Penanganan Pertama Saat Mesin Mobil Overheat

ulinulin.com – Mesin Mobil | Mesin Mobil Overheat

Suhu udara berperan penting terhadap kinerja mesin mobil. Jika terlalu panas atau overheat, mesin bisa mati mendadak dan berpotensi membahayakan pengemudi bila terjadi di jalan raya dalam kecepatan tinggi.

Overheat terjadi saat kondisi suhu mesin terlalu tinggi jauh di atas suhu optimal mesin mobil. Umumnya disebabkan sistem pendinginan mesin (radiator) tidak berjalan baik dan kerap terjadi saat menempuh perjalanan jauh. Bila ini terjadi, ada beberapa penanganan pertama yang bisa dilakukan seperti Momobil kutip dari laman Daihatsu.co.id:

1. Tepikan mobil, matikan mesin mobilSaat mesin mengalami overheat upayakan untuk segera berhenti dan menepikan mobil ke pinggir jalan. Pastikan kondisi jalan dan lalu lintas aman saat melakukannya. Setelah itu matikan mesin mobil.

2. Buka kap mesinBuka kap mesin untuk mengeluarkan panas di ruang mesin. Udara luar juga bisa membantu mendingingkan mesin. Waspada saat membuka kap. Biasanya tuas pembuka kap dekat dengan radiator, yang kemungkinan bisa menyebabkan Anda terkena panas.

3. Sabar sebelum membuka tutup radiatorTunggulah beberapa saat sebelum membuka tutup radiator. Jika dilakukan saat mesin mobil masih panas, uap dan air bertekanan tinggi berpotensi menyembur mengenai anggota tubuh Anda.

4. Periksa reservoir tank radiatorPeriksalah reservoir atau tabung cadangan air radiator. Lihat indikator ketinggian airnya. Jika kurang, tambahkanlah cairan pendingin sampai penuh.

5. Cek kebocoranPeriksa radiator, blok mesin, atau kepala silinder di dekat gasket. Ada kemungkinan komponen-komponen itu mengalami kebocoran. Jika Anda ragu dan belum paham, bawa mobil ke bengkel terdekat. Minta mereka melakukan tes tekanan sistem pendingin.

6. Bawa ke bengkelLanjutkan perjalanan jika radiator hanya kekurangan cairan dan bisa diatasi dengan menambahnya. Namun, bila kondisinya dirasa sudah parah, bawalah segera ke bengkel. Pada kondisi ini lebih dianjurkan memakai layanan mobil derek ke lokasi tujuan.

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”