Pemerintah Larang Mobil Bermesin 1.400 cc Ke Atas Beli Pertalite, Ini Daftarnya

ulinulin.com – JAKARTA – Distribusi bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite akan semakin diperketat agar tepat tujuan. Pemerintah menunjukkan ketegasannya dalam hal ini, dengan merilis daftar nama model mobil yang dilarang untuk membeli dan mengonsumsi Pertalite dengan RON 90. Aturannya kini melarang mobil bermesin 1.400 cc menjadi konsumen Pertalite.

Patokan baru itu berbeda dari rencana pembatasan penggunaan BBM Pertalite sebelumnya. Usulan saat itu hanya untuk mobil bermesin di atas 1.500 cc, motor di atas 250 cc, dan mobil dinas pemerintah, termasuk milik institusi TNI dan Polri.

Seperti diketahui pada 3 September 2022 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menaikan harga Pertalite, Pertamax (non subsidi), dan Solar. Hal ini dilakukan karena melonjaknya harga minyak dunia yang membuat pemerintah merasa tak sanggup menahan harga BBM subsidi. Terhitung pada tahun ini beban subsidi energi APBN mencapai Rp 502 triliun.

Maka dari itu hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah agar BBM jenis subsidi tepat sasaran adalah dengan mengubah kriteria kendaraan yang boleh menenggak BBM Pertalite. Namun perlu dicatat, hingga kebijakan ini belum berlaku lantaran Perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, yang jadi payung hukum kebijakan tersebut, belum juga direvisi.

Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas yang sebelumnya memberi usulan mobil bermesin di atas 1.500 cc dilarang isi Pertalite, kini direvisi atau diturunkan menjadi 1.400 cc. Lantas, apa saja daftar tipe mobil yang berpotensi tak boleh membeli Pertalite?

Untuk wacana pembatasan ini besar kemungkinan akan berdampak pada mobil yang memiliki pangsa pasar besar di Indonesia. Sebut saja Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Terios, hingga Hyundai Creta.

Sementara mobil dengan kubikasi di bawah 1.400 cc seperti segmen LCGC (Low Cost Green Car) masih bisa menikmati BBM jenis Pertalite. Sebagai contohnya adalah Toyota Calya, Toyota Agya, Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, atau City Car Suzuki S-Presso.

Nah bila nantinya usulan soal pembatasan BBM Pertalite dengan kriteria 1.400 cc resmi diberlakukan, maka tipe mobil yang dilarang adalah sebagai berikut.

Suzuki:ErtigaBalenoXL7SX-4 Cross.

Nissan:LivinaX-TrailSerena

Daihatsu:XeniaTeriosLuxioGranMax Mini BusGranMax Pick Up.

Morris Garage:ZSHS5 GT.

Toyota:Avanza (kecuali 1.3L)VelozVoxyInnova BensinFortuner BensinSientaRushViosCorolla CrossYaris.

Honda:BR-VMobilioHR-VCR-VCivicCityAccord.

Hyundai:StargazerCreta.

Wuling:CortezAlmazConfero

Mitsubishi:XpanderXpander Cross.

Peugeot:30085008

Mazda:2 Hatchback2 SedanMX-5CX-3CX-5CX-8CX-9CX-306 Sedan6 Estate

DFSK:Glory 560i-AutoSuper Cab Bensin.

Renault:Koleos

Lexus:LSLCRCNXLMUM.

BMW:Seri 2Seri 3Seri 4Seri 5Seri 7Seri 8 X1X3X4X5X6X7Z4M3M4X3MX4M.

Mercedes-Benz:C-ClassE-ClassCLSGLCGLEGLSS-Class.

Audi:A5A6 A8L Q5Q7 Q8RS4 AvantRS5 Coupe.

MINI:Cooper 3 DoorCooper 5 DoorClubmanCountrymanJohn Cooper WorksConvertible.(BANGKIT JAYA / WH)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”