Pentingnya Asuransi Untuk Mobil Baru

ulinulin.com

Bukan rahasia jika setiap pembelian mobil baru secara kredit pihak leasing sering kali menyertakan paket asuransi, all risk atau Total Lost Only (TLO). Paket asuransi ini tidak bisa dipisahkan sebagai langkah antisipasi saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi beda halnya saat konsumen membeli mobil baru secara tunai, paket asuransi tidak masuk dalam paket yang disertakan.

Paket asuransi selalu diikutkan dalam setiap pembelian mobil baru

Terlepas dari pembelian kredit atau tunai, asuransi untuk mobil baru sama-sama penting. Keberadaannya memberi jaminan rasa aman dan nyaman terhadap pengendara. Maklum, beragam risiko buruk bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa memilah-milah antara mobil baru kreditan atau mobil baru tunai. Akan terasa sangat menyesakkan jika mobil yang baru dibeli dari diler tiba-tiba hilang dicuri orang atau terlibat kecelakaan dan tidak ada yang menanggung.

Berikut ini beberapa perlindungan yang diberikan asuransi untuk mobil baru maupun mobil lawas:

1. Melindungi dari Risiko Kehilangan (Tindak Pencurian)

Mobil baru masih jadi incaran favorit para penjahat karena nilai jualnya lebih besar dibanding mobil lawas. Di sisi lain untuk mendapatkan mobil baru Anda harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang sangat besar mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Jika mobil ini kemudian hilang, kerugiannya sangat besar.

Asuransi menjadi salah satu cara melindungi mobil yang hilang dicuri orang. Besarnya uang pengganti akan dihitung berdasarkan nilai taksir mobil tersebut yang ketentuannya sudah tertulis dalam surat perjanjian yang diputuskan perusahaan asuransi. Berapapun nominal uang pengganti yang diberikan sudah pasti cukup membantu melewati masa sulit dibanding tidak ada yang menanggung sama sekali.

Nissan Altima, mobil paling banyak dicuri di AS

2. Melindungi dari Risiko Kerusakan

Tidak ada jaminan mobil baru akan selalu baik-baik saja, suatu ketika bisa saja mengalami kerusakan yang tidak mengenakkan baik kerusakan besar yang membuat mobil gagal dioperasikan atau kerusakan kecil yang tidak terlalu parah. Seberapapun kerusakan yang ada, sudah pasti membuat mobil tidak lagi menarik dan untuk memperbaikinya butuh biaya tidak sedikit. Dengan memiliki asuransi Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan biaya perbaikan. Asuransi bisa mengatasi hal-hal buruk semacam ini seberapapun besar biaya yang dibutuhkan.

3. Melindungi Kerusakan yang Dialami Oleh Pihak Ketiga

Insiden di jalan raya seringkali melibatkan pihak ketiga dan membuat Anda punya tanggung jawab lebih besar. Dengan asuransi biaya perbaikan atas kerusakan dialami pihak ketiga bisa ditanggung dengan nominal sesuai tingkat kerusakan yang ada. Di saat bersamaan asuransi juga bakal mengurus kerusakan mobil Anda dengan tepat.

Dengan berbagai manfaat besar tersebut di atas, asuransi untuk mobil baru sudah jelas sangat penting.

Pentingnya menyiapkan perlindungan karena hal-hal buruk bisa terjadi kapan saja dan dimana saja

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”