Penasaran Berapa Budget Yang Harus Dipersiapkan Untuk Liburan Ke Korea? Ini Dia Rinciannya!

ulinulin.com

Korea, Destinasi Wisata Impian Kebanyakan Kaum Hawa!

Sama halnya berlibur ke Jepang, jika ingin memilih Korea sebagai destinasi liburanmu berikutnya, kamu juga harus mempersiapkan biaya yang tak sedikit. Karena dua negara maju ini life costnya cukup mahal, terutama untuk para wisatawan.

Walaupun mahal, tapi hal tersebut tidak pernah bisa mengurungkan niat para wisatawan yang ingin berlibur ke Negeri Gingseng ini. Siapapun rela menyisihkan sebagian pendapatannya dan menabungnya demi untuk bisa berlibur ke negeri dimana oppa2 dan oenni2 berada.

Korea memang sangat terkenal dengan K-Fashionnya yang selalu menjadi trend center fashion di seluruh dunia. Banyak yang menyukai hingga mengikuti trend fashion Korea, tak terkecuali warga Indonesia.

Tak hanya itu saja, daya tarik lain dari Korea yang membuat orang-orang penasaran untuk menghabiskan waktu libur mereka adalah ragam budayanya yang menarik, makanan khasnya, tempat wisatanya, serta pusat-pusat perbelanjaan dan tak ketinggalan segala jenis make upnya.

Kamu bisa mendapatkan barang apa saja yang sebetulanya bisa didapatkan di Indonesia, namun disini harganya lebih murah, terutama untuk kaum hawa pasti akan memborong semua skin care ataupun make up. Doyan windows shopping, berlibur ke Korea adalah pilihan yang sangat tepat.

Persiapkan Dulu Budget Segini!

1. Tiket Pesawat: Tips untuk mendapatkan harga murah tiket pesawat penerbangan menuju ke Korea adalah dengan memesan 3-6 bulan sebelum keberangkatan. Biaya tiket pesawat dari JKT-Incheon, Seoul jika mendapatkan harga promo kamu akan membayar sekitar 2jutaan. Namun bila harga normal kamu akan membayar sekitar 4juta sekali jalan.

2. Visa: Biaya untuk pengurusan Visa Korea akan menghabiskan biaya sekitar 550ribu jika mengurus sendiri. Proses pembuatan Visa Korea akan membutuhkan waktu selama kurang lebih 2minggu.

3. Akomodasi: Jika ingin mengambil durasi liburan selama 5 hari 4 malam. Maka jika kamu mengambil penginapan dengan harga 150ribuan, berarti persiapkan budget sekitar 600ribu.

4. Konsumsi: Biaya makan di Korea itu bermacam-macam. Jika makan standar kamu akan mengeluarkan kocek sebesar 50ribu-100ribu sekali makan, sehari mungkin bisa 300ribu. Ditotal, selama 5 hari, kamu akan merogoh kocek sekitar 1,5juta.

5. Transportasi Lokal: Selama berwisata di Korea, kamu bisa menaiki beberapa transportasi umum. Jika dihitung, kemungkinan kamu akan membutuhkan kocek maksmial 800ribu.

6. Tempat wisata: Untuk tempat wisata di Korea bermacam-macam. Jika di total untuk budget tempat wisata, mungkin kamu perlu menyiapkan dana sekitar 300ribu.

7. Oleh-oleh: Budget oleh-oleh bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Persiapkan saja untuk oleh-oleh sekitar 1juta.

Jadi, jika ditotal berlibur selama 5 hari 4 malam di Korea, kamu akan menghabiskan biaya sekitar 12,750juta. Sebenarnya bisa dipress lagi asalkan kamu mengikuti tips-tips yang akan kita bahas dibawah.

Wilayah Paling Recommended Untuk Bermalam

• Hongdae: Kawasan pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Hongdae. Disini kamu bisa mendapatkan penginapan dengan budget yang amat sangat murah dibawah 200ribu semalamnya. Jenis penginapan yang ada disini juga bermacam-macam mulai dari hotel, hostel, hingga guest house. Salah satu guest house yang cukup recommended di kawasan ini adalah Flex Home Guesthouse dengan tarif 153ribu per malamnya.

• Jongno-Gu: Berikutnya kamu bisa mengunjungi Jongno-Gu, disana ada sebuah penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari wifi, AC, ranjang susun, hingga shower bathroom. Lokasi penginapan ini dekat dengan Taman Tapgol, Jalan Insadong, dan Seoul Bamdokkaebi Night Market. Tarif permalamnya adalah 158ribu.

• Soedemun-Gu: Ingin mendapatkan penginapan yang dekat dengan Universitas Hongik? Cobalah ke Kimchee Shincon Guesthouse. Tarif permalam menginap disini adalah 187ribu. Ada beragam fasilitas yang bisa kamu nikmati disini.

• Yongsan-Gu: Terakhir kamu bisa pilih sebuah guest house yang berada di kawasan Yongsan-Gu, namanya G Guesthouse Itaewon. Lokasi penginapan ini dekat dengan stasiun Seoul, kira2 hanya membutuhkan waktu 15menit. Biaya menginap disini juga cukup terjangkau yaitu sekitar 115ribu untuk shareroom.

Keliling Kota Pake Kendaraan Ini!

1. Bus: Korea memang terkenal sangat ramah dengan turis mancanegara. Terbukti dengan tersedianya beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Salah satunya adalah moda trasnportasi satu ini, Pemerintahan Seoul ternyata memiliki sebuah bus yang dikhususnya untuk para turis yaitu Seoul City Tour Bus. Dengan menggunakan Seoul City Plus Pass kamu akan mendapatkan diskon sebesar 5% untuk setiap tiket masuk tempat wisata tertentu beserta biaya transportasinya.

2. Subway: Kalau kamu sudah pernah menggunakan MRT di Singapore, pasti akan lebih mudah untuk menaiki Subway di Korea. Kereta cepat yang menghubungkan antara area-area di Seoul ini juga tersedia di Busan, salah satu kota terbesar di Korea Selatan. Untuk bisa menggunakan fasilitas transportasi ini kamu harus mempunyai T-Money. Biaya untuk menaiki Subway ini adalah 1.250-1.750 won.

3. Taksi: Pilihan transportasi ini bisa dipilih jika kamu sangat kepepet. Karena biaya menaiki transportasi ini cukup lumayan, yaitu sekitar 20.000 won untuk 20 menit perjalanan. Seperti taksi pada umumnya yang tarifnya sesuai dengan Argo yang berjalan.

4. Arex: Untuk keluar Incheon Airport, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu pilih salah satunya Arex Express ini. Untuk membeli tiket Arex All Stop Train ini kamu bisa menggunakan T-Money. Tempat duduk Arex All Stop Train ini seperti Subway yang berhadap2an. Harga tiketnya adalah sebesar 4.250 won untuk perjalanan menuju Seoul Station dari Bandara Incheon.

Agar Lebih Berhemat, Lakukan Hal ini!

• Pergilah disaat winter season karena saat terjadi musim dingin, orang akan cenderung memilih untuk berdiam diri dirumah ketimbang harus berpergian. Dengan begitu, tempat-tempat wisatanya pun tidak akan dipadati oleh pengunjung yang mengangibatkan harga tiket masuknya pun bakal lebih murah. Biaya perjalanan selama musim dingin juga cenderung lebih terjangkau.

• Ajak teman untuk ikut ngetrip bareng bersamamu. Tips satu ini merupakan salah satu yang paling sering diaplikasikan oleh para wisatawan. Agar beban costmu tidak terlalu berat, solusinya adalah mencari orang yang bisa dan mau menanggung costnya bersama-sama. Kamu bisa sharecost penginapan, tiket wisata, hingga makan sekalipun.

• Jika kamu ingin lebih berhemat, cobalah untuk memasak sendiri makanan yang akan dinikmati. di Korea banyak sekali penginapan yang menyediakan fasilitas dapur untuk digunakan memasak oleh para pengunjungnya. Kamu bisa membeli bahan-bahannya di super market terdekat. Karena jika selama liburan kamu makan diluar terus, itu akan lebih boros. Sehingga tips ini akan sangat berguna jika kamu ingin makan enak namun dengan budget terjangkau.

• Manfaatkan fasilitas dan tempat wisata gratis selama di Korea. Pemerintahan Korea memang mempersiapkan beberapa fasilitas dan wisata gratis yang bisa dinikmati oleh warga lokal mupun wisatawan. Kamu bisa gunakan free shuttle bus untuk keliling kota, telfon gratis, sampai tiket masuk cuma-cuma ke tempat wisata, hingga internet gratis juga ada lho.

Sudah terbayang bagaimana serunya menghabiskan waktu liburanmu di Negeri Gingseng ini? Pastikan jika dokumen-dokumen penting juga sudah dipersiapkan dengan rapih. Dengan begitu kamu bisa berlibur dengan enjoy.