Penghasilan Cukup Tapi Kredit Mobil Ditolak? Mungkin Ini Penyebabnya

ulinulin.com

Saat berkeinginan memiliki mobil namun terbentur dana yang tidak mencukupi, maka solusinya adalah membeli secara kredit. Namun tentunya, ketika memutuskan kredit mobil, Anda juga diwajibkan untuk membayar sejumlah uang muka dan cicilan bulanan.

Kemudian Anda juga wajib mempertimbangkan biaya uang muka (Down Payment/DP) dan cicilan bulanan yang harus cukup dengan penghasilan Anda. Tetapi adakalanya, pengajuan kredit mobil ditolak oleh bank atau lembaga pembiayaan.

Mengapa hal ini terjadi? Padahal Anda merasa mampu membayar DP dan besaran cicilan bulanan juga sanggup dipenuhi. Ternyata ada beberapa faktor lain penyebab kredit mobil Anda ditolak. Berikut diantaranya:

1. Syarat Tidak Lengkap

Penuhi semua syarat dokumen yang diminta saat pengajuan kredit

Ketika mengajukan permohonan kredit, tentu Anda diminta untuk mempersiapkan beberapa dokumen. Diantaranya fotocopy KTP, KK, buku rekening, slip gaji, bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, serta rekening korang. Jika ada satu atau dua syarat dokumen itu tidak terpenuhi, maka pengajuan kredit mobil tidak bisa diproses lebih lanjut.

2. Tidak Kooperatif

Upayakan selalu bisa dihubungi saat pihak bank atau leasing akan melakukan survei ke rumah Anda

Setelah mengajukan permohonan kredit mobil dan syarat-syarat dokumen dipenuhi, maka ada beberapa prosedur lainnya sampai proses kredit disetujui oleh pihak bank maupun leasing. Pada tahapan ini biasanya akan dilakukan survei ke tempat tinggal atau kantor Anda.

Berusahalah untuk selalu bisa mengangkat telepon dari pihak bank maupun leasing. Selain itu luangkan waktu sejenak ketika pihak bank atau lembaga pembiayaan akan melakukan survei ke rumah. Karena jika survei ini tidak dilakukan, maka jangan heran jika kredit mobil yang Anda ajukan ditolak.

3. Blacklist Bank Indonesia

Pastikan cicilan kartu kredit dan lainnya sudah dibayarkan terlebih dulu

Alasan terakhir mengapa kredit mobil ditolak adalah pada sistem pada Bank Indonesia (BI) menemukan masalah keuangan Anda. Misalnya belum melunasi tagihan kartu kredit, pernah menunggak cicilan, atau yang lainnya. Jika terjadi kondisi ini, maka Anda masuk dalam blacklist Bank Indonesia. Proses kredit yang Anda ajukan pun akan langsung ditolak sampai semua tagihan terbayarkan lebih dulu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”