Pemolisian Era Digital, Polisi Mengacu Pada Road Safety Policing

ulinulin.com

Korlantas Polri sukses menggelar Rakernis (Rapat Kerja dan Teknis) fungsi lalu lintas tahun anggaran 2019 di Ballroom Discovery Kartika Hotel Plaza, Kuta Bali, Kamis (7/11/19) lalu, dengan pembahasan utama mengenai Implementasi Road Safety Policing. Rakernis dihadiri oleh 33 Dirlantas Polda, Kasubdit Gakkum Polda, Kasubdit kamsel Polda, Kasubdit Bag Ops Polda, Kasat Lantas, dan Kasat PJR se-Indonesia.

Brigjen Pol Dr. Chryshnanda Dwilaksana memberikan paparan pola pemolisian era digital

Dilansir dari ntmcpolri, (7/11/2019), Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Dr. Chryshnanda Dwilaksana dalam paparannya menjelaskan pola pemolisian saat ini tak bisa disamakan dengan beberapa tahun lalu. Perkembangan teknologi menuntut adanya pelayanan yang prima dengan cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah diakses. Oleh karena itu fungsi polisi dengan pemolisiannya mau tidak mau harus menyesuaikan agar tetap bisa melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat dari berbagai dampak negatif era digital.

Teknologi memang tidak bisa menggantikan interaksi langsung antara polisi dengan masyarakat, namun teknologi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja polisi sebagaimana tersebut di atas. “Kita menghadapi era yang serba smart, maka dari itu Polisi juga dituntut smart dalam pemolisiannya melalui implementasi e-Policing. Manfaatkanlah teknologi elektronik maka kerja dan kinerja polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban lebih optimal,” tutur Chryshnanda.

Keselamatan menjadi prioritas utama di jalan raya

Untuk mengimplementasikan Road Safety Policing yang sejalan dengan era revolusi industri 4.0, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Sebagai contoh Brigjen Pol Dr. Chryshnanda Dwi Laksana merekomendasikan beberapa hal berikut:

Bersamaan dengan Rakernis, Korlantas Polri meluncurkan dua aplikasi layanan publik, yaitu BPKB PNBP Cashless dan Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional (ROPILNAS). Keduanya untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran dan registrasi kendaraan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”