Penghargaan Positif Untuk Pemegang Saham, ANTM Masuk Ke Tiga Indeks Saham Baru BEI

ulinulin.com – ANTM nama saham PT Aneka Tambang Tbk, perusahaan BUMN penghasil logam mulia ini masuk ke dalam 3 indeks saham baru di Bursa Efek Indonesia.

Artikel ini dipersembahkan oleh:

ANTM Masuk ke 3 Indeks Saham Baru BEI

Terus melakukan pengembangan usaha, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) masuk jadi bagian dari tiga indeks baru di Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni indeks IDX small-mid cap (SMC) Composite, indeks IDX SMC Liquid, dan indeks PEFINDO Investment Grade (i-Grade).

[Baca Juga: Weekly Update 3 – 5 Januari 2018 IHSG, Emas, Reksa Dana, Saham, Kurs]

Menurut Direktur Keuangan ANTM, Dimas Wikan Pramudhito lewat publikasinya, Rabu (3/11/18), masuknya saham ANTM pada ketiga indeks tersebut merupakan cerminan penghargaan positif para pemegang saham terhadap kinerja perusahaan.

“Antam berkomitmen untuk terus melakukan berbagai inovasi dan pengembangan usaha untuk memberikan imbal hasil positif dan kinerja terbaik bagi para pemegang saham.”

Indeks IDX SMC Composite dan indeks IDX SMC Liquid merupakan kelompok saham-saham dengan kapitalisasi pasar kecil dan menengah.

Sedangkan indeks PEFINDO i-Grade merupakan kelompok 30 saham yang mendapatkan investment grade dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Pada periode waktu Januari hingga November 2017, kinerja saham ANTM berjalan dengan baik.

Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah investor yang menanamkan modalnya pada saham ANTM, yaitu naik 9,01 persen dari 33.808 investor menjadi 36.853 investor.

Lewat publikasinya, Dimas menjelaskan:

“Saham ANTM setiap harinya aktif diperdagangkan di BEI, sampai dengan November 2017 rata-rata volume perdagangan saham ANTM sebesar 42.557.526 saham dengan rata-rata nilai transaksi sebesar Rp31,59 miliar.”

Pada 21 Desember 2017, PT Bursa Efek Indonesia bersama anak usahanya PT Pefindo meluncurkan tiga indeks saham baru.

Ketiga indeks saham itu adalah IDX SMC Composite, indeks IDX SMC Liquid, dan Pefindo i-Grade.

Kriteria indeks IDX SMC Composite yaitu saham-saham yang memiliki kapitalisasi pasar antara Rp1 triliun hingga Rp50 triliun.

Sedangkan kriteria indeks IDX SMC Liquid dipilih dari saham-saham IDX SMC Composite yang memenuhi kriteria-kriteria likuiditas.

Kriteria tersebut dilihat dari nilai transaksi, kapitalisasi pasar atas saham free float dan harga saham, serta memperhatikan aspek lainnya seperti kondisi keuangan, kelangsungan usaha dan cakupan riset dari analis efek.

Sementara itu, kriteria indeks PEFINDO i-Grade yaitu memperoleh peringkat investment grade antara dari Pefindo, kepatuhan dan indikasi manipulasi perdagangan yang dilihat dari jumlah sanksi suspensi dan indikator unusual market activity (UMA) di BEI dan kapitalisasi pasar.

Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Irwan Hadi Prayitno. 3 Januari 2018. Saham Milik Antam Masuk Tiga Indeks Baru di BEI. Netralnews.com – https://goo.gl/ebonHB

Sumber Gambar:

    Aneka Tambang – https://goo.gl/ZwJLsE

    Emas Antam – https://goo.gl/qhSKws

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website finansialku.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”