Penjualan Mobil Daihatsu 2021 Meningkat, Siapa Terlaris?

ulinulin.com – JAKARTA – Menjelang akhir tahun 2021 industri otomotif tanah air terus menunjukkan peningkatan penjualan. Tercatat hingga November 2021 total market nasional untuk retail sales mencapai sekitar 761 ribu unit, dan wholesales sekitar 790 ribu unit. Beragam faktor menjadi salah satu pendongkrak peningkatan ini, salah satunya ialah program pemerintah yakni relaksasi pajak PPnBM yang diterapkan nyaris selama setahun ini. Salah satu pabrikan yang mendapatkan manfaat PPnBM ini ialah PT Astra Daihatsu Motor dan juga mengalami peningkatan penjualan selama 2021 ini dibandingkan setahun sebelumnya.

Menurut catatan ADM, terdapat peningkatan market share untuk retail sales sebesar 17,5%, dan whole sales sebesar 18,9% hingga November 2021. Sementara itu, volume retail sales Daihatsu tercatat mencapai 132.950 unit atau atau naik sebesar 46,4%, serta volume whole sales sebanyak 149.113 unit, atau naik 77% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu.

Selain itu, PT ADM juga mengumumkan penjualan pada November 2021 yang mencapai 14.861 unit tersebut merupakan peningkatan dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Pada November tersebut merupakan salah satu pencapaian tertinggi bagi ADM dibandingkan bulan-bulan sebelumnya sepanjang 2021.

Beberapa model yang tercatat sebagai penerima pajak PPnBM disebut sebagai salah satu pendongkrak penjualan Daihatsu di 2021 di antaranya Sigra, Gran Max dan All New Xenia. Meski baru diluncurkan pada 11 November 2021 silam namun All New Xenia berhasil mencatatakan penjualan sebanyak 1.555 unit dan angka tersebut meningkat 199% dibandingkan rata-rata penjualan di bulan sebelumnya.

Sementara Daihatsu Gran Max Pick Up berhasil merajai jajaran model terlaris ADM di Indonesia dengan total penjualan 37.935 unit selama Januari – November 2021. Pada periode yang sama Daihatsu Sigra juga menyumbang sekitar 36.717 unit dan disusul Ayla yang berhasil membukukan 20.159 unit. Selain itu, salah satu model terbaru Daihatsu Rocky yang baru diluncurkan pada pertengahan tahun 2021 berhasil mencatatkan penjualan 10.407 unit hingga November 2021.

Tentu saja ini merupakan salah satu peningkatan yang sangat positif bagi produsen di sektor otomotif khususnya PT Astra Daihatsu Motor. Mengingat pada tahun lalu, industri otomotif mengalami degradasi akibat wabah covid-19 termasuk ADM. PT ADM juga berharap dapat terus meningkatan capaian di tahun-tahun berikutnya.

“Kami bersyukur, penjualan Daihatsu terus mengalami peningkatan dan sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Semoga capaian positif ini bisa terus berlangsung, dan capaian pasar otomotif nasional dapat terus meningkat, serta lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).ALVANDO NOYA / RS

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”