segi biaya maupun jumlah petenis yang dapat berkompetisi. Sebab, mereka bisa mendapatkan wildcard untuk mengikuti pertandingan, sementara pada turnamen internasional di luar negeri dibutuhkan peringkat tertentu untuk dapat bermain.

“Salah satu kekurangan kita pada SEA Games yang lalu tim Indonesia, terutama putra, tidak punya peringkat di SEA Games. Bertemu unggulan yang tinggi jadi sulit bagi kita. Salah satu caranya menggelar pertandingan di Indonesia karena yang tidak ada ranking bisa wildcard,” ujar Lani dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Lani mengatakan tidak ada target khusus dalam turnamen kali ini. Hanya saja, ajang tersebut akan menjadi evaluasi bagi Pelti untuk melihat performa para petenis.

“Harapannya sampai SEA Games depan ranking atlet-atlet bisa dibangun, sehingga tidak langsung bertemu dengan atlet berperingkat,” kata Lani.

Lebih dari itu, selain untuk persiapan SEA Games Kamboja yang akan berlangsung Mei 2023, turnamen tersebut juga menjadi langkah panjang Pelti untuk menatap Asian Games Hangzhou pada September 2023.

“Ini salah satu persiapan… Karena dalam turnamen ini atlet-atlet bisa melawan petenis Asian Games, beberapa ada yang dari India, Korea Selatan, China, itu akan menjadi potential opponent, jadi mereka bisa menjajal bertanding dengan mereka,” ujar Lani.

MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 menyediakan total hadiah 25.000 dolar AS atau sekitar Rp400 juta tiap seri. Jumlah tersebut merupakan hadiah uang terbesar dalam sejarah kejuaraan tenis putra di Indonesia dalam lima tahun terakhir.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”